Industri makanan dan minuman atau F&B di Indonesia memiliki peluang yang cukup besar karena besarnya permintaan konsumen akan sajian kuliner terbaru. Fenomena ini bisa kita lihat dengan jelas dari antusiasme konsumen yang tinggi terhadap setiap varian kuliner yang baru dipasarkan. Berbagai produk makanan dan minuman pun kini mulai bermunculan dengan segala inovasi agar dapat terus menarik minat konsumen akan produk mereka. Fenomena ini menjelaskan bahwa bisnis F&B memiliki peluang pasar yang sangat besar.

Peluang ini tentu saja membuka kesempatan kepada anda untuk berbisnis makanan dan minuman. Apabila anda merasa bahwa membangun bisnis F&B dari awal merupakan hal yang sulit karena harus membangun produk dan brand dari awal, maka anda memulai bisnis franchise merupakan solusi untuk kendala tersebut.

Memulai bisnis franchise bisa menjadi solusi untuk anda yang ingin memulai bisnis tapi masih kebingungan membangun produk dan sistem dari bisnis yang akan anda jalankan.

Melalui bisnis franchise pembangunan bisnis jadi lebih mudah karena pemilik franchise akan menyediakan berbagai kebutuhan dasar bisnis seperti sistem, bahan baku, dan berbagai hal lain yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis anda seperti promosi. Seiring berjalannya waktu kini semakin banyak pilihan franchise yang anda pilih untuk ide bisnis dengan harga beragam.


Table of Content


Bisnis Franchise untuk Pemula

Sistem bisnis ini sangat cocok untuk pemula karena franchise akan memberikan anda produk yang sudah memiliki formula dan sistem yang jelas sehingga tidak perlu membuang waktu dan modal untuk proses pengembangan produk.

Selain itu sebagai pebisnis pemula anda tidak perlu kesulitan melakukan trial and error yang memakan cukup banyak waktu dan biaya sehingga anda bisa membangun bisnis dengan waktu yang lebih singkat.

Dalam sistem ini pemula akan lebih mudah mengatur bisnis karena pemilik franchise akan memberikan anda sistem kerja sistem yang telah dibuat sebaik mungkin sehingga bisnis bisa berjalan dengan baik. Bahkan sebagian franchise juga menyediakan karyawan yang sudah terlatih untuk menjalankan bisnis anda sehingga proses bisnis menjadi semakin mudah.

Tapi sebelum memulai bisnis franchise anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

Pertimbangan Penting Sebelum Membangun Bisnis Franchise

Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memulai bisnis franchise:

Tentukan Lokasi Strategis untuk Bisnis Anda

Lokasi merupakan hal yang harus disiapkan agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Bisnis sebagus apapun akan percuma apabila anda tidak berada di lokasi yang strategis untuk menarik konsumen untuk membeli produk anda.

Dalam mencari lokasi anda harus menyesuaikan bisnis yang akan dibuka dengan lokasi yang anda pilih. Anda harus melihat siapa potensi market anda di kawasan tersebut sehingga anda bisa paham produk mana yang cocok untuk ditawarkan di lokasi ini.

Selain itu, lokasi yang anda pilih harus gampang di akses sehingga bisnis franchise anda bisa dengan mudah di akses oleh konsumen potensial. Pemilihan lokasi yang mudah di akses ini juga bertujuan agar saat anda ingin memutuskan untuk mempermudah akses untuk delivery yang akan dilakukan kepada konsumen melalui berbagai aplikasi pemesanan online.

Pahami Pasar dari Produk yang Dijual

Setelah menemukan lokasi strategis, anda juga harus menemukan produk yang tepat sesuai dengan lokasi. Apabila berada di kawasan perkantoran anda mungkin bisa mulai dengan bisnis franchise makanan untuk memenuhi kebutuhan makan siang karyawan yang berada di sekitar anda.

Pemahaman akan produk akan membuat anda lebih mudah menentukan apakah sebuah produk cocok dengan lokasi tersebut atau tidak.

Pemahaman produk juga ditujukan agar anda bisa menganalisis kompetisi bisnis di sekitar anda sehingga anda bisa paham keunggulan produk anda dibandingkan produk yang sudah ada di pasar saat ini. Anda sebagai pemilik bisnis harus sadar akan berbagai potensi dari produk yang anda jual.

Pahami Kontrak Bisnis Franchise yang akan Dijalankan

Penting untuk pebisnis paham bagaimana kontrak yang akan dijalankan antara anda sebagai franchisor dan pemilik franchise agar terhindar dari berbagai konflik dan masalah yang tidak terduga di kemudian hari. Dalam kerja sama anda harus paham hak dan kewajiban dalam kontrak yang sedang dijalankan mulai dari sistem pembagian keuntungan hingga terkait dengan operasional bisnis yang akan dijalankan.

Memperhitungkan Biaya Bisnis Franchise yang Harus Dikeluarkan

Sebelum memulai bisnis anda perlu menghitung besaran biaya yang akan anda keluarkan dan sekaligus menghitung kapan estimasi balik modal dari bisnis ini. Hal ini bertujuan sebagai gambaran berapa besar yang harus anda keluarkan untuk membangun sebuah bisnis sehingga anda bisa paham kapan anda bisa mulai menikmati keuntungan dari bisnis yang sedang anda jalankan.

Hal ini juga dilakukan karena bisnis franchise membutuhkan beberapa modal di luar lokasi yang harus anda siapkan seperti biaya franchise yang harus dibayarkan.

Oleh sebab itu anda harus cermat menghitung biaya modal yang akan dikeluarkan.

Simpulan

Saat memulai bisnis franchise anda memiliki berbagai pilihan franchise potensial yang bisa anda jadikan pilihan bisnis anda. Akan tetapi anda harus cermat dan berhati-hati dalam memilih franchise karena sebuah bisnis harus direncanakan dengan baik sehingga bisa memberikan keuntungan maksimal.

Namun, apabila anda masih belum memiliki modal…

Mulai Patungan Bisnis untuk Bangun Bisnis Franchise Terbaik Hanya Dengan 1 Juta melalui LandX


Mau Informasi Terupdate Seputar Investasi Lainnya? Yuk Follow Instagram @landx.id

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha