Return on Investment, saat memulai investasi yang ada dalam pikiran anda tentu saja seperti apa keuntungan yang akan anda dapatkan saat mulai memasukkan uang anda ke dalam investasi tersebut dan mulai berpikir bagaimana investasi tersebut bisa membantu mewujudkan kehidupan anda. Dalam membahas keuntungan investasi tentu saja anda akan sering mendengar istilah return on investment (ROI) untuk melihat seberapa besar keuntungan yang bisa anda dapatkan setelah mulai berinvestasi ke dalam instrumen tersebut.

Akan tetapi, banyak orang tidak paham secara jelas apa itu return on investment dan beberapa jenis return on investment yang berbeda-beda antara satu investasi dengan yang lain. Oleh sebab itu yuk simak artikel ini agar kamu bisa lebih paham apa itu return on investment agar anda bisa lebih mudah menyusun rencana investasi jangka panjang anda.

Table of Content

Apa itu Return on Investment?

Anda tentu sudah familiar dengan istilah Return on Investment (ROI) saat memasuki dunia investasi, namun sudahkah anda sudah dengan jelas apa itu return on investment. Dalam investasi, ROI adalah salah satu indikator dari rasio profitabilitas yang menjadi acuan untuk perusahaan mengambil berbagai kebijakan seperti pengembangan proyek dan aset yang dimiliki. Nilai ROI ini dipengaruhi oleh komponen lain seperti tingkat keuntungan yang dihasilkan dan bagaimana tingkat perputaran aset yang dimiliki oleh sebuah perusahaan atau bisnis. Karena itu anda harus bisa melihat lebih dalam untuk bisa tahu mana bisnis yang bisa memberikan anda return dengan nilai terbaik.

Return on investment adalah tolak ukur kemampuan sebuah perusahaan atau bisnis dalam menghasilkan keuntungan dengan semua aktiva yang dimiliki oleh sebuah bisnis atau  perusahaan. ROI ini juga bisa dilihat dengan berapa laba bersih yang dihasilkan dari total aktiva yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam investasi, return on investment bisa anda jadikan patokan untuk melihat berapa keuntungan yang bisa dihasilkan dari investasi yang sudah anda lakukan. Saat investasi bisnis anda biasanya bisa melihat besar perkiraan return on investment melalui prospektus sehingga anda bisa menghitung sendiri potensi keuntungan dari investasi yang akan anda dapatkan. Untuk lebih lanjut mari kita bahas bagaimana menghitung  ROI karena hal ini akan membantu keputusan investasi yang anda lakukan.

Menghitung Return on Investment

Menghitung ROI akan membuat anda bisa lebih mudah membandingkan efisiensi dari pilihan investasi yang anda lakukan karena setiap instrumen investasi memiliki tingkat return yang berbeda-beda. Salah satu cara menghitung ROI adalah dengan membandingkan  besar keuntungan yang didapatkan dengan besar investasi awal yang anda dapatkan, atau lebih simpelnya dengan rumus seperti di bawah ini:

Menghitung Return on Investment

Akan tetapi anda harus ingat bahwa ROI tidak faktor tunggal yang harus anda pikirkan dalam investasi, dalam investasi anda harus paham mengerti bahwa keuntungan yang besar juga diikuti oleh risiko yang tinggi pula. Oleh sebab itu selain melihat ROI anda juga harus melihat profil risiko dari investasi yang anda lakukan.

Risiko dan Return

Dalam investasi return dan risiko merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Return tinggi yang akan anda dapatkan akan diikuti risiko yang tinggi pula, karena itu anda harus mengukur berapa risiko yang sanggup anda terima sehingga bisa memilih investasi yang cocok. Dengan paham profil risiko anda bisa tahu berapa return maksimal yang bisa anda dapatkan sesuai dengan besar risiko yang masih bisa anda terima.

Berapa Return on Investment Terbaik?

Dalam menentukan nilai return terbaik anda tidak bisa berpatokan hanya pada besaran angka yang ditawarkan oleh investasi yang anda lakukan. Anda perlu melihat faktor lain seperti profil risiko dari investasi dan periode pengembalian dari investasi yang anda lakukan. Karena itu saat melihat potensi ROI yang tinggi anda tidak langsung tergiur tanpa paham risiko yang mungkin anda hadapi dalam beberapa periode ke depan.

Investasi dengan ROI Tinggi

Investasi bisnis merupakan investasi dengan potensi yang ROI yang bisa dibilang cukup tinggi. Namun tentu anda harus tetap pintar memilih mana bisnis yang bisa memberikan anda keuntungan besar dalam jangka panjang. Anda bisa memilih sektor bisnis yang memiliki potensi pasar yang luas sehingga bisa memberikan return yang tinggi. Anda bisa mulai dengan equity crowdfunding yang bisa membuat anda bisa memulai investasi bisnis dengan modal kecil dan return yang tinggi.

Kesimpulan

Setelah paham apa itu ROI, ke depan anda harus bisa lebih bijak memilih investasi berdasarkan return on investment yang ditawarkan. Akan tetapi anda juga harus berhati-hati menggunakan rasio ini dalam memilih investasi karena ada berbagai faktor pertimbangan lain yang perlu dianalisis saat membangun aset investasi anda.

Karena Itu, Yuk Investasi Bisnis Terbaik dengan Return Tinggi Bersama LandX