Apakah Anda sudah bisnis investasi online? jika belum, maka anda harus mulai sekarang. Karena jika dilakukan dengan benar, investasi ini  bisa memberikan untung yang sangat besar. Apalagi sekarang sudah ada investasi online, membuat investasi semakin mudah. Ada banyak platform online yang bisa menyediakan berbagai jenis layanan investasi.

Anda tidak hanya memilih platform, ya! Saat ini, ada banyak penipuan investasi online. Sebaiknya pilih platform investasi online resmi OJK yang terbukti aman.

Jika Anda tertarik, berikut adalah daftar investasi online dan platform digital yang direkomendasikan.

LandX adalah investasi bisnis properti online dengan modal minim dan bebas resiko.

Table of Content

1. Reksa Dana

Bagi yang masih pemula, Anda bisa berinvestasi di reksa dana online. Reksa dana adalah tempat menghimpun dana dari investor yang nantinya akan dikelola oleh manajer investasi untuk memandu atau berinvestasi dalam portofolio sekuritas.

Reksa dana terbagi menjadi beberapa jenis yaitu reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, reksa dana saham dan reksa dana campuran. Sebagai pemula, Anda bisa memilih reksa dana pasar uang.

Anda dapat menggunakan berbagai platform untuk membeli produk investasi reksa dana.

2. Emas

Anda mungkin menganggap emas sebagai alat investasi kuno. Beli di toko emas dan simpan di rumah. Setelah beberapa tahun, ketika nilai emas naik, itu bisa dijual dan menguntungkan.

Jika Anda masih berpikir seperti itu, berarti Anda benar-benar ketinggalan zaman. Sekarang Anda dapat berinvestasi dalam emas dan logam mulia melalui platform online. Ini adalah investasi online yang aman dan minim resiko.

Anda dapat membeli dan menjual melalui platform ini tanpa harus menyimpan emas sendiri. Ini adalah cara yang lebih efektif, dan selain itu tidak ada risiko kerugian. Ada banyak platform yang bisa digunakan untuk investasi emas.

3. P2P Lending

Ini adalah investasi lain. Ini telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Popularitas P2P lending berjalan seiring dengan tren pinjaman online.

Sistem pinjaman P2P sangat sederhana. P2P lending adalah perantara untuk investor serta pihak yang membutuhkan dana (terkadang untuk memberikan modal bagi pelaku UMKM).

Di platform P2P lending, banyak aplikasi pinjaman akan disediakan. Data dari setiap peminjam yang mengajukan pinjaman akan ditampilkan sepenuhnya untuk Anda pertimbangkan.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih siapa yang ingin Anda danai. Anda akan mendapatkan profit di masa depan melalui bunga pinjaman. Besarnya bunga tergantung pada tingkat bunga pinjaman yang Anda danai.

4. Obligasi Negara Ritel

Investasi obligasi masih sangat asing bagi pemula. Obligasi adalah obligasi yang diterbitkan oleh lembaga yang dapat dibeli oleh masyarakat.

Saat membeli obligasi, Anda secara tidak langsung memberikan pinjaman kepada lembaga yang menerbitkan obligasi.

Sebagai investor, Anda berhak mendapatkan bayaran kembali berupa pokok pinjaman dan bunganya.

Obligasi pemerintah ritel atau ORI adalah produk investasi obligasi yang paling direkomendasikan terutama untuk berinvestasi online.

Umumnya, Anda dapat membeli produk investasi ORI di bank penjualan ORI. Saat ini, pembelian ORI dapat dilakukan melalui berbagai platform  dan aplikasi khusus yang diterbitkan oleh bank.

5. Forex

Di kalangan anak muda, jenis investasi ini menjadi sangat populer. Banyak mahasiswa bahkan terjun ke dunia perdagangan valuta asing. Jenis investasi ini digemari karena dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Transaksi valuta asing adalah investasi yang dilakukan dengan membeli dan menjual valuta asing. Pendapatan tersebut diperoleh dari selisih nilai tukar antar mata uang.

Investasi ini sangat rumit. Para pemula harus bisa mempelajari sistem perdagangan dan berbagai strategi perdagangan valuta asing terlebih dahulu agar investasi mereka bisa menguntungkan.

6. Saham

Saham pada dasarnya adalah bukti kepemilikan perusahaan. Anda memiliki perusahaan berdasarkan jumlah saham yang Anda miliki.

Keuntungan investasi saham berasal dari peningkatan nilai saham dan pembagian dividen atau keuntungan perusahaan. Namun, tidak semua perusahaan menjanjikan akan membagikan dividen kepada investor.

Investasi ini ideal untuk orang yang berpengalaman atau ambisius untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin.

Pemula sebaiknya tidak hanya memilih alat investasi ini. Return yang kecil, tentu saja memiliki resiko kecil. Maka dari itu apabila ingin keuntungan besar anda harus lebih berani untuk menanggung resiko yang lebih besar pula.

Ada baiknya anda untuk memahami pasar modal terlebih dahulu, bagaimana cara berdagang saham dan strategi investasi saham agar memperkecil resiko kegagalan. Anda bisa beli saham lewat aplikasi yang diawasi OJK.

7. Crowdfunding, Beli Properti dengan Cara Patungan

Apa itu crowdfunding? Secara umum, Crowdfunding adalah sebagai pembiayaan bersama dari masyarakat luas untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk proyek tertentu. LandX sebuah website crowdfunding asal Indonesia, terbukti mampu menampilkan hasil-hasil pembiayaan di bidang kreatif. Investor kini semakin mudah menanam modal ke bisnis UMKM seiring munculnya crowdfunding di Indonesia karena berdampak positif pada bantuan finansial untuk mencapai tujuan banyak orang (seperti membeli properti).

Crowdfunding atau Urun dana properti yang mudah adalah Anda dapat membeli real estat dengan sistem patungan bersama  investor lain melalui situs web LandX yang menyediakan layanan ini.

Modal yang perlu anda keluarkan mengikuti kemampuan anda patungan saat membeli real estate , misalnya real estate cost yang anda inginkan adalah Rp. 1 Milyar, anda investasikan Rp 10 juta dari tabungan Anda atau tabungan reksa dana Anda dan tunggu sisa dana calon investor lainnya.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi di properti online dengan cara ini, harap diperhatikan bahwa Anda tidak sepenuhnya memiliki properti tersebut karena kepemilikannya terdiri dari beberapa orang.

Oleh karena itu, umumnya cenderung menyewakannya kepada orang lain, kemudian menggunakan sistem bagi hasil berdasarkan persetujuan pemiliknya. Dari keuntungan ini, Anda bisa menggunakannya untuk keperluan pribadi lainnya.

Apakah menurut Anda prosesnya rumit? Anda hanya perlu sedikit bersantai, mulai dari prosedur perizinan hingga pengelolaan properti akan ditangani oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator crowdfunding yaitu LandX

Investasi properti online memang menjanjikan, namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi harap selalu diingat prinsip “high risk and high return, low risk and low return”.

Secara umum, harga properti memang meningkat dari tahun ke tahun, tetapi mungkin juga ada faktor yang membuat properti Anda tidak dapat dijual, seperti lingkungan atau area real estat. Oleh karena itu, Anda juga harus hati-hati memanfaatkan peluang untuk menghindari pemborosan dana.

Modal yang harus Anda keluarkan untuk memiliki properti mungkin hanya 1% dari total nilai properti. Dengan asumsi Anda hanya memiliki dana 10 juta rupiah, maka Anda bisa mencari real estate di kisaran 1 miliar rupiah, dan sisa dana akan datang dari calon investor lainnya.

Oleh karena itu, properti tersebut belum tentu menjadi milik Anda. Properti bisa disewakan kepada orang lain. Berdasarkan persetujuan pemilik, sistem bagi hasil akan digunakan untuk memberikan pendapatan sewa kepada Anda dan investor lain.

Jenis investasi properti online ini adalah yang termudah. Bahkan proses perizinan untuk pengelolaan properti akan ditangani oleh perusahaan yang bertindak sebagai fasilitator crowdfunding. Tapi jangan salah sangka, setiap bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pentingnya Pengetahuan Investasi

Mengacu pada pembahasan di atas, investasi yang menjamin hasil yang besar menuntut investor untuk memiliki pengetahuan yang lebih mendasar.

Pengetahuan investasi yang terbatas pada kulit saja tidak akan berhasil memasuki bidang investasi dengan risiko tinggi yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

Sebagai investor anda juga perlu paham bagaimana memilih platform crowdfunding yang baik dan terpercaya

Baca juga:

Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Info Seputar Investasi Online Terbaru

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha