Ekonomi Kreatif dalam beberapa waktu belakangan, kamu pasti sering mendengar tentang perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia yang diharapkan sebagai salah satu sektor yang bisa memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian Indonesia.

Ekonomi kreatif adalah ekonomi yang berfokus pada berbagai pengembangan berbagai ide dan gagasan kreatif sebagai acuan utama dalam pergerakan suatu ekonomi. Sistem ini mengandalkan kreativitas dan ide dari sumber daya manusia sebagai poin utama dalam suatu kegiatan ekonomi.

Pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia saat ini sedang menjadi fokus utama pemerintah dan diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk mempercepat pengembangan  UMKM yang ada di Indonesia saat ini.

Supaya lebih paham lagi apa itu ekonomi kreatif dan bagaimana manfaat  dari sistem ini, mari kita bahas lebih lanjut tentang ini.


Table of Content


Apa Itu Ekonomi Kreatif?

Kamu pasti sering mendengar istilah ini dan penasaran dengan apa itu ekonomi kreatif bukan? Yuk kita bahas secara detail tentang konsep ini.

Ekonomi kreatif adalah istilah yang pertama kali dikenalkan oleh John Hawkins dalam buku The Creative Economy: How People Make Money from Ideas yang menjelaskan tentang adanya gelombang ekonomi baru yang berdasarkan kreativ dari gagasan atau idea yang menghasilkan suatu value atau nilai ekonomi.

Sistem ini menjadi gelombang baru dari perekonomian yang sebelumnya berbasis pada informasi.

Mudahnya, ekonomi kreatif adalah sebuah industri yang didasarkan pada kreativitas dan ide dalam proses penciptaan suatu produk baik barang maupun jasa. Karena itu, dalam ekonomi kreatif ide dan gagasan merupakan aset intelektual utama yang dapat menggerakkan kegiatan ekonomi.

Gelombang ekonomi kreatif ini menuntut pelaku industri fokus menghasilkan gagasan baru yang menjadi bagian penting bagi kemajuan bisnis yang dijalankan.

Karena itu, dalam sistem kreativitas untuk menghasilkan ide dan gagasan baru merupakan senjata utama yang bisa menghasilkan keuntungan dan berbagai lapangan kerja baru sehingga pergerakan ekonomi dapat berjalan dengan lebih cepat.

Supaya kamu lebih paham lagi tentang konsep ekonomi kreatif, mari kita bahas ciri-ciri dari ekonomi yang saat ini sedang berkembang di Indonesia.

Ciri-Ciri Ekonomi Kreatif

Supaya bisa memahami dengan baik tentang ekonomi kreatif, berikut beberapa ciri-ciri dari ekonomi kreatif:

1. Kolaboratif

Dalam ekonomi kreatif kolaborasi merupakan poin penting yang mendukung perkembangan dari ekonomi kreatif ini. Karena itu, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak terkait baik dari pihak pengusaha maupun dari pemangku kepentingan.

2. Berbasis pada Kreativitas dan Ide

Seperti namanya, ekonomi kreatif berbasis kepada kreativitas dan ide yang menjadi penggerak utama dari suatu kegiatan ekonomi. Karena itu, dalam ekonomi kreatif, pebisnis dituntut untuk terus mengembangkan ide yang dimiliki untuk menjadi suatu produk yang inovatif.

3. Cakupan  yang Luas

Karena gelombang ini berbasis ide dan kreativitas, maka bidang bisnis yang termasuk dalam ekonomi kreatif biasanya memiliki cakupan yang luas. Karena itu, ekonomi kreatif memiliki cakupan yang luas karena kreativitas dan inovasi merupakan sesuatu yang tidak terbatas.

4. Kreasi Intelektual

Dalam ekonomi kreatif, kreasi intelektual merupakan acuan utama yang menggerakan suatu ekonomi. Karena itu, saat ini kita bisa melihat berbagai jenis UMKM dengan berbagai jenis produk baru yang muncul dari berbagai kreasi intelektual.

Kenapa Pengembangan Ekonomi Kreatif Sangat Penting?

Ekonomi kreatif merupakan fase ekonomi baru yang menjadi poin penting yang membantu pergerakan suatu roda ekonomi. Sektor kreatif menjadi bagian baru yang harus dikembangkan

Manfaat dari Ekonomi Kreatif

  1. Sektor kreatif membuka lapangan pekerjaan baru  untuk masyarakat luas
  2. Mendorong pertumbuhan ekonomi dengan berbagai industri baru dalam sektor kreatif
  3. Industri kreatif memiliki cakupan pasar yang luas
  4. Mendorong tercipta-nya berbagai inovasi produk baru

Perkembangan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Di Indonesia, ekonomi kreatif bukanlah hal baru karena pengenalan tentang sektor ini sudah dilakukan sejak 2006 dan mulai dikembangkan pada tahun 2007.

Ekonomi kreatif di Indonesia sendiri saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu dengan dengan PBD cukup tinggi pada tahun 2019 yaitu 5,10% dengan cakupan industri kreatif yang kini mencapai 14 sektor.

Bahkan saat ini sudah ada BEKRAF yang secara khusus mengembangkan pergerakan ekonomi kreatif di Indonesia.

Peningkatan kreativitas ini dilakukan diberbagai bidang termasuk bisnis F&B yang saat ini mengalami pengembangan dari sisi konsep, bahan, cara pengolahan, hingga sistem pelayanan yang semakin kreatif.

Selain itu, dari sektor jasa pun kini kita melihat berbagai inovasi baru yang membuat sistem pelayanan menjadi lebih mudah dan efisien sehingga memberikan keuntungan yang jauh lebih optimal.

Salah satu yang contohnya adalah pengembangan bisnis F&B dengan konsep cloud kitchen yang mempermudah proses bisnis di tengah pandemi sepeti sekarang ini.

Karena itu, ekonomi kreatif menjadi sektor baru yang menjadi acuan pergerakan ekonomi di suatu negara.

Sebagai masyarakat umum, kamu bisa ikut berkontribusi dalam perkembangan industri kreatif dengan ikut patungan membangun berbagai bisnis potensial dengan keuntungan yang sangat menjanjikan untuk anda.

Di LandX, kamu bisa menemukan berbagai bisnis terbaik dari berbagai sektor yang bisa memberikan akan memberikan kamu keuntungan dengan sistem bagi hasil.

Karena itu..

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

patungan bisnis melalui skema equity crowdfunding bareng landx

Follow Juga Kami di Instagram @landx.id Supaya Anda Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi Lainnya

#YukPatungaBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: