Kesadaran akan pentingnya investasi semakin meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, akan tetapi masih banyak pemula yang ragu dan memiliki banyak pertimbangan sebelum mulai berinvestasi. Mulai dari risiko, potensi keuntungan, hingga kemudahan bertransaksi.

Menurut beberapa penasehat keuangan, idealnya 10-30% dari pendapatan sebaiknya kita investasikan untuk menjamin hari tua yang nyaman.

Di antara banyaknya pilihan investasi, saham termasuk yang cukup populer. Namun, tidak semua orang cocok atau mau langsung terjun ke saham, yang memiliki risiko relatif lebih tinggi.

Karena itu, mari kita bahas instrumen investasi lain yang cocok untuk pemula. Yang bisa disesuaikan dengan profil risiko, tenor, atau jumlah dana yang dimiliki.

Deposito
Pilihan pertama mungkin yang sudah dikenal oleh semua orang, deposito.
Deposito menjadi alternatif yang paling gampang karena konsepnya yang mudah dimengerti. Menabung di bank, dengan bunga yang sudah ditentukan, yang tidak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu. Sederhana dan mudah.

Deposito juga memiliki risiko yang relatif lebih rendah karena statusnya yang dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Artinya, simpanan nasabah akan dilindungi oleh LPS jika terjadi sesuatu kepada bank.

Namun kelemahannya juga ada, yaitu bunga deposit yang rendah dan sering kali di bawah tingkat inflasi, hanya sekitar 6-8% setahun, itu pun belum dipotong pajak bunga deposito sebesar 20%.

Reksadana
Reksadana adalah himpunan dana dari masyarakat/investor, yang kemudian dikelola/dibelikan produk investasi oleh manajer investasi. Ada 4 macam reksadana, yaitu reksadana pasar uang, pendapatan tetap, saham, dan campuran. Yang membedakannya adalah produk apa yang dibeli oleh manajer investasi tadi. Masing-masing memiliki karakteristik dan risiko yang berbeda-beda.

Kelebihan reksadana adalah dana investor dikelola oleh manajer investasi yang profesional. Jadi investor hanya perlu terima beres.

Sedangkan kelemahan reksadana adalah adanya management fee, dan risiko yang relatif lebih tinggi, terutama reksadana saham yang mengikuti pergerakan harga saham di pasar modal.

Properti
Pilihan lain adalah equity crowdfunding properti, sarana bagi investor yang belum cukup modal untuk membeli properti sendiri, atau investor yang ingin punya investasi properti, tapi tidak mau repot mengurus legal, menyewakan, maintenance, dan lain-lain.

Jadi sederhananya, dalam platform crowdfunding properti, investor bisa membeli properti dengan sistem patungan bersama investor lainnya. Properti yang dibeli kemudian akan dikelola oleh perusahaan manajemen properti profesional. Investor kemudian menerima kepemilikan atas properti perusahaan tersebut, termasuk segala penghasilan properti tersebut.

Sebelum berinvestasi, pastikan perusahaan properti yang terdaftar dalam platform equity crowdfunding adalah perusahaan dengan reputasi baik, dengan properti yang unggul secara pendapatan sewa, harga, lokasi, kondisi, dan dokumen properti yang lengkap sebagai proses mitigasi resiko.

Di Indonesia, salah satu pelopor equity crowdfunding properti adalah LandX. Dengan LandX, investor bisa membeli properti-properti terbaik yang sudah dianalisa oleh tim profesional.

Selain mendapat akses investasi ke properti yang tersebar di seluruh Indonesia, investor juga bisa menerima penghasilan dari properti yang dimiliki tanpa perlu repot mengurus legal, mencari penyewa, dan pajak properti.

Investor bisa bergabung sebagai pemilik properti hanya dengan investasi di bawah 10 juta Rupiah, dan mendapatkan return yang relatif tinggi karena tidak hanya mendapat hasil sewa, tetapi juga kenaikan harga properti ketika dijual.

Melihat perkembangan investasinya bagaimana? Ada dashboard investor di aplikasi LandX. Semua properti di LandX dikelola secara terbuka dan transparan. LandX memberikan informasi lengkap untuk setiap properti, membagikan dividen dari properti secara berkala, dan juga membagikan keuntungan dari kenaikan harga properti nantinya.

Investasi properti tidak pernah semudah ini!

Jadi, tunggu apalagi?

Mulai investasi sekarang, sebelum properti incaranmu habis terjual!

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.landx.id

“Secure Your Future, Starting Today.”