Bagi seorang pemula yang baru mau memulai investasi, anda tentu kebingungan bagaimana cara memilih investasi yang menguntungkan untuk pemula. Apalagi saat ini tersedia banyak sekali instrumen investasi yang membuat anda kebingungan saat menentukan investasi mana yang terbaik dan sesuai dengan anda.

Selain kesulitan menentukan instrumen terbaik, sebagai investor pemula anda tentu saja memulai juga bingung bagaimana memulai investasi dengan modal yang terbatas di awal. Oleh sebab itu, mari kita bahas langkah-langkah yang harus dilakukan investor pemula saat ingin memulai investasi.


Table of Content

  • Tips Investasi yang Penting Dipahami Pemula
  1. Tentukan Tujuan Investasi
  2. Menghitung Profil Risiko
  3. Cek Legalitas Instrumen Investasi
  4. Memilih Platform Investasi yang Kredibel
  5. Monitoring Investasi
  6. Diversifikasi

1. Menentukan Tujuan Investasi

Pertama, tentukan tujuan investasi yang ingin anda capai. Hal ini menjadi bagian yang sangat penting karena anda perlu memikirkan tujuan dari investasi yang ada lakukan.

Karena instrumen investasi harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin anda raih karena setiap jenis investasi memiliki keunggulan dan risiko yang berbeda. Oleh karena itu perlu bagi anda untuk menyusun tujuan investasi anda dengan jelas.

2. Menghitung Profil Risiko

Kedua, pahami Profil risiko investasi online. Setiap investasi tidak pernah terlepas dari resiko. Dalam investasi, risiko merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindari karena berbanding lurus dengan keuntungan yang akan anda dapatkan.

Karena itu investasi yang memiliki resiko tinggi tentu saja memiliki potensi keuntungan yang besar pula. Oleh sebab itu, seorang investor harus mempelajari profil risiko dari investasi online yang akan mereka lakukan.

3. Cek Legalitas Instrumen Investasi

Ketiga, cek legalitas investasi. Sebelum memulai investasi anda perlu memastikan legalitas dari skema yang akan anda gunakan. Hal ini untuk memastikan bahwa anda memilih instrumen investasi yang legal dan tidak akan merugikan anda dimasa yang akan datang.

Sebagai investor pemula tentu anda harus paham apakah jenis investasi yang ingin anda tekuni merupakan skema yang legal dan sudah disetujui oleh aturan yang ada. Hal ini berkaitan dengan makin maraknya investasi yang ilegal dan akan merugikan anda.

4. Memilih Platform Investasi yang Kredibel

Keempat, pilih platform yang kredibel. Investor perlu memastikan bahwa mereka menempatkan mereka dalam platform investasi online terpercaya sehingga terhindar dari berbagai macam resiko.

Karena investasi online tidak memungkinkan anda melakukan pengecekan secara langsung maka pengecekan dapat anda lakukan dengan melihat perizinan dan pengalaman dari platform dalam mengelola dana anda.

5. Monitoring Investasi

Kelima, lakukan monitoring secara berkala. Setelah memutuskan di mana anda akan menanamkan modal, maka anda perlu melakukan monitoring secara berkala terhadap modal yang sudah anda tanamkan. Hal ini  agar anda dapat mengetahui bagaimana perkembangan program investasi sedang anda lakukan sehingga anda dapat menyusun rencana untuk tindakan ke depan.

Pada saat ini beberapa platform online sudah menyediakan layanan notifikasi untuk memberikan informasi kepada anda terkait performa investasi yang akan anda lakukan.

6. Diversifikasi

Keenam, untuk memperkecil risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan dari investasi, anda perlu melakukan diversifikasi terhadap instrumen investasi yang anda gunakan. Oleh sebab itu, anda bisa mengalokasikan dana anda ke beberapa instrumen invsestasi agar risiko yang anda harus tanggung menjadi lebih kecil.

Menyusun rencana diversifikasi yang  baik merupakan bagian dari mitigasi risiko yang penting anda siapkan dalam investasi. Anda bisa mulai dengan mangatur alokasi dana investasi, misal 50% di alokasikan ke instrumen risiko rendah, 30% risiko sedang, dan 20% sisanya bisa anda masukkan ke instrumen dengan risiko tinggi.

Mengembangkan Dana Lewat Investasi Bisnis

Dalam melakukan investasi tentu saja anda harus bersiap untuk menghadapi kondisi yang tidak terduga di masa yang akan datang. Karena itu anda perlu memperkecil resiko investasi anda perlu memiliki beberapa instrumen investasi untuk menghadapi ketidakpastian kondisi pasar.

Contohnya dalam equity crowdfunding anda bisa menanamkan sebagian modal anda ke dalam investasi bisnis properti dan sisanya ke dalam lini bisnis lain agar resiko yang dihadapi menjadi lebih kecil.

LandX memberikan kesempatan Investasi online modal kecil yang dapat memberikan keuntungan besar kepada para investor yang memiliki modal kecil. Di LandX, anda bisa memulai investasi bisnis melalui crowdfunding hanya dengan 1 juta.

Yuk Patungan Bisnis Menguntungkan Bareng LandX

Supaya Lebih Paham Cara Investasi Terbaik, Yuk Follow Kami di Instagram @landx.id

Baca Juga :


#LandX.id    #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha