Saham merupakan salah satu instrumen pasar modal yang kini semakin terkenal di kalangan masyarakat.

Hal mendorong munculnya banyak investor pemula yang mulai tertarik untuk berinvestasi lewat instrumen saham. Hal ini juga didukung dengan semakin mudahnya akses investasi saham karena kini investor dapat berinvestasi saham dengan cara online.

Saham digemari oleh masyarakat karena dinilai memiliki potensi keuntungan yang tinggi, namun dalam investasi besar keuntungan juga diikuti dengan risiko yang besar juga. Karena itu anda harus berhati-hati dalam berinvestasi lewat instrumen saham.

Selain potensi keuntungan yang besar, saham juga merupakan instrumen investasi yang bisa anda mulai dengan modal kecil karena pasar efek menawarkan anda berbagai jenis saham dengan harga yang bervariasi sehingga bisa anda sesuaikan dengan budget investasi anda.

Untuk investor pemula yang ingin investasi saham, berikut beberapa tips cara investasi saham untuk pemula.

Table of Content

Siapkan Dana Darurat

Banyak investor pemula yang melewatkan bagian penting ini dan memilih langsung berinvestasi.

Menyiapkan dana darurat sebelum investasi sangat penting agar rencana investasi anda tidak bermasalah saat anda memiliki kebutuhan mendesak.

Bayangkan apabila anda harus menjual saham anda pada saat harga sedang turun karena anda tidak memiliki dana darurat untuk menghadapi kondisi tersebut.

Karena itu menyiapkan dana darurat merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum memulai investasi.

Menyiapkan dana darurat ini sangat penting agar anda tidak mengalami kerugian karena harus mencairkan dana dari investasi jangka panjang anda gara-gara kebutuhan mendesak yang tidak terduga.

Bangun Analisis Anda Sendiri

Dalam investasi anda harus membangun analisis anda sendiri dan tidak boleh membeli saham hanya berdasarkan analisis atau saran dari orang lain.

Dalam membeli saham anda sebaiknya menghindari memilih saham hanya berdasarkan spekulasi atau tebak-tebakan semata.

Karena itu saat memutuskan untuk berinvestasi lewat saham anda harus mulai melakukan riset dan analisis sendiri terhadap saham yang anda ingin beli.

Hal ini bisa dimulai dengan melihat rekam jejak perusahaan yang ingin anda beli sahamnya dan bagaimana prospek mereka di masa mendatang.

Selain itu anda perlu memperhatikan bagaimana kondisi keuangan dari perusahaan tersebut dalam beberapa waktu belakangan sebagai salah satu acuan anda dalam memilih sebuah saham.

Komitmen Dalam Investasi

Sukses dalam investasi saham tidak hanya tentang besaran dana yang akan anda keluarkan tapi bagaimana anda berkomitmen untuk terus mengembangkan aset yang anda miliki dalam jangka panjang.

Dalam investasi saham tidak masalah anda mulai dengan nominal kecil setiap bulan nya asalkan anda bisa konsisten untuk terus menabung saham setiap bulan. Anda harus menanamkan prinsip “sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit” pada saat mulai menabung saham.

Selain konsisten menambah aset, anda juga harus berkomitmen untuk terus mempelajari pasar saham agar anda bisa mengambil keputusan yang lebih baik lagi di masa depan.

Konsisten mempelajari pasar modal akan membuat menemukan berbagai peluang saham baru yang bisa memberikan anda keuntungan lebih besar lagi.

Diversifikasi

Diversifikasi merupakan konsep yang harus ditanamkan dalam melakukan investasi. Pasar saham memiliki kondisi yang fluktuatif sehingga anda anda harus mempersiapkan bagaimana cara untuk memperkecil risiko yang timbul dari kondisi ini.

Cara ini merupakan konsep di mana investor harus membagi membagi-bagi investasi mereka ke dalam beberapa jenis saham sehingga memperkecil risiko kerugian yang muncul saat saham yang anda miliki mengalami penurunan.

Hal ini sangat penting untuk menghindari anda mengalami kerugian agar anda tidak perlu menjual saham yang nilainya sedang turun apabila membutuhkan dana karena anda memiliki saham lain yang harganya sedang mengalami kenaikan.

Hal ini sangat penting dilakukan agar anda bisa menjaga stabilitas dari jumlah aset yang anda miliki dan menghindari berbagai potensi kerugian yang muncul. Dalam hal ini anda bisa mulai dengan memilih saham dari sektor bisnis yang bervariasi.  

Investasi Jangka Panjang

Dalam investasi saham, anda harus mulai berpikir jauh ke depan sehingga memikirkan investasi anda dalam jangka panjang.

Sebagai investor pemula saham blue-chip bisa menjadi pilihan saham untuk investasi jangka panjang anda karena memiliki nilai yang lebih stabil sehingga bisa memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang.

Selain itu saham blue-chip biasanya merupakan bisnis dengan kapitalisasi tinggi di pasaran sehingga sudah familiar dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu sebagai investor pemula anda bisa mulai dengan saham-saham blue-chip yang bisa membantu mengembangkan investasi jangka panjang anda.

Hanya Dengan 1 Juta Kini Anda Bisa Menjadi Investor di Berbagai Bisnis Potensial di Sekitar Anda Bersama LandX

LandX sebagai platform equity crowdfunding memberikan anda pilihan bisnis potensial untuk investasi anda.

Yuk mulai investasi sekarang.


Baca Juga:


Mau Info Terkait Saham dan Keuangan Lainnya? Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

‌#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha