Saat memutuskan berinvestasi, anda tentu mengharapkan return atau keuntungan yang setara dengan risiko yang akan anda tanggung. Investasi akan memberikan anda return dalam berbagai bentuk seperti dividen, capital gain, dan bunga.

Dividen dan capital gain merupakan dua jenis keuntungan yang berpotensi didapatkan oleh seorang investor saat mulai berinvestasi ke dalam beberapa jenis instrumen seperti saham dan equity crowdfunding.

Baik dividen maupun capital gain akan memberikan investor keuntungan selama bisnis atau korporasi yang mereka danai memiliki performa yang baik sehingga bisa menghasilkan keuntungan juga berpengaruh terhadap harga saham.

Namun, masih banyak investor yang masih belum paham dengan konsep dari dividen dan capital gain, karena itu mari kita bahas lebih lanjut agar anda paham perbedaan dividen dan capital gain.

Table of Content

Perbedaan Dividen dan Capital Gain

agar kamu lebih paham berbagai perbedaan antara dividen dan capital gain mari bahas perbedaan dari dua jenis keuntungan ini dari berbagai sisi.

Pengertian Dividen dan Capital Gain

Pertama mari kita bahas secara mendasar yaitu pengertian dari dividen dan capital gain.

Dividen, dividen adalah keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan dalam periode tertentu dan akan dibagikan kepada para pemegang saham sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang sebelumnya dilakukan. Biasanya dibagikan dalam periode tahunan, semester atau per 3 bulan. Dividen akan dibagikan dalam bentuk tunai atau non tunai berupa saham.

Perusahaan juga terkadang tidak akan melakukan pembagian dividen atau menahan laba yang telah didapatkan karena akan digunakan untuk keperluan lain seperti ekspansi bisnis yang sebelumnya sudah disepakati dalam RUPS.

Capital gain, capital gain merupakan keuntungan yang akan didapatkan dengan menjual saham di pasar sekunder saat harga lebih tinggi dibandingkan harga pembelian awal.  Jadi apabila anda ingin mendapatkan capital gain anda harus menunggu momentum saat saham yang anda miliki mengalami kenaikan harga.

Karena itu dalam berinvestasi saham atau equity crowdfunding anda perlu memilih perusahaan dengan prospek menjanjikan yang memiliki potensi kenaikan nilai di pasaran.

Periode Perolehan Dividen dan Capital Gain

Perbedaan mendasar lain dari dua jenis keuntungan ini adalah waktu perolehan keuntungan.

Dividen memiliki periode pembagian keuntungan yang periode pembagiannya disepakati dalam RUPS, artinya periode pembagian keuntungan merupakan hasil kesepakatan para investor dalam RUPS. Capital gain tidak memiliki perkiraan waktu yang tepat karena anda harus menunggu momentum saham yang anda miliki mengalami kenaikan harga di pasar sekunder.

Karena itu untuk memperoleh capital gain anda harus rajin menganalisis bisnis dan saham seperti apa yang berpotensi mengalami kenaikan dalam beberapa periode ke depan.

Besar Keuntungan

Dari segi besar keuntungan, besar dividen yang akan dibagikan ditentukan melalui RUPS yang diadakan sebelumnya dan investor akan mendapatkan besar dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Dalam capital gain keuntungan tergantung pada seberapa besar kenaikan yang dialami oleh efek saham atau sekuritas yang anda miliki. Semakin besar selisih antara harga jual dan harga beli maka semakin besar keuntungan yang akan didapatkan.

Simpulan

Jadi pada dasarnya perbedaan dividen dan capital gain adalah perbedaan sumber keuntungan yang didapatkan. Dividen berasal dari pembagian laba bersih perusahaan atau bisnis sedangkan capital gain berasal dari penjualan saham saat harga mengalami kenaikan di pasaran.

Berinvestasi Lewat Crowdfunding Bersama LandX

LandX sebagai platform equity crowdfunding memberikan anda kesempatan untuk berinvestasi ke dalam berbagai bisnis potensial yang berpotensi memberikan anda keuntungan lewat dividen dan capital gain.

Mulai investasi melalui LandX dengan modal 1 Juta

Mau Informasi Menarik Lain Seputar Investasi? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha