Untuk anda yang sedang mencari usaha modal kecil yang menguntungkan, berikut beberapa usaha modal kecil yang bisa anda mulai di tengah masa pandemi:


Table of Content

1. Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok
2. Franchise Delivery Service
3. Makanan dan Minuman Sehat
4. Jual Sarapan di Rumah
5. Buka Pre-Order T-shirt
6. Isi Ulang Air Minum
7. Penjahit Busana
8. Paket Makanan Ringan
9. Layanan Potong Rambut
10. Pembuatan Situs Web
11. Bisnis Laundry
12. Cloud Kitchen
13. Usaha Cuci Mobil


1. Bisnis Kebutuhan Bahan Pokok

Seperti namanya, bahan pokok merupakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan oleh semua orang sehingga produk ini dibutuhkan oleh konsumen baik di masa pandemi maupun tidak.

Bisnis ini akan semakin menguntungkan apabila anda bisa mengoptimalkan penggunaan sistem online untuk mempermudah pemesanan di masa pandemi. Berjualan kebutuhan pokok dengan dukungan sistem pemesanan dan pengantaran digital akan membuat bisnis bisa menjangkau pasar yang luas dengan waktu yang lebih cepat.

Selain itu, modal di yang dikeluarkan pun relatif lebih kecil dibandingkan bisnis lain dengan perputaran barang yang cepat. Berjualan kebutuhan pokok secara online kini sudah menjadi kebiasaan baru di kalangan masyarakat sehingga bisnis ini memiliki potensi keuntungan jangka panjang.

2. Franchise Delivery Service

Selama masa pandemi, tren belanja online di masyarakat semakin berkembangan pesat. Salah satu bisnis yang berkembang pesat mengikuti perkembangan ini adalah jasa pengantaran atau delivery service yang menjadi salah satu komponen utama dari belanja online.

Untuk membuka bisnis ini sendiri kini semakin mudah karena beberapa perusahaan delivery besar di Indonesia membuka kemitraan dengan sistem franchise sehingga anda dapat memulai bisnis dengan lebih mudah. Yang terpenting adalah anda menemukan brand yang sesuai dengan calon konsumen anda karena setiap brand memiliki positioning dan target pasar mereka masing-masing.

3. Makanan dan Minuman Sehat

Perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat merupakan salah satu efek pandemi yang dirasakan banyak orang.  Hal ini karena orang-orang semakin aware dengan berbagai ancaman yang muncul selama pandemi sehingga perlu mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat agar memiliki sistem imun yang baik untuk menghadapi situasi ini.

Salah satu langkah awal yang banyak diambil orang untuk melakukan ini adalah mengubah apa yang mereka makan dan minum menjadi produk yang lebih sehat.

Oleh sebab itu, bisnis ini sangat potensial untuk anda mulai di masa pandemi. Selain itu, bisnis ini juga sangat potensial untuk jangka panjang karena gaya hidup sehat ini akan menjadi kebiasaan baru masyarakat walaupun masa pandemi ini telah usai nantinya.

4. Jual Sarapan di Rumah

Mungkin ide bisnis ini tampak sederhana dan tidak terlalu menjanjikan. Namun, ketika Anda melihat jam sibuk pagi hari, peluang ini bisa menjadi sumber tambahan. Jika rumah Anda berada di pinggir jalan dan dekat sekolah atau perguruan tinggi, menjual makanan untuk sarapan akan menjadi daya tarik.

Bisnis ini sangat menguntungkan terutama jika anda bisa menyediakan menu yang beragam setiap harinya sehingga konsumen tidak bosan dengan berbagai menu yang anda tawarkan.

5. Buka Pre-Order T-shirt

Industri garmen tidak ada habisnya.

Jika membuka distribusi memerlukan banyak modal, usaha yang memesan lebih awal t-shirt dapat menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Dengan membuat sistem pre-order, hal ini hanya akan diproduksi ketika seseorang memesan.

Jika Anda ingin mengurangi biaya produksi, Anda dapat membatasi jumlah pesanan minimum.

6. Isi ulang air minum

Anda dapat menggunakan salah satu kios yang cukup untuk membuka bisnis pengisian air minum.

Bisnis ini menjanjikan karena banyak orang lebih tertarik pada isi ulang air minum dari pada memasak air yang tentunya menambah pekerjaan mereka.

Sektor Isi ulang air minum adalah salah satu peluang bisnis modal kecil yang menjanjikan, karena kebutuhan air minum di beberapa daerah terus meningkat.

7. Penjahit Busana

Penjahit adalah usaha yang tidak mengenal pasang surut di dunia bisnis, karena kebutuhan akan pakaian sangat penting, seperti halnya perkembangan mode yang terus berubah.

Dengan keahlian dan keterampilan dalam menjahit dan mendesain, bisnis ini memiliki prospek yang bagus untuk masa depan.

8. Paket Makanan Ringan

Siapa yang tidak tahu makanan ringan olahan singkong atau disebut "keripik" dengan tingkat pedasnya? Anda pasti tahu, bukan? Ini adalah salah satu peluang bisnis modal kecil yang cukup menjanjikan dalam pengepakan makanan ringan.

Meskipun awalnya dipertanyakan karena banyak produk serupa dipasarkan, tetapi selama Anda pintar dan Anda dapat mengeksplorasi kreativitas dalam berbisnis, maka Anda akan dapat memanfaatkan kemungkinan luar biasa yang ditawarkan oleh sektor pengemasan makanan ringan.

Bagaimana Selain menawarkan rasa yang bervariasi, Anda juga dapat menjelajahi kreativitas kemasan yang menarik konsumen dan memiliki nilai penjualan lebih. Sudah lazim untuk paket makanan ringan menjadi "indah" dalam suvenir dan karakteristik makanan daerah.

Jadi jangan takut untuk memulai bisnis kemasan makanan ringan, karena selama orang Indonesia masih bersemangat, peluang ngemil terus bertambah.

9. Layanan Potong Rambut

Selama rambut manusia terus tumbuh di kepala, layanan potong rambut tidak akan pernah mati.

Alasannya adalah bahwa peluang bisnis ini menawarkan keuntungan yang menjanjikan, terutama bagi mereka yang memiliki keterampilan tata rambut, menjadi hal positif dalam mengembangkan prospek dalam bisnis.

Saat ini, ada banyak potongan rambut khusus untuk anak-anak. Dengan mendesain area di mana potongan rambut menjadi lebih "menggemaskan", seseorang berpotensi dapat meningkatkan nilai keuntungan yang jauh lebih tinggi dan tentu saja seperti yang diharapkan.

10. Pembuatan Situs Web

Mengenai layanan desain situs web dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuka usaha kecil dengan modal. Hanya saja rata-rata orang dalam profesi ini adalah orang yang ada dalam domain pemrograman.

Selain menjadi bagian dari identitas komersial dan korporat untuk menyajikan citranya kepada masyarakat umum, keberadaan situs Web di era teknologi juga merupakan sarana pemasaran produk untuk menjangkau komunitas yang lebih luas.

Oleh karena itu, kekuatan kreatif desain situs web juga dipertaruhkan dalam bisnis ini karena, bagaimanapun, desain adalah modal untuk menarik banyak jaringan dan hubungan untuk bekerja bersama, secara individu atau atas nama perusahaan atau bisnis.

11. Bisnis Laundry

Masyarakat yang semakin sibuk membuat bisnis laundry menjadi salah satu bisnis dengan potensi perkembangan jangka panjang yang bisa anda coba. Bisnis ini sangat potensial terutama apabila anda berada di kawasan yang mendukung seperti area kostan atau kampus yang memiliki banyak konsumen potensial.

Bisnis laundry pun bisa dibilang merupakan bisnis yang tetap berjalan dengan baik selama pandemi karena jasa ini tetap dibutuhkan walaupun orang hanya di rumah. Bisnis ini pun membutuhkan modal yang relatif kecil sehingga bisa jadi pilihan bisnis yang anda mulai di masa pandemi.

12. Cloud Kitchen

Walaupun pandemi membuat banyak bisnis F&B gulung tikar karena berbagai pembatasan, tapi cloud kitchen merupakan salah satu yang tetap bertahan dan berkembang selama pandemi.

Konsep bisnis cloud kitchen merupakan konsep bisnis F&B yang sangat optimal di masa pandemi karena pebisnis tidak perlu mengeluarkan biaya untuk set-up dine-in yang tidak optimal di masa pandemi.

Karena tidak memakan biaya untuk makan di tempat, modal bisnis menjadi lebih kecil dan keuntungan menjadi lebih optimal lagi.

Biaya yang dibutuhkan pun menjadi semakin kecil karena persiapan akan berfokus pada bagaimana membangun dapur produksi yang baik.

Selain itu, bisnis ini sangat cocok dengan era yang serba digital seperti saat ini yang membuat pemesanan makanan pun bisa dilakukan via aplikasi.

Pengembangan bisnis cloud kitchen berbasis pemesanan online membuat proses bisnis bisa berjalan dengan lebih optimal dan mencakup target pasar yang lebih luas lagi. Oleh sebab itu, bisnis makanan dengan model cloud kitchen pun tetap sangat potensial walaupun masa pandemi telah usai.

13. Usaha Cuci Mobil

Usaha cuci mobil saat ini menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan yang sangat karena masyarakat yang semakin sibuk sehingga tidak punya waktu lagi untuk mencuci mobil mereka sendiri. Selain itu bisnis usaha cuci mobil menjadi semakin berkembang karena semakin banyaknya jumlah kendaraan di Indonesia.

Akan tetapi, apabila anda ingin memulai bisnis ini, anda harus menyiapkan konsep yang matang agar bisnis tidak bermasalah di tengah jalan. Robotic car wash merupakan salah satu konsep car wash yang sangat menguntungkan karena bisnis bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Dalam sistem robotic car wash waktu layanan cukup 10-20 menit saja sehingga banyak konsumen dapat terlayani dalam satu hari. Akan tetapi jangan lupa, anda juga harus menyediakan lokasi strategis untuk mempermudah anda menarik konsumen.

Yellow car wash merupakan salah satu contoh  bisnis robotic car wash yang sukses berkembangan dalam beberapa tahun belakangan dengan berbagai cabang yang tersebar di kawasan JABODETABEK. Layanan ini menjadi favorit masyarakat ibu kota yang ingin serba cepat.

Sekarang, modal 1 jutaan kamu udah bisa punya cabang Yellow car Wash…..

Kamu bisa ikut patungan membangun bisnis bareng LandX hanya dengan modal mulai 1 juta. Investasi bisnis equity crowdfunding bareng LandX memberikan anda kesempatan untuk memiliki bisnis menguntungkan hanya dengan modal kecil.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya yang membantu anda menemukan bisnis dengan potensi keuntungan terbaik dari berbagai sektor seperti properti, klinik kecantikan, F&B, hingga bisnis cuci mobil dengan potensi menjanjikan.

Yuk Temukan Bisnis Terbaik untuk Investasi Anda di LandX

patungan-bisnis-menguntungkan-bareng-landx-7

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi

Baca Juga:


#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #SecuritiesCrowdfunding #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha