menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Yuk Pahami Pengertian dan Cara Menyusun Strategi Pemasaran

Tuesday, 10 May 2022

Read in 5 minutes

Yuk pahami apa itu strategi pemasaran dan tujuan strategi pemasaran untuk bisnis jangka panjang anda

Yuk pahami apa itu strategi pemasaran dan strategi promosi yang meruipakan bagian penting yang anda pikirkan saat membangun bisnis.

Setiap perusahaan perlu memasarkan produk dan layanannya untuk dapat menjualnya, kegiatan inilah disebut sebagai pemasaran. 

Strategi pemasaran adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa. Ini adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan mereka.

Dalam artikel ini, LandX akan bahan strategi marketing apa yang dapat dilakukan oleh bisnis kecil dan dapat diterapkan jangka panjang. Namun, sebelumnya yuk pahami dulu apa itu marketing.

Apa Itu Marketing

Marketing adalah kegiatan menghubungkan perusahaan dengan pelanggan potensial lalu menghubungkannya ke produk Anda. Marketing akan mengharuskan Anda memahami kebutuhan pelanggan, menerjemahkan kebutuhan tersebut ke dalam produk dan layanan.

Dengan strategi marketing juga konsep pengemasan dan penetapan harga produk dapat dilakukan agar dapat mengundang konsumen potensial untuk membeli produk Anda. 

Ringkasnya, marketing adalah keseluruhan siklus dari mengidentifikasi pelanggan potensial hingga memuaskan kebutuhan pelanggan tersebut dengan produk yang Anda hasilkan.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan perusahaan dengan memahami kebutuhan pelanggan. Strategi pemasaran dieksekusi untuk menciptakan keunggulan kompetitif agar perusahaan dapat tampil berbeda dan berkelanjutan. 

Strategi pemasaran (strategi marketing) mencakup dari awal pemilik bisnis menentukan siapa pelanggannya hingga melakukan strategi promosi di channel yang tepat.

Dengan strategi pemasaran, Anda dapat menentukan bagaimana perusahaan memposisikan dirinya di pasar. Termasuk menentukan jenis produk yang akan didistribusikan, mitra strategis yang perlu dijalin, dan strategi jenis promosi dan iklan digital yang perlu dilakukan.

Memiliki rencana strategi marketing sangat penting untuk keberhasilan bisnis jenis apa pun. Strategi marketing sangat penting terutama disaat pembentukan awal bisnis agar dapat bertahan jangka panjang. 

Baca terus untuk mempelajari cara membuat strategi marketing bagi perusahaan Anda.

Strategi Marketing Untuk Bisnis Kecil-Menengah

Mari mengingat kembali konsep awal untuk dapat merumuskan strategi marketing, yaitu memahami tujuan perusahaan, target konsumen, serta apa yang membuat produk Anda spesial.

Ada banyak strategi pemasaran yang mencakup kegiatan promosi langsung kepada konsumen secara offline maupun online melalui digital marketing. Strategi pemasaran paling populer yang dapat diterapkan pada pengembangan awal bisnis yaitu marketing mix.

Marketing mix adalah gabungan tindakan yang dapat diterapkan bisnis untuk dapat menghasilkan respon terbaik target market.  Berikut penjelasan marketing mix yang juga dikenal sebagai 7P:

  1. Product – how you satisfy customer needs 

Variabel marketing mix jenis produk berbicara mengenai cara memuaskan konsumen dengan mengembangkan produk dan layanan yang dibutuhkan. Anda dapat mengembangkan dari sisi desain, kegunaan, kenyamanan, value layanan, kualitas, hingga garansi produk. 

  1. Price – how much customers are willing to pay for your product

Ada beberapa pendekatan untuk Anda menentukan harga produk atau layanan yang ditawarkan. 

  • strategi cost-plus pricing, berupa penetapan harga jual yang telah ditambah persentase laba yang diharapkan. 
  • Strategi consumer-led pricing yaitu penetapan harga produk berdasar nilai yang dianggap adil oleh suatu basis konsumen. Contoh: harga diwaktu peak season (weekend/liburan) bersedia dibayar mahal dan dianggap normal oleh konsumen dibanding hari biasa.
  • Strategi competitve pricing adalah menetapkan harga produk yang kompetitif terhadap pesaing.
  • Strategy penetration pricing dapat diterapkan ketika Anda ingin meraih market share di target lokasi pasar baru dengan menawarkan harga yang rendah. Kemudian secara perlahan menaikkan harga menjadi normal.
  • Strategi skimming pricing yaitu kebalikan dari penetration pricing. Skimming pricing adalah penetapan harga produk di awal dengan harga tinggi. Kemudian secara perlahan harga turun karena life-cycle produk yang berkurang seiring waktu.
    Skimming pricing biasa diterapkan oleh perusahaan yang menawarkan produk teknologi seperti handphone, komputer, laptop dan lainnya. Contoh skimming pricing nampak pada harga produk Apple saat peluncuran produk baru.
  • Strategi premium pricing adalah penetapan harga yang tinggi yang merefleksikan produk bernilai tinggi juga. Seperti harga produk pada brand luxury fashion.
  • Strategi economy pricing adalah menetapkan harga layanan dan produk dengan harga bersahabat atau rendah karena biaya produksi yang juga rendah. Biasanya akan terlihat pada produk-produk yang masuk supermarket dan  obat-obat kategori umum digunakan.
  1. Promotion – which channels you use to tell customers about your product 

Channel promosi adalah bagaimana target konsumen dapat menemukan produk Anda. Melakukan promosi kegiatan iklan di TV/radio, atau secara online melalui fitur iklan Google, fitur iklan konten di media sosial (YouTube, FaceBook, TikTok, WhatsApp, Instagram). 

Anda juga dapat menjalin relasi dengan kolaborasi dan promosi di podcast atau YouTube KOL(contoh: influencer), sponsorship sebuah kegiatan untuk mendapat exposure, direct mail dan lainnya.

  1. Place – where you sell your product 

Dengan produk yang Anda tawarkan, akan cocok promosi di mana? Terdapat berbagai jenis tempat untuk Anda dapat menaruh produk untuk dijual. Mulai dari menjual secara grosir, membuka toko sendiri, menjual langsung dengan mendatangi satu per satu target pasar, atau hanya lewat penjualan online. 

  1. People – individuals who help sell your product to customers 

People adalah orang-orang yang terlibat kegiatan penjualan produk kepada konsumen. Mereka dapat dimulai dari seluruh elemen karyawan perusahaan Anda, sehingga perlakukanlah tim Anda dengan baik.

  1. Packaging – how you present your product to the customer 

Packaging dalam marketing mix adalah bentuk nyata (physical evidence) yang dapat dilihat oleh konsumen. Packaging dapat berupa kemasan produk, tanda terima kwitansi, toko atau kantor perusahaan Anda, atau situs website dan logo bisnis.

  1. Process – how you deliver your product to customers

Proses mencakup kegiatan distribusi produk hingga sampai ke tangan konsumen. Merancang alur distribusi dan mekanisme pengiriman yang aman dengan quality assurance dan quality management.

Sejatinya terdapat 2 jenis marketing mix yaitu 7P dan 4P. Marketing mix 4P lebih didesain untuk strategi pemasaran produk, namun tidak fleksibel pada bisnis yang menawarkan service. 

Sedangkan marketing mix 7P dapat membantu perusahaan untuk me-review dan menentukan isu-isu utama yang mempengaruhi pemasaran produk dan layanannya. Marketing mix 7P juga dapat dijadikan framework untuk promosi digital marketing.

Penutup

Bukti penerapan strategi marketing dapat Anda lihat pada perusahaan favorit Anda yang masih beroperasi hingga hari ini. Bahkan perusahaan yang Anda senangi tersebut dapat melakukan ekspansi dengan menambah outlet baru di berbagai lokasi.

Seperti perusahaan yang sedang melakukan strategi ekspansi dengan berkolaborasi di LandX. LandX adalah platform equity crowdfunding yang membuat masyarakat dapat membantu bisnis melakukan ekspansi melalui kegiatan investasi. 

Setiap bisnis atau perusahaan yang hadir di LandX telah terbukti melakukan poin penting marketing berupa memahami kebutuhan konsumen dengan menghadirkan produk yang dibutuhkan. 

Selain produk yang dihadirkan dapat dibutuhkan dan disenangi konsumen, bisnis yang hadir di LandX juga berusaha menjangkau pasar (reach market) lebih banyak dengan melakukan penambahan outlet di lokasi strategis.

Setiap outlet baru yang akan dibuka pemilik bisnis di LandX, juga dapat dimiliki setiap masyarakat Indonesia. Caranya dengan membeli kepemilikan saham yang ditawarkan melalui aplikasi LandX. Dengan modal minim, kamu dapat memiliki ownership perusahaan sekaligus menjadi investor yang terima keuntungan rutin.

Karena itu,

Yuk, terima keuntungan rutin dengan jadi investor bisnis melalui aplikasi LandX!

[miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang ](https://landx.id/project/?utm_source=Blog&utm_medium=organic+keyword&utm_campaign=blog&utm_id=Blog)[](https://landx.id/project/?utm_source=Blog&utm_medium=organic+keyword&utm_campaign=blog&utm_id=Blog)

Baca Juga