Nama Helmy Yahya tidak asing di telinga masyarakat Indonesia pada umumnya. Seorang entertainer yang kini juga mengembangkan fokusnya pada pengembangan bisnis, membuatnya menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia.

Yuk, cari tahu kisahnya dan apa saja bisnis yang digeluti.


Table of Contents


Latar Belakang dan Pendidikan Helmy Yahya

Helmy Yahya merupakan seorang dari keturunan Melayu yang lahir di Ogan Ilir, Sumatera Selatan pada 6 Maret 1953 (umur 58). Merupakan empat bersaudara yang juga adik dari pembawa acara dan politikus Indonesia, Tantowi Yahya.

Berasal dari keluarga dengan ayah yang selalu memikirkan pendidikan bagi anak-anaknya, membuat Helmy Yahya kecil selalu aktif belajar, ikut lomba dan menjulang prestasi. Semasa SD hingga SMA, ia aktif dalam berbagai lomba kesenian dan juga lulus SMA dengan ranking Top 5 Nasional Indonesia.

Mendapat berbagai tawaran program pendidikan di berbagai universitas nasional seperti Universitas Sriwijaya dan Institut Pertanian Bogor, masih membuat seorang Helmy Yahya bingung memilih yang terbaik.

Hingga akhirnya beliau memilih Politeknik Keuangan Negara STAN yang memberikan program pendidikan gratis yang juga menutup pengeluaran hariannya. Setelah menyelesaikan Program Diploma III, ia juga menyelesaikan pendidikannya di STAN hingga Diploma IV dan lulus pada tahun 1990 sebagai lulusan terbaik.

Berprestasi dan merupakan lulusan terbaik di STAN membuat Helmy Yahya mendapat beasiswa dari Bank Dunia untuk melanjutkan pendidikan masternya. Masih seorang yang bersemangat dengan pendidikan, ia memiliki gelar master di tahun 1992 dari program Master of Professional Accounting di University of Miami, Florida, Amerika Serikat.

Karir Helmy Yahya di Dunia Entertainment

Walaupun memiliki latar keuangan yang kuat, tak lantas memadamkan jiwa seni dan kreatif yang dimiliki. Sebelum terjun sebagai pembawa acara, Helmy Yahya telah berperan kreatif dalam kegiatan pra-produksi. Menangani pembuatan soal-soal program kuis acara televisi hingga menjadi floor director.

Debut sebagai pembawa acara pada tahun 1995, semangatnya semakin menggebu dalam merancang soal hingga menjadi produser eksekutif berbagai program acara kuis di berbagai saluran TV nasional. Karirnya telah melanglang buana menjelajahi pertelevisian nasional TVRI, RCTI, SCTV, ANTV, Kompas TV, Trans TV, Trans 7, hingga MNC TV.

Memiliki gelar Sang Raja Kuis, Helmy Yahya berhasil menetaskan berbagai program kuis yang menghibur masyarakat Indonesia. Melalui rumah produksi Triwarsana yang ia dirikan pada tahun 1998, telah lahir berbagai program acara kuis dan realitas.


Baca Juga:


Bangun Rumah Produksi Sendiri

Karir dunia hiburan telah dimulai oleh seorang Helmy Yahya dari belakang layar pada tahun 1989 melalui Ani Sumadi Productions. Ani Sumadi merupakan sosok pelopor dunia perkuisan Indonesia yang dikenal dengan Ratu Kuis pada masanya.

Lewat rumah produksinya ini Helmy Yahya melakukan debutnya sebagai pembaca acara kuis. Geliat kreativitasnya semakin terasah dan ilmu operasional bisnis media yang semakin tinggi membuat kolaborasinya bersama Ani Sumadi Production berjalan hingga 1998.

Seterusnya Helmy Yahya semakin percaya diri untuk membangun sendiri rumah produksinya bernama Triwarsana Productions. Kini Triwarsana Productions dikenal dengan Asia Media Productions dibawah naungan MNC Studios Internasional.

Rumah produksi ini sudah pernah berafiliasi dengan berbagai program TV nasional yang pernah kita nikmati acaranya. Serta, telah mendulang kesuksesan dengan berbagai program yang dirancang dan diadaptasi.

Program-program yang kita kenal seperti Berpacu dalam Melodi yang telah menghibur sejak 1988 dan seringkali di remake oleh berbagai saluran TV. Juga program TV Uang Kaget, Bedah Rumah, Termehek-Mehek, Minta Tolong, Pantang Ngemis, Penghuni Rumah Terakhir, dan ratusan program seru lainnya.

Pebisnis dan Akuntan Kreatif

Memiliki passion dalam dunia kreatif dengan latar belakang manajemen keuangan yang kuat, membuat ayah dari empat orang anak ini sukses membangun dan mengelola berbagai bisnis. Dari rumah produksi Triwarsana Production, beliau juga memiliki lembaga kursus Helmy Yahya Broadcasting Academy di Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Helmy Yahya juga sempat menjadi ketua Emporium Indonesia yang merupakan sebuah event organizer yang menangani acara-acara besar seperti (Pekan Olahraga Nasional) PON dan SEA Games hingga tahun 2017.

Kemudian pernah menjabat sebagai Direktur Utama Stasiun Televisi Republik Indonesia (TVRI) hingga tahun 2020. Sebagai direktur utama, sepak terjangnya mampu membawa TVRI naik dari peringkat 15 ke peringkat 10 televisi yang sering ditonton masyarakat Indonesia.

Helmy Yahya juga co-founder dari James Gwee-Helmy Yahya School of Sales, didukung oleh President University. Memiliki Yahya & Yahya Corp yang bergerak sebagai training consulting dengan program pelatihan dan pengembangan karyawan organisasi.

Bisnis Helmy Yahya, Sukses Berbisnis Skala Besar

Selain menggeluti berbagai bisnis media kreatif, Helmy Yahya juga membentangkan jangkauan tangan dan pemikirannya pada berbagai industri bisnis. Terkhusus bisnis-bisnis dengan pemain skala besar dan umumnya minim kompetitor.

Salah satu bisnis yang dikabarkan tengah digeluti dan akan didalami adalah Helmy Yahya bisnis kapal tongkang. Bersama kapten yang berpengalaman puluhan tahun di industri maritim, bisnis kapal tongkang (barge) yang sepaket dengan kapal tunda atau tugboat siap berlayar di tahun 2022.

Kapal tongkang adalah kapal pengangkut kargo umumnya material berat seperti kapal tongkang batubara, pasir, dan lainnya. Kapal tongkang tidak memiliki mesin penggerak sendiri, sehingga dibutuhkan tugboat atau kapal yang berperan sebagai manuver dan menunda kapal tongkang.

Project kapal-kapal pengangkut kargo ini diberi nama project kapal CAPT, berukuran besar dan mampu memuat hingga 5.500 ton bahan material. Kapal Tongkang akan berlayar dari pelabuhan di Medan ke berbagai daerah di Indonesia seperti Jambi, Batam, Jakarta, Surabaya,  Banjarmasin, dan Samarinda.

Salah satu alasan potensi bisnis kapal tongkang menarik untuk diangkut karena rekam jejak kapal-kapal tongkang yang masih berjalan walau pandemi. Produksi dan ekspor batubara yang terus berjalan membutuhkan jasa kapal tongkang untuk mengangkut dan mendistribusikannya.

Sedangkan jumlah kapal tongkang yang ada saat ini belum mencukupi, sehingga merupakan bisnis potensial dalam jangka panjang.

#SekarangBisa Ikut Bisnis Kapal Tongkang Bareng Helmy Yahya

Kapal tongkang memiliki nilai jual tinggi dan merupakan bentuk investasi properti yang kuat. Harga sebuah kapal tongkang dan tugboat umumnya berkisar miliaran rupiah. Berbisnis kapal tongkang dikenal sebagai bisnisnya orang kaya.

Kini, kamu bisa ikutan berbisnis kapal tongkang milik Helmy Yahya! Dengan modal Rp 1 juta, kamu bisa ikut jadi pemilik 2 Kapal tongkang yang siap berlayar tahun depan. Melalui platform crowdfunding, LandX bersama PT Samudera Rezeki Mulia akan meluncurkan kolaborasinya di bulan Desember 2021 ini.

Karena itu,

Yuk, berinvestasi dan ikut cuan dari bisnisnya orang kaya!

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis    #LandX.id    #landx         #landx.id     #InvestasiBisnis  #SecuritiesCrowdfunding   #EquityCrowdfunding     #InvestasiMenguntungkan     #Urundana    #BisnisPatungan     #InvestasiUsaha