menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Tips Sukses Membangun Bisnis FnB Bagi Pemula ala Sejiwa Coffee

Tuesday, 20 Sep 2022

Read in 6 minutes

Author: Della Octavilia
Tips membangun bisnis fnb dari nol ala Sejiwa Cofffee

Membangun bisnis dari nol memang bukan hal mudah. Dalam artikel ini, Dicky Sukmana selaku komisaris dari Sejiwa Coffee memberikan 4 tips membangun bisnis FnB dari nol bagi para pemula.

Membangun bisnis FnB dinilai sebagai usaha yang tidak ada matinya.  Karena tiap harinya akan muncul kreativitas dan inovasi baru dalam bisnis Food and Beverage yang membuat bisnis ini selalu diminati oleh banyak orang.

Selain diminati oleh banyak orang, memulai bisnis FnB berpotensi mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Karena makanan dan minuman adalah kebutuhan utama manusia, sehingga bisnis food and beverage selalu dibutuhkan di manapun. Tapi, membangun bisnis FnB tidak mudah ya!

Seseorang yang ingin membangun bisnis dari nol perlu mengetahui strategi-strategi yang harus dilakukan. Ini agar bisnis FnB yang mereka rencanakan dapat berjalan baik dan dapat bertahan di pasar yang nantinya dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan.

Kali ini kita akan membahas cara memulai bisnis dari nol, terutama untuk bisnis food and beverage. Jadi ikuti terus artikel ini, ya!

Apa Itu Bisnis Food and Beverage (FnB)?

Bisnis FnB adalah bisnis yang bergerak dalam bidang pembuatan dan penjualan makanan hingga minuman. Jenis bisnis FnB ini pun dapat kita temukan dengan mudah, mulai dari yang ada di pinggir jalan hingga di restaurant.

Membangun usaha FnB dapat dimulai dari modal yang kecil dan nantinya berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar bila dapat mengelolanya dengan baik dan benar. 

Bisnis FnB juga dinilai sebagai bisnis yang tidak ada matinya. Sampai kapanpun bisnis FnB akan terus memiliki peminatnya sendiri. Hal ini karena makanan dan minuman adalah kebutuhan dasar manusia. 

Makanya saat membangun bisnis FnB nanti kamu akan menghadapi banyak kompetitor yang menjual produk yang sama denganmu.

Oleh karena itu, dalam memulainya kamu perlu membuat persiapan yang matang dan memiliki strategi jitu agar dalam memulai bisnis FnB dapat berjalan dengan lancar dan dapat bertahan lama.

Tips Membangun Bisnis FnB dari Nol

Nah, untuk membangun bisnis  FnB dari nol, terutama untuk bisnis FnB kamu harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan agar bisnis FnB dapat berjalan dengan baik dan dapat bertahan lama.

Di sini kita akan membahas 4 tips membangun bisnis FnB dari Nol ala Sejiwa Coffee. Pada Kamis, 15 September 2022 kemarin, Dicky Sukmana selaku komisaris Sejiwa Coffee hadir sebagai pembicara di program baru LandX yang bertajuk webinar, yaitu Talx by LandX.

Sebagai Komisaris Sejiwa Coffee yang telah memiliki pengalaman selama 10 tahun di bidang Marketing & Brand Advisor, Ricky Sukmana membagi 4 tips membangun bisnis F&B dari nol yang di antaranya, yaitu:

1. Membuat Branding

Menurut Dicky Sukmana, cita rasa adalah hal yang dijual dalam membangun bisnis FnB. Namun, membuat persona brand produk menjadi hal penting dalam membangun bisnis FnB agar bisnis dikenal dan diingat oleh konsumennya.

Selain itu, bisnis yang memiliki branding kuat dan memiliki ciri khas tersendiri akan memberikan identitas yang berbeda dengan kompetitor. Nantinya, konsumen akan lebih mudah mengenal dan memilih bisnis kamu jika branding yang kuat berhasil dibangun.

Salah satu cara dalam membuat branding adalah dengan memperlakukannya sebagai manusia. Seperti apa penampilannya? Kepada siapa kamu akan memberikan value brand yang kamu miliki? Karakter seperti apa yang membuat konsumen tertarik?

Dengan seperti itu, kamu bisa menciptakan branding sekaligus menentukan brand voice dari bisnis FnB yang sedang dibangun.

Jika bisnis FnB mu ingin terkenal dan selalu diingat konsumen, maka “persona brand is number one!” tutur Dicky Sukmana.

2. Target Konsumen

Katakanlah bisnis FnB yang telah kamu rancang telah memiliki produk dan cita rasa yang enak, tahapan selanjutnya adalah memastikan target konsumen.

Agar target konsumen tepat sasaran dengan produk yang ditawarkan, kamu bisa melakukan beberapa tahapan dalam menentukan target konsumen. Mulai dari segmentasi psikologis yang menentukan konsumen berdasarkan minat, gaya hidup, dan tingkat pendidikan.

Segmentasi demografi dengan menentukan konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, dan tingkat pendapatan. Terakhir, segmentasi geografi dengan menentukan konsumen berdasarkan lokasi pemasaran produk.

Tidak kalah penting dalam menentukan target konsumen adalah memahami kebutuhan konsumen. Dengan begitu kamu dapat menghasilkan produk sesuai dari kebutuhan konsumen.

Jika semua tahapan sudah kamu lakukan, kamu dapat membuat strategi marketing dan menentukan jenis dan harga produk berdasarkan target konsumen yang dituju.

3. Mengedepankan Inovasi

Langkah berikutnya dalam membangun usaha FnB adalah melakukan inovasi produk yang memiliki nilai jual di masyarakat. Ketatnya persaingan dalam membangun bisnis FnB membuat kamu harus selalu melakukan inovasi untuk setiap produk yang ditawarkan.

Inovasi yang dapat kamu kembangkan dapat dari segi tampilan, bentuk, rasa, cara penyajian, maupun kreasi lainnya yang mampu menarik minat konsumen. Nah, sebelum melakukan inovasi kamu dapat melakukan riset pada target konsumen yang telah kamu miliki sebelumnya.

Jika kamu melakukan inovasi berdasarkan target konsumen, maka nanti hasilnya akan jauh lebih tepat dan sesuai. 

Misalnya yang diaplikasikan olehSejiwa Coffee, Dicky menuturkan bahwa menu Sejiwa Coffee selalu dikembangkan hingga lengkap dan inovatif. Mulai dari aneka Es kopi susu kekinian, Lumpia Wagyu, Es Dawet ala Sejiwa, hingga artisan Kopi Puntang dan Toraja yang menjadi favorit dari Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo.

4. Konsistensi Produk, Branding, dan Marketing Harus Dipertahankan 

Tahapan terakhir dalam sukses membangun bisnis FnB adalah konsistensi produk, branding, dan marketing harus selalu dipertahankan.

Menurut Dicky, jika kita konsisten, maka keberuntungan akhirnya yang akan menghampiri. Hal ini dapat dilihat dari Sejiwa Coffee Bandung yang berhasil mendapatkan perhatian dari penjabat publik karena konsistensi yang dimilikinya. 

Pada akhirnya, strategi, konsisten, dan inovasi adalah pondasi utama yang diyakini oleh Dicky Sukmana sehingga dapat mengantarkan Sejiwa Coffee sama ke titik suksesan ini.

Investasi ke Saham FnB Potensial

Bagaimana tips membangun bisnis FnB dari nol menurut Dicky Sukmana? Jadi semakin membuat kalian semangat untuk membangun bisnis FnB kah? 

Membangun bisnis FnB bukanlah perkara yang mudah tanpa ribet, tetapi kalian perlu banyak menginvestasikan waktu,tenaga, pikiran, dan uang dalam membangunnya.

Seperti yang dikatakan oleh Dicky, kunci kesuksesan suatu bisnis adalah konsisten. Maka, dalam menjalankan setiap bisnis, bukan hanya bisnis FnB saja, harus selalu konsisten. Hal ini penting agar bisnis kamu tetap berjalan dan dapat bertahan di tengah banyaknya kompetitor yang dihadapi

.

Tetapi, jika kamu ingin menjadi salah satu pemilik bisnis FnB berpotensi tanpa harus merintis dari nol, dan mengeluarkan dana yang besar, kamu bisa loh! Bagaimana caranya? Caranya adalah kamu melakukan investasi dengan sistem equity crowdfunding.

Equity crowdfunding akan memberikan kesempatan pada kamu yang ingin memiliki bisnis tanpa ribet. Sesuai dengan namanya equity crowdfunding, nantinya kamu akan mendanai bisnis FnB berpotensi secara patungan bersama beberapa investor lain.

Selanjutnya, kamu berpotensi mendapatkan keuntungan berupa dividen dari bisnis FnB yang telah kamu danai bersama para investor lain.

LandX merupakan platform equity crowdfunding terpercaya, dan telah memiliki market cap terbesar se Indonesia. Melalui LandX kamu dapat mendanai berbagai bisnis Food and Beverage, seperti Ayam Tempong Bu Sri, Hong Tang, Arah Kopi, dan lainnya. Selain bisnis FnB, ada juga bisnis properti yang berpotensi, lho!

Oiya, pendanaan di LandX dapat dimulai dari modal yang kecil lho, yaitu mulai dari Rp1 jutaan saja!

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan bisnis FnB potensial lainnya di LandX, ya!

Yuk Jadi Owner Bisnis Bisnis Menguntungkan di LandX

miliki bisnis modal kecil cuma dengan 1 jutaan dapat 4 cabang