Properti merupakan salah satu instrumen yang paling diminati oleh investor. Sudah banyak inverstor yang sudah melakukan bisnis properti dan memperoleh keuntungan. Lalu, peluang apa yang didapatkan dari investasi properti?

Lalu, cara memilih investasi properti dan strategi apa yang bisa Anda lakukan dalam dunia bisnis properti? Pada kesempatan kali ini kami membagikan ulasan langkah melakukan investasi properti terbaik.

Berbicara investasi sudah pasti terdapat sumber dana, yang sebagian besar banyak orang berpikir bahwa bank adalah sumber dana alternatif. Sumber dana melalui cara menabung memang agak susah-susah gampang.

Ketika ingin berinvestasi properti, tentu sangat lumrah menggunakan dana simpanan yang telah Anda tabung beberapa waktu ini. Jika dana yang Anda kumpulkan belum cukup, Anda bisa mencari pilihan dengan bergabung dalam equity crowdfunding. Seperti yang ditawarkan oleh LandX.

Langkah Menentukan Investasi Properti Terbaik

Selain itu, Anda bisa menggunakan cara pembiayaan dari para penjual atau financing by seller/owner. Cara ini memang terdengar tidak lazim. Pada dasarnya, untuk memperoleh properti, pembeli harus memberikan uang kepada penjual, tetapi cara ini malah terbalik.

Anda harus melakukan negosiasi tentang prosedur pembayaran serta jangka waktu yang diberikan. Makin lama waktu yang disepakati, maka makin lebih baik.

Sesudah melakukan negosiasi, Anda bisa membuat akta pengikatan jual-beli serta surat kuasa jual-beli. Surat kuasa merupakan data yang bisa digunakan secara legal di mata hukum bila sewaktu-waktu Anda ingin menjualnya, meski belum lunas.

Misalnya, jika Anda mengincar sebuah properti, Anda bernegosiasi dengan pemilik untuk membeli properti tersebut melalui mekanisme cicilan selama sekian tahun. Inilah yang dikatakan financing by owner.

Anda bisa meminta bantuan dari IMF. IMF di sini bukan merupakan lembaga internasional yang memberikan dana bantuan ke Indonesia ketika krisis tahun 1998, melainkan Istri, Mertua, dan Famili. Orang-orang dekat mempunyai dana yang bisa saja lebih banyak dan bisa Anda gunakan untuk berkecimpung di dunia investasi.

Namun, sebelum meminjam dana, sebaiknya Anda harus meyakinkan mereka terlebih dahulu kalau investasi yang Anda ambil mempunyai prospek besar dan Anda bisa mengembalikan dana pinjaman. Pastikan juga mereka mendapatkan keuntungan dari investasi properti yang Anda lakukan. Jika sudah begitu, maka Anda akan mudah membuat keputusan dalam melakukan investasi properti.

Selanjutnya, Anda bisa menjalin kerja sama dengan kawan bisnis. Sebaiknya Anda mengumpulkan dana untuk berinvestasi dengan mengajak kawan atau saudara dengan minat yang serupa untuk diajak berinvestasi.

Kawan bisnis bisa dijadikan sebagai sumber dana talangan, terlebih ketika memiliki jaringan pertemanan yang banyak luas, pasti mendapatkan modal pemasukan yang banyak. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah meyakinkan mereka dan tetap memberikan keuntungan sendiri.

Langkah mudah yang bisa Anda lakukan adalah memperoleh dana dari kawan bisnis untuk membayar Down Payment (DP) atau uang muka karena jumlahnya cukup kecil. Sisanya, Anda bisa menambahkan dengan memakai jasa bank.

Mungkin saja sekarang Anda belum mendapatkan bantuan dari kawan bisnis, namun ketika berinvestasi properti mendapatkan hasil besar, maka Anda perlu menggalang konsorium.

Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membuka jaringan koneksi dan pertemanan sebanyak-banyaknya dan menggali pengetahuan serta kemampuan kalau mendapatkan proyek investasi properti.

Sesudah menjalankan tips-tips di atas, Anda bisa mengunjungi website LandX sebagai platform yang berkecimpung di dunia investasi properti. Anda bisa melakukan investasi properti dengan sistem equity crowdfunding atau patungan dengan berbagai pihak sebagai solusi bila dana Anda terbatas. Dengan melakukan, investasi properti terbaik yang telah dianalisa di LandX diharapkan Anda akan mendapatkan keuntungan besar.