menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Tips dan Strategi Investasi Kos Kosan untuk Pemula

Monday, 15 Aug 2022

Read in 7 minutes

Author: Abdul Wahhab

Yuk simak tips investasi kos kosan modal kecil untuk pemula

Apakah anda pernah tinggal di kost?

Bayangkan berapa banyak kamar yang ada di sebuah kos kosan, dan berapa banyak uang yang dapat dihasilkan oleh pemilik kos kosan dalam satu bulan? Prospek investasi di kos kosan memang menjanjikan.

Karena seiring berjalannya waktu, bisnis ini akan semakin meningkat dari tahun ke tahun. Selain itu, karena relatif lebih murah dibandingkan menyewa maka permintaan akan sewa juga tinggi.

Bagi mahasiswa dan pekerja kantoran yang belum menikah, tinggal di kost merupakan solusi ideal untuk menentukan tempat tinggal mereka.


Tips Dan Strategi Investasi Kos Kosan

Saat memulai bisnis, Anda perlu menerapkan berbagai strategi agar bisnis ini bisa berjalan dengan baik dan sukses. Ada beberapa strategi yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan kinerja investasi kos kosan, antara lain:

1. Gunakan Layanan Manajemen

Jasa manajemen adalah biro jasa yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis khususnya kos. Dengan menggunakan jasa manajemen akan membantu Anda dalam mengkoordinir bisnis kos kosan.

Mulai dari menentukan lokasi strategis, menghitung tarif bulanan yang benar, memilih furniture dan interior, hingga fasilitas penunjang lainnya. Penggunaan jasa manajemen kos kosan juga dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga untuk membuat konsep desain bisnis Anda.

Anda hanya perlu mempertimbangkan gambar-gambar kos kosan yang Anda butuhkan, dan jasa pengurus kos kosan akan membantu Anda merancang konsep tersebut secara profesional. Oleh karena itu, bisnis investasi kos kosan yang akan Anda jalani akan berhasil mencapai tujuannya.

Layanan manajemen kost tidak hanya membantu merancang konsep bisnis dari awal, tetapi juga memantau proses bisnis Anda. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh bisnis investasi kost Anda. Tapi untuk pemula, ada cara yang lebih mudah yaitu dengan melakukan crowdfunding properti kost sehingga kostan anda akan ditangani oleh manajemen profesional dan hanya anda perlu ribet mengurus kost anda.

2. Siapkan Modal

Modal adalah salah satu senjata para pengusaha. Kualitas bisnis Anda mungkin dipengaruhi oleh dana yang Anda miliki. Untuk itu, siapkan dana yang cukup agar bisnis bisa berkembang sesuai harapan.

Jika dana yang anda memang belum cukup, anda bisa membelinya dengan metode crowdfunding karena anda bisa membeli bagian dari properti kostan menyesuaikan modal yang anda miliki. Tentunya melalui perencanaan dan perhitungan yang bijak, dapat dipastikan bisnis perusahaan kost ini akan mendatangkan keuntungan yang lumayan besar.

Namun, jika Anda benar-benar tidak punya banyak uang, Anda dapat memilih lewat Crowdfunding. Crowdfunding yaitu bisnis patungan dengan investor lain.

3. Bentuk Tim yang Solid

Perusahaan yang sukses harus memiliki tim yang kuat. Di awal, Anda harus mengembangkan konsep bisnis yang matang dan maksimal. Dalam bisnis kost, pemilik kos harus mampu berkoordinasi dengan baik dengan tim agar usahanya bisa berjalan normal.

Meski bisnisnya baru dan masih kecil, tetap harus dikoordinasikan secara profesional. Tentukan siapa yang akan terlibat dalam menjalankan bisnis ini. Siapa yang mengelola aktivitas promosi, mengelola keuangan, mengatur fasilitas dan peralatan, layanan manajemen dan kebutuhan manajerial lain.

Dalam investasi kos kosan yang dikelola dengan profesional, tentu akan memberikan hasil yang profesional begitu pula sebaliknya. Poin ini bisa menjadi lebih mudah dengan adanya platform crowdfunding yang akan memberikan anda pilihan properti yang sudah ditangani oleh profesional.

4. Strategi Promosi

Guna mendapatkan hasil terbaik dari bisnis kos, salah satunya adalah promosi. Tidak hanya promosi saja, tetapi juga promosi profesional yang bertujuan memajukan bisnis anda untuk keuntungan jangka panjang. Ini akan meningkatkan nilai jual kost Anda.

Kegiatan promosi yang bisa Anda lakukan adalah merancang desain yang menarik untuk alat promosi yang Anda miliki. Jika Anda memiliki modal yang cukup, tidak ada salahnya mempromosikan penjualan dengan memasang iklan berukuran besar di beberapa sudut jalan boks lampu neon.

Tidak hanya itu, alat promosi lainnya (seperti stiker yang bisa dipasang di beberapa lokasi penting) juga bisa membantu calon penyewa menemukan kos-kosan yang Anda kelola. Desain yang menarik dan uraian yang jelas dan detail dari setiap gambar akan semakin meyakinkan calon pelanggan yang akan menggunakan kost tersebut.

5. Persiapkan Izin Bangunan

Mengizinkan pembangunan gedung untuk usaha kos kosan adalah penting dan krusial. Jangan pernah menerima ini begitu saja. Selesaikan semua urusan manajemen yang diperlukan agar tidak menghalangi operasional bisnis dan mengurangi risiko terjadinya hal-hal yang tidak perlu dalam jangka panjang.

Dalam crowdfunding properti, anda tidak perlu ribet mengurus hal seperti ini karena platform crowdfunding akan membantu anda menyeleksi properti dengan perizinan lengkap sebelum ditawarkan kepada para investor. jadi anda tidak perlu pusing lagi memikirkan perizinan dari kostan yang anda miliki.

6. Arahkan ke Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis dan tujuan yang tepat akan menentukan arah bisnis kos. Gambar peta dan selidiki lokasi tempat Anda akan pilih. Lokasi yang dekat dengan banyak fasilitas umum, seperti sekolah, kampus, perkantoran atau bandara, akan memudahkan Anda mencari penyewa.

Lokasi yang kurang strategis akan memperlambat pencarian penyewa. Jika ini terjadi, maka Anda harus menilai kembali kendala yang Anda temui dalam menjalankan bisnis. Kembangkan strategi pemasaran untuk menarik penyewa potensial untuk melihat-lihat rumah kos Anda. Banyak pebisnis keliru menemukan dan menentukan lokasi yang strategis yang akan dibangun, maka sulit bagi mereka untuk mencari penyewa.

Oleh karena itu, mencari lokasi yang strategis merupakan salah satu syarat penting pendirian rumah kos.


Prospek Bisnis Kosan Selama Resesi 2022

Bisnis kos-kosan identik dengan kebutuhan akan tempat tinggal sehingga menjadi bagian dari kebutuhan primer bagi masyarakat. Walaupun bendungan resesi yang semakin meluap seperti tidak dapat dihalangi, prospek jangka panjang bisnis kosan masih baik untuk Anda amati.

Berikut tips memiliki properti kosan selama pandemi dan resesi

  • Lokasi - utamanya penting untuk memperhatikan penentuan lokasi seperti dekat sekolah, universitas, atau gedung perkantoran. Karena sebagus apapun sebuah bangunan kosan namun, lokasi yang jauh tentu akan menurunkan minat konsumen.
  • Pelayanan - membuat penyewa betah dengan pelayanan yang baik juga merupakan kunci bisnis kosan dapat bertahan jangka panjang. Suatu manajemen kosan bisa menerima hingga 5 komplain setiap harinya dari penyewa, sehingga respon dan tanggapan cepat penting untuk membuat mereka merasa worth it untuk membayar.
  • Kebersihan - nyaman juga bisa didapatkan dengan menjaga kebersihan. Karena itu, manajemen kebersihan dan aturan jaga kebersihan perlu ditetapkan.
  • Keamanan - memantau kondisi kosan melalui CCTV agar meminimalisir kondisi tidak terduga.
  • Internet - kebijakan wfh yang membuat waktu yang dihabiskan di kosan lebih banyak tentu memerlukan kecepatan internet yang maksimal agar penyewa betah.
  • Ruang Terbuka -  tidak hanya menyediakan kamar, namun menyediakan ruang terbuka untuk menyambut tamu, nongkrong, atau sekedar melihat cahaya matahari langsung.

Pada kala pelik pandemi semua bisnis kosan terkena dampak sehingga banyak kamar kosong hingga lebih dari 20%. Sebagai mitigasi para pemilik bisnis kosan menawarkan diskon menarik seperti potongan harga di awal pandemi, subsidi tambahan jika sudah vaksin, hingga bonus ketika penyewa dapat membawa teman sebagai penyewa baru. Hal ini dapat Anda terapkan juga selama perkiraan resesi 2022.

Selain itu, jika Anda sudah yakin untuk investasi properti maka hal penting yang harus diingat adalah jangan berharap langsung cuan. Ketahui dan pelajari risiko bisnis properti seperti kosan, karena setiap investasi pasti ada risikonya. Menghitung proyeksi keuntungan tentu penting dilakukan namun jangan dijadikan patokan utama.


Baca Juga:

LandX Crowdfunding: Pilihan Investasi Properti Minim Modal

Crowdfunding juga bisa dikatakan penggalangan dana berskala besar, atau joint venture yang menyediakan dana untuk proyek tertentu. Singkatnya, investasi kos kosan atau properti online melalui LandX dapat diartikan sebagai aktivitas investasi yang menggunakan sistem joint venture sehingga memiliki modal yang lebih sedikit.

Anda yang ingin menggalang dana untuk investasi properti bisa memulai dengan mengumpulkan dana yang bisa membeli sebagian kecil dari nilai real estate atau properti yang akan anda investasikan.

Contoh, Anda memiliki dana RP5.000.000.

Oleh karena itu, Anda dapat menginvestasikan nilai dan tersebut di sektor real estate. Jika sistem crowdfunding digunakan, anda sudah bisa menjadi bagian dari real estate yang nilainya 500 juta. Untuk itu, Anda hanya perlu mencari penyedia layanan investasi crowdfunding yang profesional dan andal.

Penting untuk diingat bahwa Anda tidak memiliki kepemilikan penuh atas properti tersebut. Karena nilai kepemilikan Anda didasarkan pada persentase dari nilai properti secara keseluruhan.

Jadi, apakah investasi crowdfunding ini menguntungkan?

Tentu berpotensi menguntungkan. Karena selain risikonya kecil, ternyata banyak juga orang yang tertarik untuk menyewa. Investor yang berpartisipasi dalam crowdfunding dapat menikmati uang dari pendapatan sewa ini.

LandX adalah platform yang menghubungkan investor dan manajer aset real estate atau properti. Pada platform ini, investor dapat menginvestasikan dana pada proyek real estate atau properti bermodal rendah, dengan investasi minimal Rp 1 juta.

Yuk, jadi bos bisnis dan terima keuntungan rutin di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Yuk Follow @landx.id di Instagram Untuk Berbagai Tips dan Strategi Investasi Lainnya


Baca Juga:


Baca Juga