menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Apa Itu Efek Compounding yang Membantu Tingkatkan Return Investasi

Thursday, 28 Jul 2022

Read in 6 minutes

Author: Abdul Wahhab

Efek compounding atau compounding effect adalah bunga yang berbunga karena return investasi diinvestasikan kembali dan menghasilkan return tambahan. Simak contoh perhitungan investasi dengan penerapan efek compound dalam artikel ini ya.

Dalam mencari tips dan cara investasi, Anda akan dapat menjumpai istilah investasi yaitu compounding effect atau efek compounding. Manfaat menerapkan efek compounding dalam investasi adalah bisa membantu mengembangkan dana investasi yang Anda tanamkan dalam jangka panjang.

Apa itu efek compounding?

Efek compounding atau compounding effect adalah kemampuan suatu aset/instrumen investasi untuk menghasilkan keuntungan yang kemudian dapat diinvestasikan sehingga dapat menghasilkan keuntungan berlipat di masa mendatang.

Efek compounding ini juga dikenal dengan istilah bunga berbunga. Karena return dari investasi sebelumnya akan ikut menghasilkan keuntungan di masa mendapat apabila diinvestasikan kembali.

Menerapkan konsep efek compounding dengan investasi rutin tentu saja dapat membuat keuntungan investasi kita bisa bertumbuh dengan lebih baik. Selain itu, konsep ini disebut Albert Einstein sebagai keajaiban dunia kedelapan karena berpotensi membuat aset Anda bertumbuh pesat asalkan diterapkan dengan tepat.

Karena itu, penting bagi investor untuk paham tentang apa itu efek compounding agar investasi Anda dapat bertumbuh dengan lebih optimal.


Pengertian Compounding Effect

Efek compounding adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan strategi investasi di mana investor menginvestasikan kembali hasil dari investasi mereka sebelumnya sehingga bisa memberikan return investasi yang lebih besar dan berlipat di masa datang.

Istilah ini juga dikenal dengan compounded return karena return sebelumnya akan ikut menyumbang dan menaikkan tingkat return pada periode investasi berikutnya.

Simpelnya, pengertian compounding adalah bunga berbunga atau bunga bergulung. Bunga (return) sebelumnya tidak ditarik melainkan diinvestasikan kembali bersama modal awal sehingga menghasilkan return baru yang membuat keuntungan bisa menjadi lebih optimal dan mempercepat investor mencapai tujuan finansial mereka.

Keberhasilan dari efek compounding tidak hanya bergantung kepada besar dana yang Anda keluarkan tapi juga terkait dengan konsistensi Anda untuk terus menambah aset yang Anda miliki agar keuntungan bisa menjadi maksimal.

Penerapan compounding efek bisa Anda terapkan ke dalam berbagai jenis instrumen investasi dan bisnis yang Anda geluti.

Efek Compounding dalam Bisnis

Apa itu compound dalam bisnis? Compounding artinya mendapatkan  keuntungan dari keuntungan sebelumnya yang diterima.

Berbisnis dilakukan dengan mengharapkan keuntungan penjualan, keuntungan penjualan khususnya keuntungan bersih dapat digunakan pemilik bisnis untuk dua hal. Pemilik dapat menggunakan keuntungan atau laba bisnis untuk menyejahterakan dirinya secara maksimal atau digunakan kembali untuk meningkatkan skala bisnis atau perusahaan.

Misalkan Anda seorang pemilik franchise minuman dan telah menghasilkan laba. Alih-alih langsung disimpan dan didiamkan dalam rekening bank, Anda memilih untuk membuka cabang baru outlet franchise minuman sehingga keuntungan semakin berlipat.

Selain menerapkan compound dalam bisnis, Anda juga dapat menerapkan compounding efek dalam strategi investasi saham.

Efek Compounding dalam Investasi Saham

Berbicara tentang efek compounding yang dapat meningkatkan jumlah return investasi, tentu membuat Anda ingin mengetahui bagaimana cara compounding saham.

Cara mudah penerapan efek compounding dalam investasi adalah rutin dan konsisten menambah dana investasi.

Compound Return

Contoh penerapan investasi saham dengan efek compounding kita simulasikan Anda memulai investasi awal sebesar Rp 20 juta. Kemudian rutin deposit atau membeli saham senilai Rp 5 juta per bulan dengan tingkat bunga atau return per tahun sebesar 6% selama 20 tahun. Berapa dana investasi Anda di masa depan?

Berikut grafik simulasi hasil investasi dengan penerapan efek compounding:

Terlihat tiga garis yang muncul dari hasil investasi dengan penerapan efek compounding:

  • Garis biru – merupakan dana investasi Anda yang meningkat karena rutin melakukan deposit atau menambah dana investasi setiap bulannya Rp 5 juta. Modal investasi awal adalah Rp 20 juta.
  • Garis hitam – merupakan interest atau bunga dari investasi yang meningkat. Perhitungan garis hitam ini mencerminkan bunga yang berbunga atau compound return yang dapat terjadi karena hasil investasi sebelumnya diinvestasikan kembali.
  • Garis hijau – menunjukkan saldo akhir investasi Anda setiap tahunnya setelah perhitungan bunga. Terlihat jika investasi jangka panjang dilakukan secara rutin dengan bunga tetap maka menghasilkan nilai hasil investasi dan compound return yang ikut meningkat.

Dari perhitungan kalkulator compound effect ditunjukkan saldo dana investasi akhir Anda berkisar Rp 3.485.664.736 atau sekitar Rp 3 miliar. Angka yang fantastis bukan?

Jika dibandingkan hanya menabung saja Rp 5 juta per bulan selama 20 tahun maka menghasilkan Rp 1.2 miliar saja. Terdapat selisih lebih dari 50% keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan berinvestasi sembari menerapkan efek compounding. Serta akan lebih meningkat lagi jika Anda terapkan dari hari ini hingga batas pensiun yang Anda inginkan mungkin 30 atau 40 tahun lagi.

Bagaimana sudah semakin siap menerapkan strategi investasi jangka panjang?


Baca Juga:


Tips Mengembangkan Investasi Lewat Efek Compounding

Nah, kita telah membahas pengertian efek compounding dan penerapan efek compounding saham yang dapat meningkatkan potensi return yang lebih tinggi.

Untuk dapat menerapkan efek compounding dengan maksimal, Anda harus ingat bahwa penerapan efek compounding dalam investasi jangka panjang harus dilakukan secara konsisten. Berikut tips investasi dengan efek compounding.

1. Konsisten

Dalam investasi, Anda harus paham bahwa konsistensi adalah kunci dalam efek compounding. Konsistensi akan membantu Anda membangun aset investasi yang akan terus berkembang berlipat-lipat dari waktu ke waktu.

Karena itu Anda perlu menyiapkan budget investasi tetap setiap bulannya agar keuntungan yang Anda dapatkan dapat terus meningkat seiring berjalanya waktu.

Anda bisa mulai dengan berinvestasi pada sebuah instrumen investasi misal saham, dan mulai menambah dana saham yang Anda miliki setiap bulannya sehingga Anda bisa mendapatkan dividen yang terus meningkat.

Walaupun di awal akan terasa berat, akan tetapi pasti lama kelamaan akan menjadi suatu kebiasaan baru yang bisa merubah kondisi finansial jangka panjang Anda.

Apabila Anda masih pemula dan ragu maka untuk investasi awal Anda dapat mulai dengan nominal kecil terlebih dahulu, lalu kemudian ditingkatkan secara perlahan seiring bertambahnya pengetahuan dan pengalaman kamu dalam berinvestasi.

2. Pilih Instrumen Jangka Panjang

Agar efek compounding lebih optimal, Anda bisa sebaiknya mulai dengan investasi jangka panjang yang akan konsisten Anda kembangkan.

Memilih instrumen investasi juga harus memperhatikan profil risiko dan modal yang Anda miliki. Apabila Anda memiliki modal yang terbatas maka Anda bisa mulai dengan instrumen yang sesuai dengan anggaran yang Anda buat setiap bulan untuk investasi.

Salah satu investasi modal kecil adalah investasi bisnis lewat equity crowdfunding yang bisa Anda mulai hanya dengan modal 1 juta.

3. Mulai Sekarang Investasi Sedini Mungkin

Hal penting lain adalah jangan menunda untuk memulai investasi dan mulailah sesegera mungkin walaupun dengan modal kecil. Karena itu Anda harus mulai memilih instrumen investasi yang cocok dengan modal yang Anda miliki.

Salah satu pilihan yang bisa Anda lakukan adalah memulai investasi bisnis yang bisa memberikan Anda keuntungan berupa dividen. Dividen tersebut bisa Anda investasikan kembali ke dalam berbagai bisnis lain sehingga Anda bisa menerima manfaat dari penerapan efek compounding.

Karena itu…

Yuk Mulai Investasi Bisnis Lewat Equity Crowdfunding di LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Mau Tips Investasi Lain? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id


Baca Juga:


#YukPatunganBisnsi

Baca Juga