Sebelum memilih investasi terbaik anda perlu melakukan berbagai analisis. Salah analisis yang penting adalah melakukan analisis keuangan yang dilakukan dengan berbagai jenis rasio. Salah satu rasio yang penting anda perhatikan adalah rasio solvabilitas.

Rasio solvabilitas merupakan komponen penting yang penting untuk dilihat sebelum memutuskan untuk menjalankan suatu investasi berdasarkan bagaimana posisi keuangan dari perusahaan tersebut.

Oleh sebab itu mari kita bahas lebih lengkap mengenai rasio solvabilitas agar anda dapat mengambil keputusan investasi yang lebih optimal lagi.

Table of Content

Mengenal Rasio Solvabilitas

Rasio solvabilitas adalah rasio yang digunakan untuk mengukur bagaimana kemampuan perusahaan untuk memenuhi berbagai kewajiban hutang jangka panjang mereka.

Rasio ini menunjukkan apakah perusahaan memiliki kemampuan untuk membayar kewajiban jangka panjang mereka yang menunjukkan bagaimana tingkat kesehatan keuangan dari perusahaan.

Selain itu, rasio solvabilitas juga menunjukkan kemampuan dari perusahaan melunasi hutang mereka menggunakan aset yang mereka miliki.

Oleh sebab itu, rasio ini bisa menggambarkan bagaimana kemampuan dari perusahaan untuk melunasi utang jangka panjang dan pendek mereka apabila melakukan likuidasi.

Rasio ini diukur beberapa indikator seperti Rasio Total Hutang terhadap Modal sendiri dan Total Hutang terhadap Total Asset.

Berikutnya mari kita bahas lebih lanjut tentang berbagai jenis rasio solvabilitas

Jenis-Jenis Rasio Solvabilitas

Rasio Total Hutang terhadap Total Modal

Rasio total hutang terhadap modal menggambarkan kemampuan perusahaan untuk membayar utang dengan modal yang mereka miliki. Idealnya utang perusahaan tidak melebihi modal yang mereka miliki, oleh sebab itu semakin kecil hutang dibanding modal maka semakin baik.

rumus menghitung rasio total hutang terhadap total modal

Rasio Total Hutang terhadap Total Asset

Rasio ini juga dikenal dengan total debt to assets ratio atau bisa disebut juga sebagai debt ratio. Rasio ini berguna untuk menunjukkan sejauh mana kemampuan total aset (total aktiva) untuk menutupi utang yang dimiliki oleh perusahaan. Apabila angka rasio semakin kecil, maka semakin baik (solvable) serta disukai oleh kreditor dan investor.

cara menghitung rasio total debt to asset ratio

Time Interest-Earned Ratio

Rasio ini sering disebut juga sebagai interest coverage ratio yang digunakan untuk menilai kemampuan perusahaan untuk melunasi beban bunga pada masa mendatang.

Laba ini dihitung dengan membandingkan laba sebelum bayar pajak dan bunga. Semakin besar nilai rasio ini, maka semakin baik kemampuan perusahaan dalam membayar bunga dari utang mereka. Rasio ini bisa menjadi acuan bagi kreditur sebelum memberikan suatu pinjaman.

Time Interest-Earned Ratio = (Laba Sebelum Pembayaran Pajak dan Bunga / Beban Bunga) x 100%

Manfaat Rasio Solvabilitas

Berikut beberapa manfaat dari rasio solvabilitas:

  1. Mendeskripsikan bagaimana posisi keuangan dari perusahaan
  2. Gambaran bagaimana kemampuan perusahaan dalam membayar hutang yang mereka miliki berdasarkan aset dan modal yang mereka miliki.
  3. Membantu investor melihat bagaimana kondisi keuangan dari suatu perusahaan dan kemampuan potensi perusahaan di masa mendatang.

Pemahaman akan rasio solvabilitas ini menjadi hal yang sangat penting terutama saat anda akan menganalisis laporan keuangan dari suatu perusahaan. Rasio ini menjadi salah satu hal penting untuk membantu anda memahami bagaimana keadaan dari suatu bisnis yang anda danai.

Akan tetapi, sebaiknya anda juga memahami berbagai rasio keuangan lain untuk membangun analisis yang lebih baik lagi. Berikut beberapa artikel terkait yang bisa mendukung anda melakukan analisis keuangan dengan lebih baik:

Kesimpulan

Kini anda semakin paham bukan bagaimana memilih perusahaan atau bisnis terbaik untuk investasi berdasarkan laporan keuangan mereka. Memahami berbagai rasio keuangan akan membantu anda mengambil keputusan investasi yang lebih baik sehingga bisa memberikan anda keuntungan.

Kini tentu anda semakin paham kriteria bisnis dan investasi seperti apa yang cocok dan menguntungkan anda dalam jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang wajib anda coba adalah investasi bisnis melalui skema equity crowdfunding. Sistem ini membuat anda bisa melakukan investasi bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang dengan modal kecil. Karena itu…

Yuk Investasi Bisnis di LandX dengan Berbagai Pilihan Bisnis Potensial untuk Investasi Anda

Mau Terus Update Info Seputar Investasi? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id untuk Berbagai Info Terupdate Seputar Investasi

#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis     #EquityCrowdfunding   #SecuritiesCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan    #Urundana     #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: