Time Value of Money – dari waktu ke waktu, anda tentu sadar bahwa uang yang anda miliki mengalami perubahan nilai. Time value of money merupakan konsep yang menjelaskan bagaimana perubahan nilai uang anda dari waktu ke waktu. Uang 1 juta yang anda miliki sekarang belum tentu bisa membeli hal yang sama pada tahun depan. Hal ini menunjukkan bahwa nilai uang yang anda miliki bergantung dengan waktu.

Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas secara lebih mendalam tentang apa itu time value of money.

Table of Content

Konsep Time Value of Money

Time value of money adalah konsep yang menjelaskan waktu mempengaruhi nilai dari uang. Konsep time value of money menghitung nilai uang berdasarkan waktu. Hal ini sangat penting karena nilai uang yang anda miliki saat ini akan berbeda dengan nilai uang di masa mendatang.

Salah satu faktor utama yang menyebabkan perubahan nilai uang adalah inflasi yang menyebabkan kenaikan harga sehingga menurunkan nilai uang anda. Oleh sebab itu time value of money juga bisa disebut sebagai nilai waktu dari uang yang anda miliki.

Konsep ini menunjukkan bahwa uang dengan jumlah yang sama akan lebih bernilai saat ini dibandingkan dengan masa mendatang, karena uang yang anda terima saat ini memiliki potensi untuk dikembangkan melalui investasi sehingga nilainya bertambah.

Akan tetapi, hal ini belum pasti karena dalam investasi terdapat berbagai risiko yang mungkin membuat anda mengalami kerugian.

Dalam konsep time value of money atau nilai waktu atas uang, investor akan lebih memilih menerima uang hari ini dibandingkan di masa depan apabila dengan nominal yang sama.

Hal ini karena uang yang dimiliki saat apabila diinvestasikan dalam periode tertentu memiliki potensi menghasilkan return seperti bunga.

Manfaat Memahami Time Value of Money

Memahami konsep ini sangat penting agar anda bisa mengambil keputusan keuangan yang lebih baik sehingga bisa memberikan keuntungan.

Menerapkan konsep ini mempermudah anda merencanakan keuangan di masa depan. Secara mendalam, mari kita bahas keuntungan memahami konsep ini dari berbagai sisi.

Bagi investor, konsep ini akan membantu anda membantu anda menganalisis apakah keputusan investasi yang anda ambil menguntungkan atau tidak.

Memahami bahwa nilai uang yang anda miliki akan berubah dari waktu ke waktu akan membantu anda mengambil keputusan keuangan yang lebih optimal.

Hal ini membuat anda bisa membuat rencana keuangan anda menjadi lebih matang dengan memperhatikan berbagai faktor seperti inflasi sehingga nilai uang yang anda miliki dapat terus berkembang.

Dari sisi bisnis, hal penting untuk menyusun rencana keuangan jangka panjang seperti keputusan untuk investasi ke dalam bidang research and development untuk mengembangkan bisnis yang anda miliki.

Oleh sebab itu perusahaan perlu memperhitungkan apakah dana yang mereka investasikan untuk inovasi ini akan memberikan keuntungan di masa mendatang atau tidak.

Selanjutnya, mari kita bahas beberapa formula atau rumus dalam menghitung time value of money.

Menghitung Time Value of Money (TVM)

Dalam konsep ini terdapat beberapa komponen lain yang perlu anda pahami yaitu, present value atau nilai sekarang, future value atau nilai di masa depan, dan suku bunga atau interest. Berikut beberapa perhitungan dari time value of money.

Present & Future Value

Present value merupakan nilai uang yang anda miliki saat ini yang bisa anda investasikan agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar di masa mendatang. Untuk menghitung present value, anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

cara-menghitung-time-value-of-money-untuk-keputusan-investasi-yang-lebih-baik

Keterangan:

Pv:    present value (nilai uang sekarang)

Fv:    future value nilai uang pada tahun ke-n

i:    tingkat suku bunga

n:    periode tahun

Contoh Perhitungan

Anda memiliki uang senilai 20 juta dengan tingkat suku bunga 5% per tahun saat ini. Mari kita hitung berapa nilai uang anda pada 3 tahun mendatang.  

Fv = Pv (1 + i) n

Fv = 20.000.000 (1+0,05)3

Fv = 20.000.000 (1,05)3

Fv = 23.152.500

Artinya di masa depan uang yang anda miliki bisa berkembanga menjadi 23.152.500 dalam periode waktu 3 tahun.

Setelah memahami konsep ini, tentu sekarang anda bisa mengambil berbagai tindakan dengan lebih bijak karena paham mempertimbangan nilai uang dari waktu ke waktu.

Penutup

Setelah paham konsep time value of money diharapkan anda bisa mengambil keputusan lebih baik dalam investasi dan bisnis yang sedang anda jalankan.

Memahami konsep TMV akan sangat bermanfaat untuk memastikan bahwa tindakan yang anda ambil saat ini sudah sesuai dengan tujuan yang ingin anda capai di masa mendatang.

Kini tentu anda semakin paham kriteria bisnis dan investasi seperti apa yang cocok dan menguntungkan anda dalam jangka panjang.

Salah satu instrumen investasi yang wajib anda coba adalah investasi bisnis melalui skema equity crowdfunding. Sistem ini membuat anda bisa melakukan investasi bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang dengan modal kecil. Karena itu…

Yuk Investasi Bisnis di LandX dengan Berbagai Pilihan Bisnis Potensial untuk Investasi Anda

Mau Terus Update Info Seputar Investasi? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id untuk Berbagai Info Terupdate Seputar Investasi

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Artikel Terkait: