Tips memiliki rumah sendiri dengan penghasilan 3 hingga 5 Juta - Setiap orang harusnya memiliki niat memiliki rumah pribadi, tetapi penghasilan kecil sering kali menjadi penghalang terbesar untuk mencapainya. Harga tanah, yang terus naik, mempersulit orang untuk membeli rumah sendiri. Tapi itu tidak berarti bahwa mereka yang digaji pas-pasan tidak akan pernah bisa memiliki rumah sendiri. Lihat artikel yang kami ulas mengenai tips memiliki rumah sendiri dengan gaji 3 hingga 5 juta.

Tips Memiliki Rumah Sendiri dengan Gaji Kecil

Masukkan uang di bank Anda sesegera mungkin ketika hari gajian tiba

Ketika Anda menerima gaji, hal pertama yang harus dilakukan adalah setor uang di buku rekening Bank Anda. Menyisihkan dana lebih awal akan mengurangi penggunaan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu berguna. Pastikan Anda memiliki setidaknya dua rekening bank di mana salah satu rekening tabungan. Anda juga dapat menyimpan dana ini dalam bentuk deposito sehingga dana yang disimpan tidak lagi terganggu.

Dengan menyisihkan dana di awal hari gajian, Anda akan mendapatkan tabungan yang lebih besar dibandingkan dengan menabung sisa gaji.

Ubah dan distribusikan kebutuhan bulanan Anda

Tips memiliki rumah sendiri kedua selalu tentang penghematan. Kita akan tahu berapa banyak uang yang baik untuk tabung mengetahui bahwa biaya bulanan diperlukan terlebih dahulu.

Dalam proses mengubah dan mengalokasikan dana untuk kebutuhan bulanan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi semua pengeluaran setiap bulan. Setelah mendapatkan daftar pengeluaran dan kebutuhan bulanan Anda, coba periksa bagian mana yang bisa dihapus atau tidak.

Tetapkan tujuan dan target

Langkah pertama adalah menentukan apa tujuan Anda. Tujuan finansial seperti membeli rumah membutuhkan perencanaan khusus. Misalnya, Anda ingin memiliki rumah seharga 300 juta Rupiah.

Untuk membeli rumah menggunakan pinjaman hipotek dari Bank, Anda harus menyiapkan setidaknya setoran 30% dari harga rumah. Jika statusnya adalah KPR pertama, kewajiban uang muka dapat dikurangi dari hanya 10%.

Anggap saja Anda masih berusia 22 tahun. Tujuannya adalah untuk membeli rumah selama 5 tahun atau pada usia 27 tahun. Anda memiliki 5 tahun untuk mempersiapkan kebutuhan hipotek Anda.

Temukan penghasilan tambahan

Sudah berhemat, tetapi penghasilannya masih terlalu ketat. Apa solusinya? Cari penghasilan tambahan. Di era internet ini, ada banyak peluang untuk lebih mudah mendapatkan penghasilan tambahan. Untuk menjadi pekerja lepas, vlogger, atau menjadi guru privat.

Temukan pemberi pinjaman hipotek yang tepat

Ketika kebutuhan pembiayaan KPR mendekati sasaran, Anda dapat mulai meneliti bank mana yang dapat menawarkan hipotek suku bunga rendah. Ingat, jangan tergoda oleh promo sesaat, ya. Pilih produk KPR yang menawarkan minat kompetitif bahkan jika periode promosi telah berlalu.

Jangan lupa juga, cari hipotek dengan beban uang muka yang sesuai dengan kemampuan finansial. Biaya maksimum untuk pembayaran sehat adalah 30% dari nilai pendapatan rutin. Dengan cara ini, beban uang muka tidak merugikan kesehatan keuangan.

Rajin mencari promosi

Tips memiliki rumah sendiri dengan rajin mencari informasi tentang promosi yang ditawarkan oleh pengembang. Secara umum, banyak keringanan pembayaran dapat diperoleh ketika perusahaan pengembangan meluncurkan proyek perumahannya.

Manfaatkan juga program pemerintah, seperti program hibah, yang bekerja dengan pengembang untuk membangun rumah sederhana yang biaya konstruksinya disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya menjadi lebih terjangkau.

Memahami simulasi pinjaman perumahan

Sebelum menandatangani pinjaman rumah, pastikan Anda telah mensimulasikan hipotek. Anda harus menghitung jumlah pembayaran modal dan pembayaran bunga. Selain itu, pastikan bahwa suku bunga KPR yang berlaku adalah bunga tetap atau variabel. Termasuk biaya, seperti biaya notaris dan pajak.

Dengan mensimulasikan hipotek, itu berarti Anda sudah tahu berapa banyak yang harus Anda bayar selama pembayaran hipotek. Dengan cara ini, Anda dapat memproyeksikan keuangan pribadi Anda ketika membayar hipotek Anda.

Investasi

Anda tidak harus menunggu mapan untuk investasi, Anda harus mulai dari sekarang. Ada banyak jenis investasi, dari emas hingga reksadana hingga saham, obligasi, dan pedagang (trading). Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda, baik untuk investasi jangka pendek atau jangka panjang. Kami menjelaskan jenis-jenis investasi yang dijelaskan dalam artikel ini. Namun, ketahuilah bahwa Anda tidak terjebak dalam mitos investasi yang ada.