menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Cara dan Tips Jitu Investasi Uang THR Agar Makin Cuan di 2022

Thursday, 21 Apr 2022

Read in 5 minutes

Yuk simak tios investasi pakai uang THR agar kamu keuangan kamu tetap stabil jangka panjang

Yuk simak bagaimana cara mengatur uang THR untuk investasi agar finansial kamu jadi lebih stabil dan teratur.

Hari Raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi nih, pasti kamu sudah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Uang ekstra yang diberikan bagi kamu untuk berbelanja kebutuhan lebaran.Jangan biarkan uang THR yang kamu dapat pergi ketempat yang salah. Kamu bisa menggunakan uang THR untuk berinvestasi. Biar ngeremnya makin kenceng Landx akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengelola Uang THR.  ekstra uang bagi kamu untuk berbelanja kebutuhan lebaran.

Yuk simak apa itu THR dan cara menginvestasikannya agar uang yang kamu miliki tidak terbuang sia-sia!

Apa itu THR?

THR adalah hak wajib yang dipenuhi perusahaan menjelang hari raya. Adapun untuk tahun 2021, kewajiban THR dituangkan ke dalam Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan No. M/6/HK.04/IV/2021 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan. Melalui aturan tersebut, perusahaan wajib memberi THR kepada pekerja/buruh dengan status apapun minimal tujuh hari sebelum hari raya.

Tips Investasi pakai THR

1. Pisahkan Uang Sesuai Pos Keuangan 

Keuangan yang sehat tergantung dari seberapa baiknya kamu dalam mengatur pengeluaran. Kunci dalam mengatur alokasi pengeluaran itu adalah kamu harus tahu mana pengeluaran yang prioritas dan mana yang tidak. 

Setelah kamu mendapatkan THR usahakan kamu tidak tergiur dengan barang-barang yang diskon. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan setelah mendapatkan Uang THR kamu harus memisahkan uang yang didapat ke setiap pos keuangan yang sudah kamu buat.

Dikutip dari salah satu sumber, kamu bisa mencoba kelola uang dengan sekitar 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk bayar utang (apabila ada) atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen lagi untuk ditabung ataupun investasi.

2. Bayar Tagihan 

Tagihan jadi hal pertama yang dipikirkan setelah menerima pemasukan tambahan berupa THR. Biar tidak menambah beban pikiran kamu bisa menyisihkan uang THR yang didapat untuk membayar tagihan.  Apalagi jika kamu ingin membeli barang, sebelum kamu kalap kamu harus ingat untuk membayar semua tagihan. 

3. Berbagi

Sedekah adalah hal yang paling wajib dilakukan, Hal ini tentu menjadi kewajiban yang harus ditunaikan oleh  beragama Islam ketika menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Utamanya dalam bentuk zakat fitrah. Standar zakat fitrah biasanya senilai 2,5 kilogram beras, atau setara 3,5 liter. Atau, Sobat Cuan bisa memilih untuk membayar uang tunai senilai standar tersebut, yang berkisar antara Rp40.000 hingga Rp50.000 per orang.

Agar ibadah bulan suci Ramadhan kamu makin afdol, tidak ada salahnya juga kamu membayar zakat harta (mal). Adapun zakat mal terbilang 2,5% dari penghasilan kamu per tahun. Asal, total penghasilan kamu sudah melebihi nisab, yakni setara dengan 85 gram emas.

4. Investasi 

Dari rencana pengeluaran yang sudah dibuat, kamu bisa menentukan besarnya THR yang akan kamu alokasikan untuk investasi. Rata-rata orang mengalokasikan 10 persen dari dana THR-nya untuk investasi. Jika kamu tidak mudik seperti di masa pandemi, kamu bisa menambah porsi investasi sebesar 30-40 persen, misalnya. Yang perlu diingat, kamu harus memisahkan antara dana investasi dengan dana darurat. Di masa sulit seperti saat pandemi crown, kamu tetap membutuhkan dana darurat. Jangan sampai kamu berinvestasi tetapi tidak memiliki dana darurat, ya.

Uang THR untuk Investasi 

Tidak banyak orang mengalokasikan Tunjangan Hari Raya assumed name THR untuk investasi. Kebanyakan orang menghabiskan THR-nya untuk keperluan hari raya dan berlaku konsumtif. THR sering dianggap sebagai uang lebih dari hasil kerja, sehingga banyak orang berpikir tidak ada salahnya untuk dihabiskan sekaligus. 

Memang, sebagian besar dana THR akan digunakan untuk berbagai keperluan di hari raya. Meski begitu, tak ada salahnya mengalokasikan dana tersebut untuk urusan investasi. Dilansir dari Detik, hal itu dapat dijalankan untuk membiasakan diri menyisihkan dana untuk berinvestasi. 

Dengan begitu, kamu bisa memiliki masa depan yang lebih aman, karena tak semua dana habis untuk konsumsi. Jika kamu salah satu karyawan yang menerima THR sebelum lebaran, yuk, maksimalkan THR-mu untuk investasi.

THR untuk Anak selain uang

Salah satu yang nggak boleh terlewat adalah pecahan uang untuk THR. Bagi orang dewasa yang sudah bekerja, menukar uang untuk memberikan THR ke sanak saudara menjadi hal yang wajib. Apalagi kalau punya banyak ponakan atau saudara yang usianya masih kecil-kecil. Selama ini THR identik dengan uang yang dimasukkan ke dalam amplop.

Amplopnya pun beragam, mulai dari yang polosan hingga ada gambar serta ucapan selamat hari raya. Tapi sepertinya memberi THR dengan menggunakan amplop sama saja seperti buang-buang kertas. Sebab amplop tersebut nantinya nggak akan digunakan lagi setelah uangnya diambil. Nah, ternyata memberi THR, khususnya ke anak kecil, nggak melulu harus pakai amplop lho. 

Ada kreasi-kreasi unik yang bisa membuat THR yang kamu berikan terlihat lebih menarik di mata mereka. Salah satunya menyatukan makanan ringan berupa coklat atau permen dengan uang. Selain itu kamu bisa sulap jadi bungkusan THR, 

Kamu bisa memanfaatkan uang THR dengan berinvestasi di LandX. Cara jadi investor di LandX sangat mudah yaitu dengan lakukan registrasi di aplikasi LandX. Setelah registrasi, jangan lupa lakukan verifikasi akun agar kamu bisa didaftar sebagai investor resmi di lembaga nasional. Hal ini untuk meningkatkan keamanan kepemilikan saham kamu.

Dengan jadi investor di LandX, kamu bisa pilih sendiri project bisnis impian yang ingin kamu miliki. Kenali dan pelajari bisnisnya serta setujui sendiri estimasi keuntungan yang akan diberikan.

Keuntungan investasi bisnis di LandX adalah kamu bisa jadi bagian pemilik outlet terbaru bisnis yang kamu danai serta menerima keuntungan dividen dari bagi hasil laba perusahaan. Keuntungan akan dibagikan kepada setiap investor secara rutin sesuai perjanjian.

Ingin jadi investor bisnis dan dapat keuntungan rutin?

Yuk, download aplikasi LandX dan pilih bisnisnya sekarang juga!

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang

Baca Juga