Selama pandemi, banyak orang mengalami kesulitan finansial sehingga mempersulit mereka untuk mengatur keuangan.

Mengatur keuangan dengan baik merupakan hal yang sangat penting terutama untuk kamu yang sudah memiliki penghasilan sendiri. Kemampuan mengatur uang ini menjadi salah satu skill dasar yang harus kamu siapkan sedini mungkin.

Mengatur keuangan yang baik akan membantu kamu mempersiapkan berbagai kondisi tidak terduga seperti pandemi yang saat ini sedang kita hadapi.

Supaya kamu bisa mempersiapkan keuangan kamu dengan baik, yuk simak tips dan cara mengatur keuangan yang baik di bawah ini.


Table of Content


Mengatur Keuangan Pribadi dengan Baik di Masa Pandemi

Mengatur keuangan pribadi adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang karena kita harus bisa menyusun strategi jangka panjang terhadap uang yang kamu terima.

Dalam mengatur keuangan pribadi, kita bisa mulai dengan melakukan pencatatan yang baik terhadap cash flow anda untuk melacak berbagai pemasukan dan pengeluaran. Pencatatan cash flow yang baik menjadi salah satu langkah awal yang akan sangat membantu anda mengatur keuangan pribadi.

Hal ini sering kali dilupakan karena banyak orang berpikir mengatur keuangan dengan baik hanya perlukan untuk uang dalam skala besar sehingga banyak orang tidak mengatur keuangan pribadi mereka dengan baik.

Padahal orang dengan gaji UMR perlu mengatur uang dengan baik agar mereka bisa mencapai berbagai tujuan keuangan jangka panjang mereka.

Selain itu, pengaturan uang yang baik membantu anda membangun pondasi keuangan yang kokoh saat menghadapi berbagai kondisi tidak terduga.

Selama masa pandemi, pasti banyak orang kesulitan mengatur uang pribadi mereka karena berbagai perubahan kondisi yang membuat keuangan mereka pun menjadi sedikit terganggu seperti jumlah pemasukkan yang berkurang dan berbagai pengeluaran baru yang harus mereka siapkan.

Oleh sebab itu, pandemi memberikan banyak pembelajaran baru bagi orang-orang untuk mengatur keuangan mereka dengan baik sehingga mereka siap menghadapi kondisi tidak terduga seperti saat ini. Hal ini membuat pandemi menjadi titik balik yang membuat banyak orang mulai sadar pentingnya mengatur uang dengan baik

Selama pandemi, impulsive buying adalah hal yang sangat penting untuk diwaspadai karena kemudahan belanja secara online sering membuat kita tidak berpikir panjang saat membeli sesuatu sehingga banyak pengeluaran tidak selama masa pandemi.

Dalam mengatur keuangan pribadi, konsep 50-30-20 merupakan salah satu cara mengatur uang yang populer dan mudah diterapkan oleh banyak barang. Karena itu, mari kita bahas konsep 50-30-20 dalam mengatur keuangan.

Mengenal Apa Itu Konsep 50-30-20 dalam Mengatur Keuangan

Konsep 50-30-20 adalah salah satu cara mengatur keuangan yang sangat mudah dipahami terutama untuk kamu yang memiliki penghasilan tetap setiap bulannya dan ingin mulai menyusun keuangan jangka panjang.

Dalam konsep ini, kamu harus membagi penghasilan kamu ke dalam tiga kelompok dengan persentase yang 50%, 30%, dan 20% agar kamu mudah membagi-bagi uang sesuai dengan keperluan anda.

Penggunaan konsep ini mengelompokkan uang anda ke dalam tiga kategori yaitu kebutuhan pokok sebanyak 50%, hiburan 30%, serta tabungan/investasi sebanyak 20% dari penghasilan yang didapatkan.

Artinya 50% penghasilan harus kita sisihkan untuk berbagai kebutuhan dasar, lalu 30% kita pakai untuk berbagai kebutuhan lain di luar kebutuhan pokok seperti membeli barang hobi/ liburan agar kita bisa menyegarkan pikiran kita.

Hal ini penting agar kita tahu skala prioritas kita saat akan membelanjakan uang yang kita miliki di mana hal ini sering kali dilupakan sehingga banyak orang menghadapi kesulitan keuangan.

Terakhir, 20% penghasilan harus disisihkan untuk tabungan dana darurat atau investasi agar kita memiliki persiapan untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga di masa mendatang. Selain itu, investasi merupakan salah satu hal yang harus anda persiapkan untuk mencapai berbagai tujuan keuangan anda di masa mendatang karena menabung saja tidak cukup untuk menghadapi hal tersebut.

Akan tetapi, porsi ini sebenarnya tidak baku karena kamu bisa saja memperkecil budget hiburan dan memperbesar budget investasi yang lebih bermanfaat untuk keuangan jangka panjang kamu.

Karena kita perlu menahan keinginan sesaat untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar di masa mendatang.

Berikutnya mari kita bahas bagaimana tips mengatur keuangan yang baik untuk kamu yang masih pemula.

Tips Mengatur Keuangan yang Baik

Apabila kamu belum pernah mengatur keuangan sebelumnya, kamu pasti bertanya-tanya bukan bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dan benar? Karena itu, berikut tips mengatur keuangan yang bisa kamu ikut.

1. Menyusun Tujuan Finansial

Agar uang anda dikelola secara lebih optimal dan terarah, anda harus menentukan tujuan finansial yang ingin anda capai di awal. Jika diibaratkan dalam kehidupan sehari-hari, apabila sudah tau tujuan wisata yang ingin anda capai di awal anda tentu lebih mudah menentukan moda transportasi dan jalur mana yang akan dilewati tanpa harus tersesat terlebih dahulu.

Karena itu, anda harus menyusun rencana keuangan jangka panjang dan pendek agar bisa menyusun strategi pengelolaan yang optimal.

Hal paling mudah adalah dengan memproyeksikan kondisi seperti apa yang anda inginkan di 10 tahun mendatang sehingga anda tahu apa saja yang harus anda lakukan untuk mencapai hal tersebut.

Apabila ingin tinggal di rumah sendiri, anda harus menghitung berapa kira-kira dana yang harus anda siapkan untuk memiliki properti tersebut.

2. Mulai Pencatatan Keuangan dengan Baik

Salah satu langkah awal mengatur uang dengan baik adalah dengan pencatatan keuangan dengan baik. Mencatat keuangan dengan baik akan membantu anda melacak setiap transaksi yang anda lakukan sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi untuk keputusan anda di masa mendatang.

Mencatat keuangan dengan baik akan membuat anda lebih mudah menyusun rencana keuangan di masa mendatang karena anda akan tahu pengeluaran mana yang bisa ditekan dan digunakan untuk kepentingan lain yang bisa menghasilkan anda keuntungan.

Hal ini juga membantu anda mengambil keputusan keuangan yang lebih baik sehingga anda bisa mulai mengurangi gaya hidup konsumtif dan mulai mengalokasikan dana yang anda ke hal lain yang dapat membantu mengembangkan uang yang anda miliki dengan cepat.

3. Siapkan Dana Darurat

Dana darurat merupakan dana yang harus anda siapkan untuk kondisi yang tidak terduga seperti saat jatuh sakit, kendaraan yang rusak, atau hal yang tidak terduga lainnya. Dana darurat merupakan tabungan mendasar yang harus disiapkan oleh setiap orang karena kita sulit menghadapi berbagai kondisi ke depan.

Contoh nyatanya adalah pandemi saat ini yang dapat mengganggu perekonomian anda. Untuk jumlah sendiri dana darurat tidak memiliki nilai yang baku, biasanya dihitung dengan kalkulasi kebutuhan pokok anda selama 6 bulan ke depan agar anda tidak mengalami kesulitan kalau terjadi hal-hal tidak terduga.

4. Siapkan Asuransi

Selain dana darurat, asuransi merupakan hal penting yang perlu disiapkan untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak terduga karena dengan asuransi kondisi keuangan anda tidak akan terganggu karena berbagai kondisi yang tidak terduga seperti sakit yang tidak terduga dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi.

Namun dalam hal ini  penting bagi anda untuk memilih asuransi terpercaya yang bisa menanggung berbagai kondisi serta sistem pencairan yang cepat.

5. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Berikutnya, langkah awal untuk pengelolaan uang yang lebih baik adalah dengan mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan sehingga kita bisa melacak pergerakan dari uang kita.

Hal ini ditujukan untuk melihat arus kas atau cash flow sehingga kita bisa menganalisis apakah kita sudah mengatur uang dengan baik atau belum. Dengan pencatatan yang baik, kita jadi paham hal-hal apa saja yang perlu kita optimalkan agar kondisi keuangan kita bisa menjadi lebih baik.

6. Miliki Beberapa Rekening Tabungan

Agar anda lebih mudah mengatur keuangan, sebaiknya anda membuat rekening terpisah untuk uang yang anda miliki agar tidak tercampur dan tanpa sadar terpakai. Buat beberapa rekening sesuai dengan rencana keuangan anda.

Misal satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, satu lagi untuk kebutuhan hiburan dan satu lagi rekening khusus untuk menyimpan dana darurat dan investasi yang anda lakukan. Dengan begitu anda bisa memperkecil kemungkinan dana tabungan anda tercampur dan terpakai untuk hal-hal lain

7. Mulailah Belajar Investasi Secara Bertahap

Setelah anda bisa mengelola keuangan dengan baik, tidak ada salahnya anda mulai melakukan investasi ke dalam berbagai instrumen yang tersedia di pasaran. Investasi akan merupakan cara yang baik untuk menyimpan dana yang anda miliki dalam jangka panjang dibandingkan sekedar menabung yang nilai uang anda bisa menurun karena dipengaruhi inflasi dari waktu ke waktu.

Anda bisa mulai dengan investasi dengan risiko rendah dahulu seperti reksa dana atau equity crowdfunding yang memiliki risiko dengan dan memiliki potensi keuntungan dalam jangka panjang. Apabila anda sudah paham dan bisa menerima risiko investasi yang lebih tinggi anda bisa mulai belajar investasi di pasar modal atau instrumen investasi lain dengan risiko yang lebih tinggi lagi.

Memulai Investasi

Apabila anda sudah bisa mengelola uang dengan baik, anda tidak boleh lupa menyusun juga rencana investasi berdasarkan rencana finansial anda.

Apabila anda sudah berhasil menabung untuk dana darurat, maka anda harus mulai memilih instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko anda.

Karena saat ini tersedia banyak sekali instrumen investasi maka anda bisa harus melakukan analisis untuk menemukan instrumen terbaik untuk rencana jangka panjang dan pendek anda.

Investasi bisnis merupakan salah satu pilihan yang bisa anda coba karena investasi ini bisa memberikan anda passive income berupa dividen yang akan didapatkan sesuai keuntungan dari bisnis yang anda danai.

Hal ini akan membuat uang yang anda miliki bisa berkembang dengan lebih cepat. Apabila anda tertarik, anda bisa memilih berbagai bisnis dengan potensi menjanjikan dengan mengunjungi laman LandX.

Yuk Temukan Bisnis Menjanjikan dengan Keuntungan Terbaik di LandX

patungan bisnis melalui skema equity crowdfunding bareng landx

Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Update Terbaru Seputar Investasi


Baca Juga:


#YukPatunganBisnis #LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding #SecuritiesCrowdfunding   #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha