Price Earning Ratio – dalam melakukan investasi ke dalam suatu bisnis dan perusahaan, anda tentu memilih perusahaan atau bisnis yang memiliki potensi keuntungan yang besar. Oleh sebab itu menentukan perusahaan terbaik merupakan bagian krusial yang menentukan bagaimana arah dari investasi yang anda lakukan.

Dalam menentukan mana perusahaan terbaik untuk didanai, terdapat beberapa rasio yang sering dijadikan investor acuan. Price earning value merupakan salah satu rasio keuangan yang sering digunakan untuk menilai perkembangan dari suatu perusahaan sebagai acuan mengambil keputusan investasi.

Price earning ratio atau PER bisa menjadi salah rasio yang bisa anda gunakan untuk memilih saham yang tepat dan memberikan anda keuntungan. Untuk itu mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu price earning ratio atau PER agar investasi anda semakin cuan.

Table of Content

Memahami Apa Itu Price Earning Ratio

Price earning ratio adalah salah satu rasio keuangan yang digunakan untuk melihat bagaimana potensi keuntungan dari suatu perusahaan karena PER merupakan rasio yang menjelaskan harga saham suatu perusahaan dan laba bersih atau keuntungan yang mereka hasilkan. PER merupakan salah satu hal paling dasar yang perlu dilakukan saat melakukan analisis fundamental.  

Menghitung price earning ratio membantu anda sebagai investor untuk melihat saham perusahaan mana yang memiliki nilai tinggi sehingga memiliki potensi keuntungan yang cukup besar juga. Oleh sebab itu apabila anda mau mulai investasi saham, anda penting untuk memahami rasio yang satu ini.

Menghitung Price Earning Ratio

PER dihitung dengan perbandingan antara harga saham per lembar dan besar keuntungan atau laba bersih yang dihasilkan oleh saham tersebut. Laba bersih dari tiap lembar saham juga disebut Earning Per Share (EPS). artinya anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

PER = Harga Saham Per Lembar : Earning Per Share (EPS)

Dengan menghitung PER anda bisa melihat bagaimana potensi dari saham yang akan anda beli. Dalam membandingkan nilai PER, anda sebaiknya membandingkan PER saham dengan jenis yang sama agar perbandingan lebih akurat dan lebih menggambarkan bagaimana potensi dari masing-masing perusahaan.

Selain itu PER bukan satu-satunya rasio keuangan yang bisa anda gunakan untuk menilai apakah suatu saham menguntungkan atau tidak, selain PER ada juga Price to Book Value (PBV) yang bisa jadi analisis pendukung untuk saham yang akan anda beli.

Baca Juga:

Kegunaan PER

Menghitung PER sebelum memilih saham akan membuat anda bisa mengambil keputusan investasi yang lebih baik lagi karena saham yang anda pilih telah dianalisis dengan baik sebelumnya.

Melihat PER membuat anda bisa melihat bagaimana gambaran keuntungan yang bisa dihasilkan oleh saham yang anda pilih. Oleh sebab itu berinvestasi saham dengan menghitung PER bisa menjadi langkah awal agar membangun investasi yang menguntungkan.

Memilih Saham Berdasarkan Price Earning Ratio

Apabila anda sudah paham apa itu PER dan bagaimana menghitungnya, tentu sekarang anda ingin tahu bagaimana  memilih saham melalui melihat PER.

Saham dengan PER yang tinggi menunjukkan bahwa saham tersebut bernilai tinggi karena perusahaan tersebut terus bertumbuh dari waktu ke waktu. Akan tetapi PER yang terlalu tinggi maka saham tersebut memiliki harga yang tinggi atau overvalued.

Sebaliknya, saham dengan PER rendah merupakan value stocks atau saham yang bernilai karena saham jenis ini diperdagangkan di bawah harga pasar sehingga berpotensi menghasilkan keuntungan kepada investor.

Nilai PER yang ideal berbeda-beda antara satu sektor industri dan industri lainnya. Oleh sebab itu saham yang akan digunakan sebagai pembanding harus berasal dari industri sejenis. Oleh sebab itu anda sebaiknya menghitung PER dari beberapa perusahaan sebagai pembanding.

Penutup

Menentukan saham terbaik bukanlah hal yang mudah sehingga anda membutuhkan berbagai analisis hingga bisa menentukan saham terbaik yang bisa memberikan anda keuntungan yang optimal.

Selain itu anda harus paham bahwa price earning ratio bukanlah satu-satunya indikator yang menentukan bahwa saham menguntungkan atau tidak, maka dari itu anda perlu mempelajari berbagai jenis indikator lain agar investasi yang anda lakukan lebih mudah.

Akan tetapi, tahukah anda bahwa equity crowdfunding merupakan sistem investasi yang konsepnya hampir sama dengan saham, namun dalam equity crowdfunding anda diberikan kesempatan untuk berinvestasi ke dalam bisnis privat. Sistem ini membuat anda bisa memiliki dari berbagai bisnis privat dengan potensi keuntungan yang menjanjikan.

Yuk Mulai Investasi Equity Crowdfunding di LandX

Jangan Lupa!! Follow @landx.id di Instagram Supaya Terus Update Berbagai Info Seputar Investasi.

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha