Menyambut tahun 2022, tentu saja banyak orang-orang mulai menyusun resolusi tahun baru mereka. Salah satu resolusi yang banyak disusun adalah resolusi finansial yang lebih baik yang salah satu caranya adalah dengan mulai berinvestasi dengan lebih baik.

Oleh sebab itu, banyak orang mulai menyusun rencana investasi mereka di awal tahun 2022 ini dan mulai mencari instrumen investasi seperti apa yang bisa memberikan mereka keuntungan yang optimal.

Karena itu, yuk simak berbagai instrumen investasi yang bisa kamu akses secara online untuk pilihan investasi jangka panjang kamu di tahun 2022.


Table of Content

  1. Equity Crowdfunding
  2. P2P Lending
  3. Saham Online
  4. Obligasi
  5. Reksa Dana
  6. Emas Online
  7. Properti Online
  8. Deposito

Pilihan Investasi Online Terbaik di Tahun 2022

Berikut beberapa rekomendasi investasi online untuk kamu yang ingin memulai invesasi menguntungkan di tahun 2022:

1. Equity Crowdfunding

Salah satu jenis investasi online terbaru yang memanfaatkan sistem online untuk menghimpun dari investor dengan cakupan luas untuk mendanai sebuah proyek atau bisnis dengan potensi keuntungan menjanjikan bagi para investor di masa mendatang.

Sistem investasi online ini membuat investor bisa berinvestasi dengan sistem patungan bisnis untuk membangun bisnis yang bisa memberikan kamu keuntungan jangka panjang.

Berinvestasi dengan sistem ini juga akan memberikan investor porsi kepemilikan dari bisnis sesuai dengan jumlah porsi penamanan modal. Sebagai return, investor akan mendapatkan dividen yang nilainya menyesuaikan porsi kepemilikan dan bagaimana performa bisnis dalam periode tersebut apakah menguntungkan atau tidak.

Sistem ini sangat cocok untuk investor pemula  karena analisis bisnis jauh lebih mudah karena platform penyelenggara equity crowdfunding  akan membantu proses kurasi dari bisnis yang akan didanai.

LandX merupakan platfotm equity crowdfunding yang bisa jadi pilihan kamu yang ingin berinvestasi ke dalam berbagai bisnis potensial yang telah melewati kurasi sebelumnya. Yuk temukan bisnis terbaik untuk investasi kamu di sini

2. P2P Lending (P2PL)

Hampir sama seperti equity crowdfunding, Peer to Peer Lending (P2PL) merupakan jenis instrumen yang konsepnya sering disangka sama seperti equity crowdfunding yang mempertemukan pihak dengan kebutuhan modal dengan investor dalam satu platform.

Artikel Terkait:

Dalam P2P pendanaan berbasis utang sehingga investor merupakan pihak yang akan meminjamkan dan mereka kepada pihak yang membutuhkan dan akan mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman yang didapatkan saat pengembalian dana dilakukan.

Platform P2P Lending akan mempertemukan investor dengan peminjam dana dalam satu platform yang akan menjadi perantara proses peminjaman dana. Investor berinvestasi ke dalam bisnis lewat sistem ini tidak akan mendapatkan bagian kepemilikan atau saham sehingga keuntungan yang bisa didapatkan adalah bunga pinjaman yang diberikan di akhir periode pinjaman.

3. Saham Online

Investasi online ke dalam saham kini semakin mudah untuk dilakukan karena semakin berkembang platform investasi saham online berbasis web dan aplikasi yang mempermudah investor pemula untuk memulai investasi saham.

Saham merupakan instrumen yang bisa memberikan anda keuntungan yang besar namun juga diikuti dengan risiko yang tinggi karena pasar saham yang fluktuatif. Karena itu sebelum memutuskan berinvestasi ke dalam saham  anda harus melakukan analisis mendalam untuk menentukan saham terbaik untuk investasi jangka panjang dan pendek anda.

Pembukaan sistem saham online ini membuat transaksi menjadi lebih mudah sehingga cakupan investor menjadi lebih besar. Selain itu perkembangan ini juga membuat instrumen saham dapat dijangkau oleh masyarakat dalam cakupan yang lebih lagi.

4. Obligasi

Obligasi atau surat utang merupakan salah satu produk pasar modal yang kini bisa di akses melalui online. Bagi pemula yang masih belum tau apa itu obligasi, obligasi merupakan surat utang yang dikeluarkan oleh sebuah instansi yang bisa dibeli oleh investor atau secara tidak langsung memberikan pinjaman kepada instansi tersebut.

Kini, obligasi semakin mudah untuk diakses karena sudah banyak platform online untuk investor yang ingin melakukan jual-beli instrumen satu ini.

Salah satu produk obligasi yang lumayan populer dengan risiko yang minim adalah Obligasi Negara Ritel (ORI) yang dikeluarkan oleh negara untuk pendanaan berbagai kebutuhan. Obligasi yang dikeluarkan negara ini dinilai memiliki risiko gagal bayar sangat rendah sehingga memperkecil risiko kerugian.

5. Reksa Dana

Reksa Dana adalah jenis yang sangat cocok untuk pemula dengan kemampuan dan pengetahuan terbatas terkait instrumen-instumen investasi.

Reksa dana sangat cocok untuk pemula karena dana anda akan diatur dan dikelola oleh manajer investasi yang sudah memiliki izin untuk mengelola dana yang sudah dikumpulkan dari publik. Dana akan dimasukkan ke dalam berbagai instrumen pasar modal yang dinilai akan memberikan keuntungan kepada investor.

Sistem berinvestasi secara online ini sangat cocok untuk pemula karena selain dikelola pihak profesional, modal yang dibutuhkan pun sangat kecil dengan minimum Rp 10.000 yang membuat reksa dana bisa dibeli oleh masyarakat luas.

Akses membeli reksa dana kini kian mudah karena sudah banyak agen reksa dana yang bekerjasama dengan berbagai platform online seperti e-commerce untuk memudahkan transaksn.  Reksa dana memiliki beberapa jenis yang bisa anda pilih menyesuaikan profil risiko anda seperti reksa dana pasar uang, saham, atau reksa dana campuran.

Artikel Terkait:

6. Emas Online

Emas merupakan investasi yang sudah ada dari zaman dahulu. Berinvestasi ke dalam emas sebenarnya bisa dibilang lumayan berisiko karena selain risiko karena Anda harus menyiapkan penyimpanan yang aman dari berbagai ancaman.

Untuk menyelesaikan masalah ini, kini muncul sistem investasi emas online sehingga membuat proses jual beli hingga penyimpanan emas dapat dilakukan secara online untuk membuat transaksi emas menjadi lebih mudah.

Selain itu, tersedianya sistem investasi online ini membuat investasi emas menjadi lebih liquid lagi karena proses jual beli menjadi jauh lebih cepat dan mengikuti perkembangan harga terbaru.

Sistem emas online ini bisa menjadi solusi untuk anda yang masih ragu berinvestasi ke instrumen seperti saham atau reksa dana karena dirasa nilainya naik turun sehingga memilih emas sebagai instrumen untuk berinvestasi.

7. Properti Online

Selain emas, akses properti juga semakin mudah dilakukan dengan  adanya sistem online. Investasi properti online yang mudah dilakukan adalah investasi dengan crowdfunding properti di mana pembelian properti komersial dilakukan dengan sistem patungan. Pembelian properti patungan membuat investasi properti bisa dilakukan dengan modal kecil karena dibeli oleh beberapa investor secara patungan.

Investasi online properti dengan crowdfunding ini akan memberikan anda keuntungan berupa dividen selama properti menghasilkan keuntungan dan nanti akan dibagikan kepada semua investor yang terlibat patungan pembelian properti.  

8. Deposito

Deposito atau tabungan berjangka merupakan produk investasi yang biasanya ditawarkan oleh bank yang akan memberikan keuntungan berupa bunga dalam periode penyimpanan tertentu. Investasi ini memiliki risiko kerugian sangat kecil tapi dengan return terbilang kecil juga.

Tabungan deposito membutuhkan komitmen jangka panjang karena mengambil uang sebelum jangka waktu selesai biasanya akan mendapatkan denda yang disesuaikan dengan perjanjian awal. Tersedianya sistem mobile banking membuat nasabah bank dapat membuka deposito secara online sehingga proses investasi dapat dilakukan dengan lebih mudah lagi.

Kesimpulan

Semakin berkembangnya teknologi membuat investasi menjadi lebih mudah lagi karena adanya sistem investasi online di tengah kita. Ketersediaan investasi online harusnya menjadikan masyarakat semakin melek tentang pentingnya investasi untuk membangun rencana keuangan jangka panjang anda.

Walaupun akses investasi semakin mudah, anda tetap harus melakukan analisis sendiri untuk menentukan instrumen mana yang sesuai dengan profil risiko dan bisa menghitung alokasi dana untuk diinvestasikan secara rutin.

Untuk memperkecil risiko, anda perlu melakukan diversifikasi sehingga anda bisa terhindar dari kerugian besar  karena satu instrumen tidak berjalan sesuai rencana dan anda tidak memiliki instrumen lain untuk diandalkan. Karena banyak hal tidak terduga yang mungkin saja terjadi dan membuat investasi anda mengalami kerugian.

Karena itu, kamu butuh diversifikasi sebagai mitigasi risiko apabila sesuatu tidak terduga terjadi di masa mendatang.

Karena itu....

Yuk Investasi  Online Modal Kecil Bareng LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX


Mau Informasi Menarik Lain Seputar Investasi? Yuk Kunjungi Instagram Kami di @landx.id


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis