The Fed adalah singkatan dari The Federal Reserve System yang merupakan Bank Sentral Amerika Serikat. Sebagai Bank Sentral AS, The Fed menerapkan berbagai kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas ekonomi di AS.

Akan tetapi, sebagai Bank Sentral Amerika yang mata uangnya digunakan masyarakat luas di seluruh dunia, kebijakan The Fed memiliki pengaruh besar terhadap perekonomian global.

Oleh sebab itu, bank sentral ini memiliki pengaruh signifikan terhadap kondisi perekonomian negara-negara lain.

Lebih jelasnya, mari kita bahas lebih lanjut tentang apa itu The Fed dan berbagai kebijakan The Fed yang mempengaruhi perekonomian global.


Table of Content


The Fed Adalah

The Fed adalah Bank Sentral AS yang merupakan salah satu bank tertua yang di dunia yang telah berdiri sejak tahun 1913 melalui kongres.

The Fed adalah Bank Sentral yang Independen sehingga berbagai kebijakan yang mereka ambil tidak membutuhkan izin dari pemerintahan AS. walaupun begitu, kinerja The Fed akan dievaluasi secara berkala melalui kongres.

Bank ini terbentuk karena kepanikan atas krisis keuangan yang terjadi di Amerika pada tahun 1907 sehingga sekelompok orang melakukan pertemuan rahasia pada tahun 1910 untuk membahas reformasi sistem perbankan negara akan krisis ini dapat diselesaikan.


Bank ini terdiri dari 3 entitas utama yaitu dewan gubernur (Board of Governors), 12 bank sentral regional (Federal Reserve Banks), dan komite pasar terbuka federal.

Bank sentral ini memiliki tugas untuk mengambil berbagai kebijakan moneter mengatur suku bunga, menyediakan layanan keuangan, dan berbagai kebijakan lain untuk menjaga stabilitas moneter suatu negara.

Mengenal Entitas Utama dalam The Fed

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, The memiliki 3 entitas utama yaitu dewan gubernur, 12 bank federal reserve, dan komite pasar terbuka federal. Supaya lebih paham lagi, mari kita bahas satu persatu entitas utama dalam The Fed ini.

Dewan Gubernur

Dewan gubernur merupakan entitas dengan jabatan paling tinggi di The Fed, lembaga ini berbentuk lembaga pemerintah pusat yang bersifat independen.

Tujuh anggota dewan yang termasuk ketua dan wakil di dalamnya akan ditunjuk oleh Presiden AS dengan konfirmasi dari Senat AS. Anggota dewan gubernur memiliki masa jabatan 14 tahun sedangkan ketua dan wakilnya memiliki masa jabatan 4 tahun.

Dewan ini memiliki tugas utama sebagai mengontrol dan mengawasi sistem federal reserve yang sedang berjalan hingga saat ini.

12 Bank Federal Reserve

12 Bank Federal Reserve merupakan bank cadangan miliki Federal yang bergerak secara independen namun tetapi diawasi Dewan Gubernur. Bank ini tersebar di berbagai wilayah Amerika seperti New York, Dallas, Atlanta, dan beberapa wilayah lain di Amerika.

Bank federal ini didirikan secara terpisah sehingga mereka memiliki dewan direksi sendiri yang terdiri dari 9 anggota utama. Bank ini memiliki tugas untuk memberikan layanan keuangan utama, memastikan likuiditas pada sistem finansial, dan sekaligus mengawasi dan memeriksa setiap bank anggota untuk memastikan penegakan hukum.

Pada diskusi kebijakan moneter, pemimpin Bank Federal Reserve diharapkan bisa memberikan kontribusi positif dengan bertugas di Komite Pasar Terbuka Federal.

Komite Pasar Terbuka Federal

Entitas ini merupakan bagian paling bawah dari struktur The Fed yang bertugas untuk membuat berbagai kebijakan dan keputusan moneter seperti penetapan suku bunga. Anggota dari entitas ini merupakan gabungan dari dua entitas sebelumnya yang akan berpartisipasi dalam pembuatan berbagai kebijakan  moneter.

Kenapa The Fed Sangat Berpengaruh Terhadap Perekonomian Dunia?

Seperti yang kita tahu, dolar Amerika merupakan mata uang yang digunakan secara global sehingga setiap tindakan yang ambil oleh The Fed mempengaruhi negara-negara lain di seluruh dunia.

Sebagai bank sentral, The Fed menguasai perekonomian dari salah satu negara dengan ekonomi terkuat sehingga setiap kebijakan The Fed akan mempengaruhi negara-negara yang berhubungan dengan Amerika.

Selain itu, berbagai kegiatan ekonomi dan perdagangan internasional biasanya menggunakan mata uang dolar sehingga mata uang ini bisa dikatakan mata uang global yang berperan penting dalam perekonomian internasional.

Karena itu, banyak pasar modal dari negara berkembang seperti Indonesia masih terpengaruh dengan kebijakan The Fed.

Salah satu contohnya adalah kebijakan tapering yang sempat menyebabkan pergolakan di pasar keuangan Indonesia pada beberapa waktu lalu. Hal ini membuktikan bahwa The Fed memiliki andil cukup besar terhadap perekonomian internasional.

Artikel Terkait:

Kesimpulan

Karena kondisi perekonomian sangat dinamis dan sulit untuk diprediksi, maka kita harus punya berbagai persiapan untuk menghadapi kondisi tersebut.

Untuk menghadapi berbagai kondisi tidak terduga, maka kamu perlu menyiapkan dana darurat yang jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan besar kebutuhan bulanan kamu.

Tapi jangan lupa, kamu juga harus menyiapkan investasi terbaik agar uang yang anda miliki dapat terus berkembang dari waktu ke waktu.

Dalam investasi, kamu harus melakukan diversifikasi sebagai strategi untuk memperkecil berbagai risiko yang muncul selama investasi.

Investasi melalui equity crowdfunding bisa menjadi salah satu pilihan investasi menguntungkan yang bisa anda coba. Melalui sistem ini kamu bisa ikut patungan membangun bisnis dan menikmati cash flow rutin dari keuntungan yang dihasilkan bisnis tersebut.

Karena itu, tunggu apa lagi...

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Mau Informasi Terupdate Lain Seputar Investasi dan Keuangan? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id


#PatunganBisnis #LandX.id #landx.id #landx  #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha