Pertumbuhan penduduk yang pesat membuat ketersediaan lahan hunian semakin terbatas. Hal ini menjadikan apartemen sebagai solusi hunian dan sekaligus menjadi aset investasi bagi sebagian orang. Banyak orang memilih untuk berinvestasi dengan membeli apartemen. Keuntungan investasi apartemen adalah bisa disewakan kembali atau dijual kembali dengan harapan harga meningkat di masa yang akan datang. Hal ini karena apartemen semakin diminati oleh konsumen karena berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh apartemen seperti posisi yang strategis dan fasilitas one-stop solution yang memberikan kemudahan solusi untuk berbagai kebutuhan penghuninya.

Akan tetapi sebelum berinvestasi, tentu anda harus paham berbagai keuntungan dan risiko yang timbul saat mulai berinvestasi apartemen. Oleh sebab itu mari kita bahas lebih lanjut keuntungan dan risiko dari investasi ini.

Table of Content

Keuntungan Investasi Apartemen

1. Tinggal di Apartemen sebagai Gaya Hidup Baru
Karena keterbatasan lahan yang membuat harga tanah menjadi sangat tinggi sehingga apartemen menjadi solusi untuk hunian masyarakat modern. Seiring berjalannya waktu, apartemen menjadi gaya hidup baru bagi masyarakat terutama yang berada di kota besar yang ketersediaan lahannya kian terbatas. Selain itu apartemen merupakan hunian dengan berbagai fasilitas yang sangat memudahkan penghuninya seperti pusat perbelanjaan yang berada dalam satu lokasi. Hal ini membuat masyarakat semakin tertarik untuk mulai tinggal di apartemen.

2. Potensi Kenaikan Harga di Masa Mendatang
Apartemen merupakan contoh properti yang memiliki potensi kenaikan harga yang lumayan tinggis setiap tahunya. Apartemen yang baik berpotensi kenaikan yang cukup tinggi per tahun sehingga bisa dijadikan investasi karena harga yang semakin tinggi di masa yang akan datang. Akan tetapi, agar keuntungan lebih optimal anda harus memilih apartemen dengan lokasi strategis yang akan terus berkembang sehingga harga apartemen dapat terus meningkat.

3. Keuntungan dengan Penyewaan Apartemen
Salah satu keuntungan investasi apartemen adalah keuntungan yang didapatkan dari penyewaan apartemen. Harga pasaran sewa apartemen sendiri bisa dibilang cukup tinggi sesuai dengan fasilitas dan lokasi apartemen yang disewakan. Hal ini akan memberikan investor passive income dari biaya selama apartemen tersebut disewakan. Oleh sebab itu investor harus bisa melihat bagaimana prospek jangka panjang dari apartemen tersebut dengan melihat apakah apartemen berada di kawasan seperti perkantoran atau kampus yang berpotensi menjadi penyewa di apartemen anda.

4. Investasi yang Lebih Stabil
Seperti yang kita tahu properti merupakan investasi yang bisa dibilang lebih stabil dibandingkan instrumen penelitian lain. Oleh sebab itu apartemen memiliki risiko kerugian rendah sehingga bisa menjadi pilihan investasi jangka jangka yang tidak perlu pengawasan secara terus menerus karena harga properti yang tidak fluktuatif seperti instrumen investasi di pasar modal.

Risiko Investasi Apartemen

Selain keuntungan, investasi apartemen juga memiliki risiko yang harus dipahami oleh investor. Berikut beberapa kekurangan yang harus diperhatikan saat investasi apartemen.

1. Biaya Pembelian Awal yang Tinggi
Seperti yang kita tahu membeli membeli apartemen membutuhkan biaya yang cukup tinggi di awal, oleh sebab itu anda harus sangat berhati-hati saat memutuskan berinvestasi ke dalam apartemen karena membutuhkan awal yang besar untuk memulai investasi ini. Hal ini membuat tidak semua orang bisa memulai investasi ini.

2. Biaya Perawatan yang Tinggi
Apartemen membutuhkan biaya perawatan yang cukup tinggi setiap bulannya sehingga anda akan dibebankan fix cost yang cukup besar walaupun apartemen ini tidak dihuni. Hal ini bisa saja merugikan karena mencari penyewa baru membutuhkan waktu dan investor harus tetap mengeluarkan biaya perawatan selama periode tersebut.

3. Manajemen yang Tidak Baik
Saat memiliki sebuah apartemen, anda tidak dapat lepas dari pihak manajemen yang mengatur dan merawat fasilitas apartemen yang anda miliki. Karena itu apartemen yang anda miliki sangat tergantung dengan bagaimana manajemen mengatur apartemen tersebut. Karena percuma sebuah apartemen memiliki fasilitas yang lengkap tapi tidak diatur dan dijaga dengan baik. Karena manajemen sangat berpengaruh terhadap kenyaman penghuni apartemen tersebut sehingga harus menjadi perhatian khusus investor.

Cara Memilih Apartemen untuk Investasi

1. Memilih Jenis Apartemen yang Sesuai: sama seperti rumah, apartemen juga tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran. Oleh sebab itu anda perlu menyesuaikan jenis apartemen dengan tujuan investasi yang akan dilakukan. Jika memang apartemen ditujukan untuk disewakan kepada mahasiswa/ karyawan yang tinggal sendiri, maka apartemen jenis studio merupakan jenis yang cocok untuk investasi anda. Oleh sebab itu anda harus paham tujuan investasi sebelum memutuskan jenis apartemen yang akan anda beli.

2. Kenali Pengembang: saat membeli apartemen anda perlu melihat siapa pengembang dari apartemen yang akan dibangun agar anda memiliki gambaran bagaimana kualitas apartemen yang sudah dibangun oleh pengembang tersebut. Memilih pengembang terbaik dapat memperkecil risiko keterlambatan pembangunan yang merugikan anda sebagai investor. Oleh sebab itu, anda perlu melihat track record dari pengembang yang akan anda pilih.

3. Pahami Legalitas Apartemen: Sebelum membeli sebuah properti anda harus melihat legalitas dari bangunan tersebut. Jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah tapi legalitas yang tidak jelas sehingga merugikan anda. Hal ini berkaitan dengan sertifikat apartemen yang berbeda-beda sehingga perlu anda perhatikan dengan teliti sebelum memutuskan untuk membeli apartemen.

Yuk Mulai Investasi Properti Jangka Panjang Anda Bersama LandX

Jangan Lupa Follow @landx.id di Instagram Untuk Berbagai Informasi Menarik Seputar Investasi Lainnya.

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha