menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

SID Adalah: Manfaat Hingga Cara Mendapatkan SID bagi Investor

Monday, 1 Aug 2022

Read in 7 minutes

Author: Della Octavilia
Memahami SID adalah identitas investor dan manfaat SID bagi investor pasar modal

Kepanjangan SID adalah Single Investor Identification, sebagai kartu identitas milik setiap investor yang ingin melakukan transaksi di pasar modal. Bagaimana cara membuat SID? Simak di sini!

Sederhananya, Single Investor Identification atau SID adalah identitas tunggal bagi para investor yang digunakan saat bertransaksi di pasar modal. Jadi, saat Anda hendak membeli produk investasi, seperti saham, obligasi, reksa dana, terlebih dahulu Anda wajib memiliki SID.

SID dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) dan di dalam SID terdapat nomor unik yang membedakan satu kartu dengan yang lain. Jadi, sebanyak apapun pembelian instrumen investasi yang dilakukan seorang investor, mereka hanya memiliki  satu SID, saja 

Karena sifatnya yang wajib, maka para investor harus mengetahui secara detail seputar SID. Di artikel kali ini, kita akan membahas seputar SID, mulai dari pengertian SID, nomor sid ,bagaimana cara membuat SID, hingga kendala pemberlakuan SID investor.

Jadi, simak terus artikel ini!

SID Adalah

Bagi para investor yang akan bertransaksi di pasar modal, terlebih dahulu mereka harus memiliki SID. Jika tidak ada SID, maka para investor tidak dapat membeli berbagai produk investasi di pasar modal.

Jadi, apa itu SID?

Kepanjangan SID adalah Single Investor Identification. SID adalah kartu identitas tunggal yang wajib dimiliki setiap investor yang ingin melakukan transaksi di pasar modal.

Kepemilikan Single Investor Identification (SID) sama halnya seperti KTP khusus bagi para investor. Jadi, setiap investor hanya memiliki satu SID seperti KTP yang hanya dimiliki satu untuk satu orang.

SID sendiri dikeluarkan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) saat Anda mendaftar di perusahaan sekuritas. Jika Anda telah memiliki SID, maka nama Anda secara resmi sudah terdaftar sebagai salah satu investor di pasar modal.

Juga, setiap transaksi yang Anda lakukan di pasar modal, semuanya akan tercatat di SID yang dimiliki.

Nomor SID (Single Investor Identification Number)

Di dalam kartu identitas bagi para investor ini terdapat nomor sid.

Apa itu nomor sid?

Nomor sid adalah deretan nomor unik yang terdapat di dalam kartu SID. Pada kartu SID terdapat 15 digit nomor unik dengan 3 digit pertama no SID adalah berupa huruf, dan 12 digit selanjutnya no SID adalah berupa angka.

Makanya, setiap investor hanya memiliki satu SID saja karena setiap kartu SID berbeda dengan kartu SID yang dimiliki investor lainnya.

Adapun 15 digit nomor unik SID disusun demi memberi kemudahaan dalam proses identifikasi. Susunan 15 digit nomor unik SIDdi antaranya yaitu:

  • Digit 1 dan 2 menunjukkan tipe investor. Jika pada digit 1 dan 2 tertera kode ID, berarti merujuk pada investor perorangan. Sedangkan untuk kode SC merujuk pada perusahaan, kode CP merujuk pada korporasi, kode MF merujuk ke Mutual Funds, kode PF merujuk ke dana pensiun, dan kode OT merujuk ke investor lainnya.
  • Digit ke-3 menunjukkan status investor. Kode D merujuk untuk investor domestik, sedangkan kode F merujuk pada investor asing.
  • Digit 4 sampai 7 menunjukkan identitas tanggal lahir dan tanggal pembukaan rekening efek investor
  • Digit 8 sampai 13 menunjukkan trading ID milik investor
  • Digit 14 hingga 15 berupa pemeriksaan ID.

Fungsi  SID (Single Investor Identification)

Sebagai kartu identitas wajib bagi para investor, berikut ini fungsi Single Investor Identification (SID).

  • Identitas bagi Setiap Investor

Layaknya KTP, SID adalah kartu identitas bagi setiap investor yang ingin melakukan transaksi di pasar modal.

  • Memudahkan Akses Perdagangan di Pasar Modal

Setelah memiliki SID, setiap investor diberi kemudahan dengan diberi akses pemantauan aktivitas pasar modal. 

Saat ingin melakukan pemantauan aktivitas pasar modal, para investor hanya perlu mengakses aplikasi milik KSEI dan memasukan nomor digit unik yang terdapat di kartu SID masing-masing.

  • Mempermudah Transaksi Saham

Karena sifatnya yang wajib dimiliki oleh setiap investor, maka setiap transaksi di pasar modal pasti akan tercatat di sistem perdagangan saham dan memudahkan segala transaksi yang Anda lakukan di pasar modal.

Namun, jika belum memiliki SID, maka Anda tidak dapat melakukan transaksi di pasar modal.

  • Transparansi Investasi

Dengan memiliki SID akan memberikan transparansi di setiap transaksi di pasar modal.

Setiap investor yang memiliki SID akan memperoleh akses untuk dapat melihat portofolio masing-masing walaupun terdapat lebih dari satu jenis sekuritas atau instrumen investasi. Hal ini akan menciptakan transparansi dalam investasi.

  • Alat Pengecekan Kekayaan

Selain sebagai kartu identitas bagi para investor, SID juga memiliki kegunaan lain sebagai alat pengecekkan kekayaan. Hal ini dapat dilakukan karena SID telah terintegrasi dengan rekening bank pemiliknya.

Para investor dapat mengecek kekayaannya dengan mengakses ATM bank masing-masing.

Bagaimana Cara Membuat SID?

Bagi Anda yang ingin melakukan investasi di pasar modal, diwajibkan untuk memiliki SID terlebih dahulu. Bagaimana cara membuat SID?

SID sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu untuk pemodal, untuk nasabah, dan untuk pihak lain. 

Cara mendapatkan SID pastinya diperlukan beberapa dokumen yang disyaratkan dalam membuat Rekening Efek Utama di KSEI. Rekening tersebut dibuat atas nama partisipan atau pihak lainnya yang direstui OJK.

Berikut ini beberapa cara membuat SID yang dibedakan menjadi 3, yaitu:

  • Pembuatan SID untuk Nasabah

Cara membuat SID untuk nasabah dapat dilakukan melalui partisipan atau perusahaan efek yang merupakan bank kustodian.

Nantinya, partisipan yang telah memiliki Rekening Efek Utama di KSEI akan mengajukan data nasabah yang akan dibuatkan SID oleh KSEI. Selanjutnya, KSEI akan membuat SID berdasarkan data yang diberikan oleh partisipan.

Jika calon nasabah telah memiliki Sub Rekening Efek tetapi belum memperoleh SID, calon nasabah tetap menyampaikan keinginannya melalui partisipan.

Setelah SID selesai dibuat, partisipan wajib menyerahkan SID kepada nasabah.

  • Pembuatan SID untuk Pemodal

Jika pembuatan SID untuk nasabah harus melalui partisipan, maka pembuatan SID untuk pemodal akan berbeda.

Pemodal yang ingin membuat SID wajib mengajukan permohonan melalui Biro Administrasi Efek atau Emiten dan Perusahaan Publik untuk pembuatan SID.

Nantinya, KSEI akan memproses pembuatan SID yang telah diajukan. Kemudian, SID yang telah selesai wajib diberikan pada pemodal melalui tempat pengajuan permohonan sebelumnya.

  • Pembuatan SID untuk Partisipan atau Pihak Lain

Berbeda dengan cara mendapatkan SID untuk nasabah dan pemodal yang dilakukan melalui perantara, dalam pembuatan SID untuk partisipan atau pihak lain dapat dilakukan secara langsung kepada KSEI dengan menyertakan berkas untuk pembuatan Rekening Efek Utama.

Manfaat SID

Dengan memiliki SID akan memberikan berbagai manfaat bagi setiap investor.

Beberapa manfaat SID adalah sebagai berikut:

  • Memudahkan investor dalam melakukan transaksi di pasar modal.
  • Sebagai alat identifikasi, mengawasi, serta mengakses data atas kepemilikan berbagai produk investasi dengan transparan.
  • Memudahkan investor dalam melakukan pemantauan aktivitas pasar modal.
  • Mempermudah investor dalam melakukan pengecekkan kekayaan yang dimilikinya melalui bank yang telah terintegrasi dengan SID.
  • Mempermudah investor dalam melakukan pengecekkan portofolio dari berbagai jenis investasi di pasar modal.
  • Manfaat SID juga dapat dirasakan sebagai pendukung upaya integrasi infrastruktur pasar modal di Indonesia.

Kendala Pemberlakuan SID Investor

Menurut Hasan Fawzi selaku Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia mengatakan, hingga Oktober 2021 jumlah investor saham telah mencapai 3.008.318 SID. Ini merupakan rekor tertinggi jumlah SID di Indonesia sejak diaktifkannya kembali pasar modal Indonesia pada 44 tahun yang lalu.

Walaupun perkembangannya yang tinggi, masih ditemukan berbagai kendala pemberlakuan SID investor.

SID adalah alat yang digunakan untuk memantau segala aktivitas investor di pasar modal secara detail dan akurat. Namun, penggunaannya masih belum maksimal karena SID berbentuk kartu hanya diberikan pada investor saham.

Selain itu, dalam aturan transaksi saham, investor diharuskan terlebih dahulu untuk memiliki SID untuk membuka rekening. Padahal, setiap investor harusnya melakukan pembukaan rekening saham terlebih dahulu agar mereka dapat berinvestasi pada instrumen ini.

Di reksa dana, nomor SID bukanlah suatu yang wajib dan mutlak bagi para investor. Karena mereka tidak terdaftar langsung di Bursa Efek Indonesia (BEI), banyak para investor reksa dana menganggap memiliki SID bukanlah hal yang wajib bagi mereka.

Kendala lainnya pemberlakuan SID adalah sulit dalam pendataan jumlah investor. Hal ini terjadi dalam transaksi reksa dana yang tidak dilakukan oleh MI (Manajer Investasi), tetapi melibatkan bank. 

Selain itu, transaksi reksa dana pun tidak melalui pembuatan rekening seperti transaksi saham. Transaksi reksa dana dilakukan lewat pemindahbukuan antar-rekening atau transfer antar-bank. Ini jadi menyulitkan pelacakan riwayat transaksi yang dilakukan para investor.

Jadilah Salah Satu Investor Bisnis UMKM Melalui LandX!

Nah, kita telah membahas seputar SID, mulai pengertian sid, nomor SID, fungsi SID, cara membuat SID, hingga kendala pemberlakuan sid investor.

Dari penjelasan sebelumnya, kita mengetahui bahwa SID wajib dimiliki jika Anda ingin melakukan segala transaksi di pasar modal. Walaupun Anda memiliki berbagai produk investasi, mulai dari saham, reksa dana, obligasi, dan lainnya, Anda hanya perlu satu SID saja. SID berfungsi layaknya sebagai KTP khusus bagi setiap investor. 

Jika Anda telah memiliki SID, dan Anda ingin melakukan aktivitas jenis investasi lainnya, Anda bisa lho!

Salah satu investasi yang dapat Anda lakukan dengan SID yang telah dimiliki adalah dengan investasi metode equity crowdfunding.

Equity crowdfunding merupakan skema pendanaan untuk bisnis kecil dengan cara patungan masyarakat luas untuk mendanai UMKM.

Dengan skema equity crowdfunding Anda akan menjadi investor untuk bisnis yang akan Anda danai. Nantinya, Anda akan memperoleh dividen hasil dari bisnis yang Anda danai. 

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya, transparan, memiliki market cap terbesar se Indonesia, dan telah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tunggu apalagi?yUK,  jadi salah satu investor di LandX !

Danai Bisnis UMKM Pilihanmu dengan Download Aplikasi LandX Sekarang Juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga