Investor Penerbit
menu-mobile

Alasan Kenapa Selain Menabung Anda Perlu Melakukan Investasi

24 August 2022

|

7 Min Read

|

Author: Abdul Wahhab
Menabung Vs Investasi: Alasan menabung menabung saja tidak cukup dan kenapa kita harus berinvestasi

Apa perbedaan menabung dan investasi? Mengapa harus keduanya? Yuk simak alasan kenapa menabung saja tidak cukup untuk menyiapkan kondisi finansial yang optimal di masa mendatang.


Mengapa kita harus menabung? untuk mempersiapkan keuangan di masa depan, anda tentu saja perlu menyiapkan tabungan untuk menghadapi berbagai kondisi tak terduga di masa depan.

Selain itu, investasi juga digadang-gadang menjadi hal yang penting. Tapi, apa perbedaan menabung dan investasi?

Menabung adalah kegiatan yang diajarkan kepada kita sejak dulu untuk menghadapi berbagai kebutuhan yang tidak anda terduga. Menyiapkan tabungan untuk berbagai hal tak terduga sangat penting agar finansial anda tetap stabil dalam berbagai kondisi.

Lalu, kenapa harus investasi? Hal ini sederhananya karena nilai uang dari waktu ke waktu bisa berkurang karena tergerus inflasi. Jika kamu berinvestasi, keuntungan yang didapat bisa menjadi tabungan investasi, di mana modal yang ditanam menjadi nominal yang berpotensi lebih besar.

Itulah gambaran sederhanya pentingnya menabung dan investasi. Selain menyiapkan tabungan anda perlu menyusun strategi investasi untuk pengembangan uang yang anda miliki. Sederhananya, investasi atau menabung saling berhubungan agar kondisi finansial idaman segera tercapai.

Yuk kita bahas lebih lanjut kenapa selain menabung kita perlu investasi!


Pentingnya Menyiapkan Tabungan

Dari kecil kita tentu saja diajarkan untuk menabung agar kita memiliki dana yang cukup untuk berbagai hal di masa mendatang. Alasan menabung sebenarnya beragam tergantung dengan tujuan yang ingin dicapai seseorang, ada yang menabung untuk membeli rumah atau da yang menabung untuk menyiapkan hari tua mereka.

Selain itu, tabungan menjadi bagian penting yang harus kita siapkan karena kita perlu menyiapkan dana yang cukup untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga di masa mendatang. Akan tetapi, menabung di bank saja sebenarnya tidak cukup untuk menyiapkan finansial masa depan karena nilai uang kita akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu akibat dari inflasi.

Karena itu, kamu butuh strategi menabung yang menguntungkan dalam jangka panjang. Hal ini sangat penting karena apabila tidak dilakukan dengan baik malah menabung ini bisa merugikan bagi finansial kamu.

Sebelum membahas lebih mendalam, yuk simak video ini dulu:

Watch This Video

Menabung Saja Tidak Cukup?

apabila uang anda hanya dibiarkan dalam tabungan, maka uang tersebut berpotensi untuk mengalami penurunan nilai dikarenakan inflasi yang terjadi dari waktu ke waktu.

Dalam investasi, dana yang anda miliki akan memiliki potensi kenaikan nilai dari keuntungan investasi yang akan anda lakukan. Oleh sebab itu, selain meningkatkan nilai uang, investasi juga merupakan salah satu cara untuk menjaga dari uang anda.

Apabila anda berpikir bahwa investasi merupakan sesuatu yang sangat berisiko, anda harus tahu bahwa investasi memiliki berbagai jenis instrumen yang bisa anda pilih sesuai dengan profil risiko yang anda miliki.

Apabila anda masih awal, maka anda bisa mulai dengan instrumen investasi yang memiliki risiko rendah seperti reksa dana atau equity crowdfunding yang bisa membantu dana anda bisa terus berkembang.

Contohnya begini, uang 300 juta yang sanggup membeli properti pada saat ini belum tentu bisa membeli properti yang sama tahun depan. Hal ini membuktikan bahwa uang anda mengalami penurunan nilai apabila uang yang anda miliki hanya disimpan saja tanpa di investasikan.

Apabila anda mulai investasi, maka uang anda ini mungkin saja telah mengalami peningkatan nilai beberapa persen sesuai dengan instrumen investasi yang anda lakukan.

Contohnya investasi yang menguntungkan adalah investasi ke dalam bisnis yang akan memberikan anda capital gain saat nilai saham anda naik dan dividen yang akan dibagikan sesuai dengan nilai keuntungan dari bisnis tersebut sehingga dana yang anda miliki akan memiliki potensi perkembangan dari waktu ke waktu.

Konsep Menabung dan Investasi

Dilansir dari Investopedia, faktor utama yang menjadi perbedaan menabung dan investasi adalah risiko dan jangka waktunya. Dalam jangka waktu pendek, menabung punya faktor risiko lebih rendah dibandingkan investasi.

Misalnya, jika kita menabung sebentar saja dan disimpan di bank, maka uang yang disimpan jumlahnya akan tetap. Namun, jika uang tersebut disimpan untuk waktu yang lama, maka kita akan merugi karena nilainya bahkan bisa berkurang karena biaya administrasi dan inflasi.

Dalam investasi, kita berkesempatan untuk meningkatkan nilai uang yang kita alokasikan sebagai modal. Tentunya, potensi mendapat keuntungan ini juga disertai dengan risiko kerugian yang ditentukan oleh cara kita memilih instrumen investasi dan profil risikonya.

Menyiapkan Tabungan dan Investasi

Pada dasarnya, investasi atau menabung menjadi dua hal yang penting dalam proses mencapai kondisi finansial impian. Dengan menabung kamu bisa belajar menyisihkan uang untuk alokasi yang betul-betul harus dimiliki, seperti dana darurat.

Selain itu, nominal tabungan tertentu bisa dijadikan target yang ingin kamu capai. Lewat kebiasaan menabung, kamu tentu secara rutin harus menyisihkan pendapatanmu.

Jika kamu hanya menyisihkan dari pendapatan saja, maka nominal yang dikumpulkan secara rutin bisa saja stagnan. Hal ini karena pemasukanmu pun belum mampu meningkat secara signifikan dalam waktu dekat.

Dalam situasi ini lah kenapa investasi menjadi upaya untuk mendukung prosesmu menabung. Dari nominal yang ditabungkan, kamu bisa juga mengalokasikan untuk berinvestasi.

Dengan mempelajari profil risiko dan karakteristik instrumen investasi, kamu bisa menentukan akan menanamkan modalmu di aset yang mana. Modal tersebut punya potensi untuk meningkat seiring berjalannya waktu.

Artinya, keuntungan yang kamu dapat dari investasi bisa kamu masukkan kembali ke tabunganmu. Inilah yang dimaksud dengan pentingnya menabung dan investasi sebagai langkah meraih kondisi finansial ideal.

Menabung Vs Investasi

Setiap orang memiliki alasan menabung atau investasi yang berbeda-beda. Akan tetapi, kalau berbicara terkait nilai yang dalam jangka panjang maka kamu perlu mulai berinvestasi agar uang kamu dapat bertumbuh dari waktu ke waktu.

Apabila kamu hanya menabung, maka uang yang kamu miliki pasti mengalami penurunan karena efek inflasi. Karena itu, kamu butuh investasi yang *return-*nya lebih besar dari laju inflasi agar uang yang kamu miliki dapat tumbuh melebihi nilai inflasi yang terjadi.

Oleh sebab itu, selain menabung kamu perlu menyiapkan rencana investasi yang matang agar kamu dapat mencapai tujuan finansial yang kamu harapkan di masa mendatang.

Memulai Investasi

Mengembangkan investasi merupakan hal yang harus anda lakukan agar nilai investasi yang anda miliki terus berkembang. Dalam investasi anda harus paham risk and reward dalam pengembangan investasi yang akan anda lakukan.

Dalam mencari investasi yang menguntungkan anda perlu paham bahwa risk atau risiko yang anda hadapi berbanding lurus dengan reward atau keuntungan yang akan dapatkan. Karena itu, anda harus paham dengan jelas risiko dan keuntungan dari tiap investasi yang akan anda lakukan.

Kunci dari pengembangan investasi adalah melakukan diversifikasi investasi yang anda lakukan. Anda harus bisa membagi dana anda ke dalam berbagai instrumen investasi baik yang berisiko rendah hingga tinggi.

Hal ini ditujukan untuk memperkecil risiko dan memperbesar potensi keuntungan yang anda dapatkan karena keberagaman investasi yang anda lakukan.

Untuk investasi dengan risiko rendah anda bisa mulai berinvestasi lewat reksa dana, emas dan equity crowdfunding yang bisa membantu peningkatan nilai uang yang anda miliki.

Investasi bisnis merupakan bisnis yang sering dijadikan pilihan karena selain peningkatan nilai uang, investasi ini memiliki potensi memberikan anda passive income melalui bagi hasil.

Investasi dengan Sistem Bagi Hasil

Sistem investasi bisnis dengan bagi hasil ini merupakan pilihan investasi yang cukup mudah untuk anda mulai apalagi pemula yang masih kebingungan tentang bagaimana memilih investasi yang baik.

Namun sebagai investor anda perlu teliti dalam menilai sebuah bisnis layak atau tidak untuk tempat investasi anda agar keuntungan yang anda dapatkan bisa maksimal.

Dalam hal ini investor harus jeli melihat bagaimana pergerakan pasar pada saat ini, misalnya anda ingin investasi ke dalam bisnis F&B maka anda harus melihat bagaimana pasar F&B pada saat ini dan apakah bisnis ini memiliki potensi perkembangan yang baik dalam jangka panjang.

Oleh sebab itu anda harus memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memutuskan bisnis mana yang akan anda berikan modal.

Pentingnya Investasi untuk Menghadapi Inflasi

Dalam mengelola dana untuk menyiapkan masa depan, anda butuh lebih dari sekedar menabung. Oleh sebab itu anda perlu menyiapkan investasi jangka panjang yang bisa membuat uang anda dapat berkembang dengan lebih cepat.

Investasi memiliki berbagai jenis instrumen sehingga bisa menyesuaikan dengan tujuan keuangan yang ingin anda capai.

Selain itu, dalam investasi kita harus selalu ingat bahwa risiko dan keuntungan merupakan hal yang beriringan sehingga anda harus bisa menyusun strategi untuk mitigasi risiko.

Untuk Pemula, kamu bisa lo punya berbagai bisnis menguntungkan cuma dengan 1 jutaan aja dengan ikut patungan bisnis bareng LandX

Mulai Investasi Bisnis Menguntungkan dengan Modal 1 Juta

LandX memberikan kesempatan untuk anda mulai investasi yang menguntungkan dengan risiko rendah dan modal kecil.

LandX akan menyediakan anda berbagai pilihan bisnis untuk tempat investasi pengembangan modal yang anda miliki. Yuk mulai sekarang!

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Update Terbaru Seputar Investasi


Baca Juga:


#SekarangBisa

Baca Juga