Jual rumah murah. Apakah Anda ingin menjual rumah dengan harga murah? Beberapa tips dapat membantu dalam jual rumah murah di bawah ini.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi keputusan calon pembeli untuk menentukan minatnya. Untuk membuat penjualan rumah Anda lebih cepat dan lebih mudah, dan tentu saja dengan harga yang baik tergantung pada pasar, berikut Tips Jual Rumah Murah strategi penjualan agen properti atau real estat berikut:

Tips Jual Rumah Murah dan Cepat

1. Catat kekuatan dan kelemahan properti

Sebelum menjual rumah, coba periksa kondisi rumah Anda, termasuk area palfon atau langit-langit dan model rumah. Ini penting, kerusakan rumah bisa mengurangi nilai jual. Sebaliknya, perbaikan dapat membuat harga rumah naik, atau bahkan menaikkan harga.

2. Periksa harga tanah di sekitarnya

Untuk menentukan harga referensi tanah, periksa nilai jual objek pajak atau titik NJP di area sekitar rumah. Di PBB, yang Anda terima setiap tahun, informasi tentang NJOP, baik di lapangan maupun di gedung.

Tetapi nilai di NJOP biasanya digunakan untuk menentukan nilai minimum penjualan. Secara umum, orang menjual rumah 2 sampai 3 kali harga lebih tinggi daripada NJOP. Dan ingat, lokasi paling strategis dari rumah Anda, harganya bisa beberapa kali lebih tinggi dari nilai NJOP-nya

Cara Jual Rumah Murah dan Cepat Laku

3. Hubungi agen properti

Jika Anda tidak ingin mengganggu, gunakan jasa agen properti. Agen properti / real estat tentu lebih memahami penentuan nilai jual rumah Anda. Sementara itu, untuk merekrut agen profesional yang tepat, Anda dapat memilihnya dengan mengajukan beberapa pertanyaan di bagian Tanya Agen.

Pialang atau broker yang baik tak hanya bisa membantu dalam penentuan nilai jual rumah, tetapi akan membantu dalam menjual rumah Anda. Tetapi, harus dipertimbangkan bahwa Anda menggunakan layanan broker, pertimbangkan juga persen broker.

4. Ada waktu khusus untuk menjual rumah

Sejumlah agen real estat mengatakan ada periode khusus yang membuat jual beli rumah lebih ramai dari biasanya. Misalnya, pada saat kondisi politik mulai stabil setelah pemilihan umum atau ketika masalah ekonomi sangat menarik. Namun secara umum, bulan Mei dianggap yang tersibuk untuk pasar real estat.

5. Buat iklan yang jujur

Di jejaring sosial, beberapa orang mungkin terbiasa menunjukkan hal terbaik dengan mengedit foto agar lebih fotogenik. Hal yang sama tidak dapat dilakukan ketika menempatkan daftar real estat. Anda harus jujur ​​dengan hasil foto dan memberikan informasi yang sebenarnya.

6. Tentukan harga yang tepat

Penetapan harga rumah yang tepat memang bisa dihitung sesuai dengan lokasi dan permukaan rumah. Namun, Anda harus mengetahui strategi penetapan harga sebelum menentukan harga resmi. Misalnya, pembeli dengan anggaran sekitar IDR 450 juta akan mencari real estat dengan harga mulai dari IDR 250 hingga IDR 500 juta.

Jika biaya rumah Anda 59 juta, itu tidak akan muncul dalam daftar pencarian. Karena itu Anda harus membuat kisaran harga Rp 499 juta untuk mendapatkan arahan atau hasil pencarian yang lebih tinggi.

7. Daftar iklan tidak terlalu panjang

Iklan yang terlalu lama ditampilkan di media online akan mengurangi minat pembeli potensial. Orang-orang akan bertanya-tanya mengapa rumah Anda tidak laku. Pada umumnya ada asumsi negatif seperti label harga yang terlalu tinggi atau kondisi perumahan yang tidak sesuai dengan iklan.

Mengantisipasi hal ini dengan meminta agen untuk memperbarui iklan setiap bulan. Anda dapat mengubah foto Anda atau menambahkan informasi yang lebih lengkap.

8. Biaya tindakan pembelian

Biaya terkait dengan prosedur jual beli rumah murah adalah biaya penulisan bill of sale. Proses pembuatan AJB dilakukan dan diformalkan oleh Land Taking Officer atau PPAT dengan imbalan layanan.

Secara umum, PPAT membebankan biaya layanan sebesar 1% dari nilai transaksi. Misalnya, nilai transaksi pembelian dan penjualan rumah yang disepakati adalah $ 1 miliar dan biaya layanan PPAT adalah $ 10 juta. Pihak yang diharuskan membayar biaya layanan PPAT adalah pembeli rumah (lihat juga: YPPP, PJB, AJB SHM Perbedaan).

9. Biaya kuasa penjualan

Kekuatan untuk menjual dikeluarkan jika penjual menunjuk perwakilan penjualan untuk pihak lain. Kekuatan penjualan pengacara tidak dapat dikontrak melalui PPAT. Biaya Proksi Penjualan sebesar 1% dari harga jual rumah (baca: Prosedur pembelian dan penjualan apartemen)

10. Biaya pembelian penghubung bertindak (PJB)

Akta jual beli dikeluarkan oleh notaris hanya jika ada alasan tertentu yang mencegah proses jual beli berakhir sampai selesai. Karena khusus mungkin dalam bentuk pembayaran belum dibayarkan, pajak atas bangunan belum diselesaikan. Dengan demikian, hak atas rumah atau bangunan tetap menjadi pemilik sebelumnya sampai penandatanganan lengkap bill of sale (AJB) di kantor PPAT. Ketika proses dapat dilanjutkan, maka AJB akan dibuat berdasarkan PJB ini.

11. Gunakan jasa arsitek

Penampilan rumah berpengaruh pada harga jual. Semakin menarik rumah, semakin tinggi harga jualnya. Dengan menambahkan modal kecil untuk layanan arsitektur, Anda bisa mendapatkan lebih banyak.

12. Tentukan untungnya

Untuk mendapatkan harga jual yang tinggi, Anda harus menentukan laba ideal. Jangan sampai harga jualnya terlalu tinggi, sehingga rumah Anda sulit dijual atau terlalu murah. Cara menentukan harga ideal, bandingkan dengan harga real estat yang setara di daerah tersebut.

Kemudian tentukan harga rumah setelah terlebih dahulu menghitung faktor belanja modal yang Anda habiskan.