Saat anda memutuskan akan memulai investasi, investasi bisnis merupakan salah satu peluang yang bisa anda jadikan pilihan untuk mendukung rencana pengembangan finansial anda. Banyaknya jenis investasi membuat anda harus mempelajari lebih dalam terkait berbagai investasi yang akan lakukan. Dalam memilih bisnis untuk berinvestasi anda perlu memahami lebih detail terkait bisnis dengan tujuan memaksimalkan potensi keuntungan investasi.

Bisnis investasi yang baik bisa anda mulai dengan menanamkan modal anda ke dalam bisnis UKM di sekitar anda. Investasi bisnis harus anda mulai dengan memilih bisnis dengan struktur bisnis yang dan potensi keuntungan yang besar untuk masa yang akan datang. Dalam bisnis investasi, terdapat dua skema yang umum digunakan yaitu dengan skema Peer-To-Peer Lending (P2PL) dan Equity Crowdfunding (EFC). Berikut penjelasan kedua skema investas bisnis.

Table of Content

Kenali Skema Bisnis Investasi yang Digunakan

Sebelum memulai investasi, anda perlu memahami skema investasi bisnis apa yang akan anda gunakan, umumnya terdapat dua pilihan skema yang bisa anda gunakan yaitu peer lending dan equity crowdfunding. Berikut penjelasanya untuk anda :

Peer-to-Peer Lending

Investasi bisnis dengan skema ini, pada dasarnya investor berperan sebagai pihak pemilik dana yang akan meminjamkan dana mereka pada sebuah bisnis. Jadi, status investor adalah sebagai pemilik dana yang tidak memiliki kepemilikan langsung terhadap bisnis yang mereka pinjami modal. Sistem ini akan memberikan keuntungan kepada investor melalui pembayaran kembali pinjaman mereka dengan bunga yang sudah disepakati sejak awal. Skema ini cenderung memiliki resiko dan potensi return yang relatif sedang karena profil peminjam dananya yang bervariasi.

Equity Crowdfunding

Skema bisnis investasi lain yang baik untuk anda gunakan adalah equity crowdfunding. Sistem ini memiliki konsep yang sama seperti kepemilikan saham anda terhadap sebuah perusahaan. Equity crowdfunding merupakan skema pendanaan bisnis melalui platform crowdfunding untuk mendanai berbagai bisnis yang telah diseleksi sebelumnya. Saat anda mulai menanamkan modal dengan skema ini, anda akan memiliki saham dalam bisnis tersebut dan bisa mendapatkan dividen sesuai dengan keuntungan yang dihasilkan oleh bisnis tersebut. Skema ini akan memberikan anda keuntungan yang besar dalam jangka panjang melalui dividen dan potensi penjualan kembali saham dengan harga yang lebih tinggi. Karena itu, sebelum berinvestasi anda perlu memilih platform equity crowdfunding terpercaya.

Setelah memahami skema investasi bisnis yang akan anda gunakan, selanjutnya anda perlu memikirkan bisnis yang tepat untuk investasi bisnis ada. Berikut pertimbangan penting bagi anda dalam memilih bisnis yang tepat untuk investasi.

Pertimbangan Utama dalam Memilih Bisnis untuk Investasi

Salah satu hal penting dalam investasi bisnis adalah memilih bisnis yang tepat untuk anda jadikan tempat investasi. Dalam memilih bisnis anda perlu mempertimbangkan berbagai hal agar modal yang anda tanamkan dapat memberikan hasil yang maksimal. Karena itu berikut beberapa tips untuk memilih bisnis untuk investasi anda, yaitu :

1. Perhatikan Return of Investment yang Ditawarkan

Investor perlu melihat berapa return dari investasi bisnis yang ingin anda lakukan. Selain itu anda perlu melihat periode pembagian return yang akan dibagikan kepada anda. Return ini membantu anda untuk memilih mana bisnis yang bisa menjanjikan return tinggi kepada anda di kemudian hari. Return ini biasanya berbanding lurus dengan resiko yang timbul maka dari itu anda harus bijak dalam memilih bisnis yang ingin anda danai.

2. Analisis Keunggulan dari Bisnis

Keunggulan dari bisnis bisa anda lihat dari produk yang mereka tawarkan dan struktur dari bisnis yang akan anda pilih. Anda perlu memperhitungkan keunggulan dari bisnis yang anda pilih dibandingkan kompetitor. Karena keunggulan ini akan menentukan apakah sebuah bisnis dapat bertahan lama di pasar.

3. Potensi perkembangan Bisnis

Anda perlu memproyeksikan potensi bisnis tempat anda berinvestasi dalam jangka panjang. Sebuah bisnis yang memiliki potensi perkembangan di masa akan datang. Bisnis yang baik akan memiliki nilai yang semakin meningkat seiring perkembangan bisnis sehingga anda nilai dividen sebagai pasif income dapat terus meningkat seiring perkembangan waktu. Kini anda investasi bisnis dengan crowdfunding semakin mudah karena pihak penyelenggara crowdfunding sudah membantu proses seleksi bisnis yang potensial.

4. Modal yang Harus Dikeluarkan

Investasi bisnis cenderung diasosiasikan sebagai investasi yang harus dimulai dengan modal besar. Karena sudah banyak situs crowdfunding properti di Indonesia semakin banyak, maka anda perlu memperhatikan modal minimal yang harus anda keluarkan saat investasi bisnis. Investor harus mempertimbangkan bagaimana mengoptimalkan modal investasi agar dapat memberikan keuntungan yang optimal.

Setelah memulai investasi, anda perlu menyusun strategi untuk memaksimalkan keuntungan dari investasi anda.

Memaksimalkan Keuntungan dalam Investasi Bisnis

Memaksimalkan keuntungan merupakan tahapan penting yang harus anda lakukan agar nilai investasi anda terus meningkat dan anda semakin dekat dengan tujuan investasi anda. Berikut hal yang harus anda lakukan.

  • Kombinasikan investasi anda ke dalam beberapa bisnis

Anda perlu memaksimalkan investasi bisnis anda dengan menanamkan modal anda kedalam beberapa jenis bisnis sekaligus. Hal ini dikarenakan kondisi pasar yang sulit untuk diprediksi sehingga dengan menanamkan modal ke dalam beberapa jenis bisnis sekaligus dapat memperkecil resiko dan sekaligus meningkatkan keuntungan. Hal ini akan membantu anda karena saat satu bisnis sedang mengalami penurunan maka anda memiliki pemasukan dari bisnis lain yang sedang dalam kondisi perkembangan bisnis yang baik.

  • Tingkatkan nilai investasi anda secara berkala

Investasi bisnis perlu anda monitor secara berkala dengan baik, maka dari itu anda perlu memilih platform crowdfunding yang baik sehingga anda dapat dapat terus melakukan monitoring aset dan menyusun strategi investasi berikutnya. Anda perlu terus meningkatkan nilai investasi anda dengan menempatkan dana anda ke dalam beberapa jenis bisnis lain yang telah diterbitkan oleh platform crowdfunding terpercaya. Peningkatan secara berkala ini merupakan bagian yang sangat penting untuk mempercepat pergerakan nilai investasi anda.

Mulai Investasi ke dalam Berbagai Macam Bisnis melalui LandX Dapat Dimulai dengan 1 Juta