Investor Penerbit
menu-mobile

Polis Asuransi Adalah: Mengenal Apa Itu Polis Asuransi dan Fungsinya

27 October 2022

|

7 Min Read

|

Author: Della Octavilia
Isi dan Fungsi Polis Asuransi

Sebelum mengajukan asuransi, yuk pahami polis asuransi. Apa itu polis asuransi? Polis asuransi adalah perjanjian tertulis mengenai hak dan kewajiban pihak nasabah asuransi dengan perusahaan asuransi.

Apa itu polis asuransi? Polis asuransi adalah istilah penting yang kerap dijumpai oleh para pengguna asuransi. Pengertian polis asuransi adalah suatu kertas yang berisi kontrak atau perjanjian secara tertulis antara tertanggung  (pengguna asuransi) dengan penanggung (perusahaan penyedia asuransi).

Jika kamu pengguna asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi kerugian pasti pernah menjumpai perjanjian ini. Nah, bagi kamu yang baru saja ingin mengambil produk asuransi, penting lho untuk memahami polis asuransi. Karena, dengan memahami apa saja isi polis asuransi, kamu akan mengetahui segala hak dan kewajiban yang akan didapat saat menjadi pengguna asuransi nantinya.

Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar apa itu polis asuransi, mulai dari pengertiannya, fungsi polis asuransi, hinga jenis polis asuransi. Jadi ikuti terus artikel ini, ya!

Apa Itu Polis Asuransi?

Saat ini, sudah banyak masyarakat Indonesia yang mulai sadar akan seberapa penting asuransi.  Masyarakat mulai menggunakan asuransi untuk melindungi kesehatan, jiwa, hingga aset yang dimilikinya.

Apakah kamu juga salah satu pengguna asuransi atau kamu baru saja ingin menggunakan salah satu produk asuransi? Kalau baru ingin mengajukan asuransi,  kamu perlu memahami polis asuransi. Polis asuransi ini umumnya akan kamu temukan di awal saat kamu mengajukan asuransi.

Apa itu polis asuransi? Pengertian polis asuransi adalah kontrak atau perjanjian tertulis yang dilakukan antara pihak tertanggung (pengguna asuransi) dengan pihak penanggung (perusahaan penyedia asuransi) yang berisi segala hak dan kewajiban dari kedua belah pihak selama masa berlaku polis asuransi.

Apa sih pentingnya membaca polis asuransi? Penting sekali! Memang, polis asuransi itu terdiri dari halaman yang tebal dan  sering kali membuat orang malas untuk membacanya.

Namun, dengan membaca dan memahami polis asuransi, kamu akan terhindar dari segala macam kesalahan tulisan di dalamnya yang nantinya dapat menimbulkan kerugian. Ada beberapa bagian penting yang patut kamu teliti ketika membaca polis asuransi.

Apa saja isi polis asuransi yang harus diperhatikan? Beberapa bagian tersebut seperti data tertanggung, hal-hal yang akan ditanggung dan tidak ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi (objek penanggungan), manfaat asuransi, jumlah uang pertanggungan, cara pembayaran, tenggat waktu, hingga jumlah premi asuransi yang harus dibayarkan.

Fungsi Polis Asuransi

Apa fungsi polis asuransi? Fungsi polis asuransi sendiri terbagi menjadi dua, baik untuk pihak tertanggung (pengguna asuransi) dan untuk pihak penanggung (perusahaan penyedia asuransi).

Fungsi Polis Asuransi Bagi Perusahaan Penyedia Asuransi

Bagi perusahaan penyedia asuransi, polis asuransi adalah dokumen yang berisikan data-data penting pengguna yang nantinya digunakan untuk melakukan rekapitulasi data nasabah sekaligus sebagai penentu kebenaran dari klaim yang diajukan.

Nah, untuk fungsi polis asuransi bagi perusahaan penyedia asuransi, yaitu:

  1. Sebagai bukti tertulis atas jaminan-jaminan yang akan diberikan pada tertanggung
  2. Bukti tanda terima premi asuransi yang telah dibayarkan oleh tertanggung
  3. Sebagai bukti konkret untuk menolak tuntutan klaim yang tidak memenuhi syarat polis asuransi.

Fungsi Polis Asuransi Bagi Pengguna Asuransi

Sedangkan, bagi pengguna asuransi fungsi polis asuransi adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai bukti pembayaran premi asuransi yang akan diberikan pada perusahaan penyedia asuransi
  2. Sebagai bukti konkret atas jaminan penanggungan untuk risiko yang dapat terjadi pada tertanggung 
  3. Sebagai bukti untuk menuntut perusahaan penyedia asuransi bila ditemukan kelalaian dalam memenuhi jaminan hak nasabah.

Jenis Polis Asuransi

Nah, setiap produk asuransi pasti memiliki polis asuransinya masing-masing. Berikut ini jenis polis asuransi berdasarkan produk asuransi yang digunakan, yaitu:

1. Polis Asuransi Jiwa

Polis asuransi jiwa ini dikhususkan untuk proteksi terhadap jiwa seseorang. Nantinya, perusahaan penyedia asuransi akan mengukur jiwa pengguna asuransi dengan nominal uang pertanggungan.

Apabila pengguna asuransi jiwa meninggal, maka uang pertanggungan milik pengguna akan diberikan pada ahli warisnya yang sudah tercatat dalam polis asuransi jiwa. Ahli waris nanti dapat melakukan klaim dengan polis asuransi sebagai buktinya.

2. Polis Asuransi Kesehatan

Polis asuransi kesehatan ini diperuntukan bagi orang-orang yang membutuhkan jaminan kesehatan, seperti pengobatan di rumah sakit yang budgetnya akan ditanggung oleh pihak perusahaan penyedia asuransi.

Polis asuransi kesehatan ini sebagai bukti estimasi biaya yang akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi saat pengguna asuransi menjalani perawatan di rumah sakit.

3. Polis Asuransi Kendaraan Pribadi

Pada perusahaan asuransi kendaraan pribadi, pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung yang akan menanggung kerugian terhadap risiko yang menimpa kendaraan pribadi milik tertanggung. 

4. Polis Asuransi Rumah

Polis asuransi properti ini nantinya akan mengatur bagaimana pihak penyedia asuransi akan menanggung atas risiko yang menimpa tempat tinggal milik tertanggung, seperti terjadi kebakaran, terkena sambaran petir, dan lain sebagainya.

5. Polis Asuransi Perjalanan

Polis asuransi perjalanan ini akan memberikan jaminan pada pihak tertanggung yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Nantinya, pihak perusahaan asuransi akan menanggung kerugian yang menimpa pihak tertanggung di perjalannya menuju tempat tujuannya.

Polis asuransi perjalanan ini berlaku mulai keberangkatan hingga pihak tertanggung sampai di lokasi tujuan. Biasanya, polis asuransi perjalanan digunakan oleh para wartawan yang sedang melakukan peliputan di tempat yang berbahaya.

6. Polis Ditaksir

Polis ditaksir adalah dokumen yang berisikan pertanggungan risiko dengan nominal yang sudah disepakati sebelumnya

7. Polis Tidak Ditaksir

Jika pada polis ditaksir nominal pertanggungan telah ditentukan sebelumnya, pada polis tidak ditaksir nominal penanggungan yang terdapat di dalam dokumen perjanjian hanya sebagai batas maksimal atau satuan sendiri dalam menentukan klaim yang akan diberikan nantinya.

8. Polis Asuransi Mikro

Polis asuransi mikro ini ditujukan pada masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Nantinya, penanggungan akan diberikan saat terjadinya risiko berupa kematian, sakit, kerusakan aset yang menimpa masyarakat tersebut.

9. Polis Asuransi Risiko Perang

Polis asuransi risiko perang banyak digunakan oleh orang-orang yang bertempat tinggal di wilayah rawan perang. Polis Asuransi Risiko Perang ini memberikan jaminan atas jiwa penggunanya.

10. Polis Veem

Polis Veem ini akan menanggung risiko kehilangan atau kerusakan barang milik pengguna asuransi yang tersimpan di dalam gudang.

Seberapa Penting Asuransi?

Mungkin bagi yang belum menggunakan asuransi banyak yang bertanya-tanya, seberapa penting asuransi? Apakah setiap orang wajib untuk memiliki asuransi?

Di zaman sekarang ini, menggunakan salah satu produk asuransi bisa menjadi hal yang patut dipertimbangkan. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang dan bisa saja kejadian tersebut dapat memberikan risiko yang besar bagi diri kita.

Jika kita telah memiliki asuransi, risiko yang akan menimpa kita dapat lebih di minimalisir. Karena, risiko akan ditanggung oleh perusahaan penyedia asuransi.

Misalnya, kamu merupakan seorang pengguna asuransi kesehatan. Di suatu hari, kamu terlibat dalam peristiwa kecelakan dan mengalami luka yang parah sehingga harus mendapatkan perawatan rumah sakit secara intensif.

Di sini, kamu pasti akan memerlukan biaya yang besar untuk perawatan rumah sakit. Dengan kamu sudah menjadi pengguna asuransi kesehatan, maka biaya perawatan kamu akan ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi, dengan kamu melakukan klaim pada perusahaan asuransi. Oiya, pastikan klaim kamu tertera jelas di polis asuransi, ya!

Selain itu, asuransi juga dapat memberikan perlindungan bagi keluarga mu disaat kamu telah tiada nanti dengan menggunakan asuransi jiwa. Dari sini, kamu bisa ketahui seberapa penting asuransi itu. Gimana, sudah tertarik untuk membuat asuransi?

Berapa Lama Masa Berlaku Polis Asuransi?

Berapa lama masa berlaku polis asuransi? Agar polis asuransi kamu tetap berlaku, bayarlah premi asuransi berdasarkan ketentuan yang terdapat dalam polis asuransi. Premi asuransi biasanya dibayarkan secara bulanan, kuartalan, semester, hingga tahunan.

Oiya, apa itu premi asuransi? Premi asuransi adalah sejumlah pembayaran yang harus dibayar oleh pihak tertanggung (pengguna asuransi) pada pihak menanggung dan besarannya telah disetujui dalam polis asuransi.

Nah, polis asuransi akan tidak berlaku lagi saat kamu sudah tidak membayarkan premi asuransi setelah melewati masa leluasa pembayaran premi atau grace period. Jadi, pihak perusahaan asuransi akan memberikan masa leluasa pembayaran premi selama 45 hari dari jatuhnya tanggal tempo.

Apabila dalam 45 hari masa leluasa kamu tidak juga melakukan pembayaran premi asuransi, maka polis kamu akan batal atau lapse.

Raih Penghasilan Tambahan Melalui Investasi Equity Crowdfunding

Nah, itu tadi pembahasan seputar polis asuransi yang sangat penting untuk dipahami. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan asuransi, berarti kamu sudah mengamankan kondisi keuanganmu untuk perlindungan diri, hingga aset yang dimiliki.

Oiya, selain memiliki asuransi, hal lain yang harus mulai kamu persiapkan untuk mengamankan keuangan di masa mendatang adalah dengan memiliki tabungan dan dana darurat. Tabungan atau dana darurat ini dapat kamu peroleh melalui investasi. Dari investasi ini nantinya kamu akan melindungi nilai aset dari pengurangan nilainya.

Salah satu investasi yang berpotensi memberikan keuntungan untukmu adalah investasi dengan skema equity crowdfunding.

Melalui equity crowdfunding, kamu akan melakukan pendanaan terhadap bisnis UMKM berpotensi secara patungan online bersama investor-investor lainnya. Setelah itu, kamu akan memiliki saham di bisnis UMKM berpotensi tersebut.

Oiya, kamu juga berkesempatan untuk memperoleh keuntungan berupa dividen dari pendanaan yang telah kamu lakukan.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terbaik, dan telah memiliki market cap terbesar se-Indonesia. Di LandX kamu bisa mendanai berbagai bisnis UMKM berpotensi, mulai dari bisnis kuliner hingga ke bisnis properti berpotensi cuan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, jadi owner bisnis UMKM berpotensi sekarang juga!

Raih Potensi Keuntungan dengan Investasi di LandX Sekarang Juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga