Investasi menguntungkan dengan modal 10 juta - tahun 2020 menjadi pembelajaran bagi masyarakat agar mempersiapkan dana darurat untuk menghadapi kondisi yang tidak terduga seperti saat ini. Kondisi seperti ini menggambarkan bahwa kita harus mulai berinvestasi sedini mungkin agar bisa bertahan di berbagai kondisi yang tidak terduga. Karena itu anda perlu menyiapkan rencana investasi yang baik untuk menghadapi permasalahan seperti saat ini.

Strategi investasi yang baik akan meningkatkan kestabilan finansial anda sehingga anda memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak terduga di masa akan datang. Investasi yang tepat akan membantu meningkatkan perkembangan finansial, oleh sebab itu anda perlu memulai investasi sedini mungkin. Investasi memang sering di salah artikan sebagai sesuatu yang harus dimulai dengan modal besar, padahal investasi dapat dimulai dengan sedini mungkin walau dengan modal yang terbatas.

Untuk itu, artikel ini akan membahas bagaimana cara terbaik investasi menguntungkan dengan modal 10 juta.

Cara Terbaik Memulai Investasi dengan Modal 10 Juta

1. Siapkan Dana Darurat

Salah satu bagian penting yang sering dilupakan adalah dana darurat, padahal dana darurat merupakan tabungan dasar yang harus disiapkan dari untuk menghadapi berbagai kondisi di masa yang akan datang. Biasanya, dana darurat disiapkan sebanyak kebutuhan dasar anda selama 12 bulan. Dana yang darurat juga bisa disiapkan dalam bentuk instrumen investasi yang memiliki resiko yang sangat rendah dan dapat dengan cepat dijual kembali seperti deposito atau reksa dana pasar uang. Persiapan ini menjadi sesuatu yang sangat penting melihat bagaimana kondisi perekonomian yang tidak stabil belakangan ini sehingga muncul berbagai macam resiko.

2. Atur Tujuan Investasi

Selanjutnya, anda perlu menyiapkan tujuan dari investasi yang akan anda lakukan. Sebaik, anda dapat menentukan secara spesifik target dana yang ingin anda kumpulkan dan jangka waktu investasi yang ingin anda lakukan. Contohnya, anda ingin melakukan investasi dengan 10 juta dengan tujuan mengumpulkan modal sebanyak 15 juta untuk bisnis impian anda dalam kurun waktu 2 tahun kedepan. Dengan tujuan yang jelas anda bisa menyusun strategi penempatan dana agar tujuan anda dapat tercapai dengan lebih mudah.

3. Susun Simulasi Investasi

Setelah memiliki tujuan yang jelas anda bisa mulai menghitung simulasi investasi yang akan anda lakukan. Anda bisa mulai menghitung potensi return of investment rata-rata dari setiap instrumen investasi yang telah anda pilih untuk mengetahui berapa waktu yang anda butuhkan untuk mencapai tujuan. Misalkan, saat anda menyusun investasi untuk tabungan pensiun anda dalam lima tahun mendatang, anda perlu menghitung berapa uang yang harus anda simpan setiap bulan agar nominal yang terkumpul sesuai dengan harapan anda. Perhitungan ini bisa anda lakukan dengan berbagai simulasi menyesuaikan instrumen investasi yang akan pilih. Contoh instrumen yang populer adalah Crowdfunding, dengan 10 juta anda akan memiliki saham dari sebuah bisnis dengan potensi berkembang yang baik sehingga nilai dividen anda dapat terus meningkat.

4. Siapkan Investasi Jangka Panjang dan Pendek

Dalam investasi, jangka waktu investasi merupakan sesuatu yang perlu anda pertimbangan dalam memilih instrumen yang akan anda gunakan. Hal ini akan berpengaruh terhadap tindakan yang akan anda ambil dalam menghadapi perubahan pasar saat melakukan investasi. Apabila investasi anda akan dilakukan merupakan investasi jangka pendek, maka anda harus rutin menganalisis perubahan agar anda tidak terlambat merespon perubahan pasar yang fluktuatif.

Namun, apabila modal 10 juta akan dimasukkan dalam investasi jangka panjang, maka yang perlu anda pikirkan adalah bagaimana proyeksi pasar yang anda masukkan dalam kurun waktu ke depan. Salah satu pilihan yang baik adalah investasi properti online, dana 10 juta anda bisa anda gunakan untuk membeli properti dengan skema crowdfunding, selain nilai yang cenderung naik, sistem ini juga dapat memberikan anda dividen dari keuntungan properti anda saat disewakan.

5. Investasi dengan Equity Crowdfunding

Mungkin banyak yang merekomendasikan anda untuk memulai bisnis dengan modal 10 juta yang anda miliki, namun hal ini tentu saja memiliki berbagai resiko bahkan mungkin kerugian apabila tidak ditangani oleh profesional. Akan tetapi, kini anda punya pilihan untuk memasukkan dana anda ke dalam bisnis memiliki potensi keuntungan yang baik melalui [equity crowdfunding]. Artinya, hanya dengan 10 juta anda sudah memiliki bagian dalam sebuah bisnis yang apabila memiliki keuntungan maka dapat memberikan anda passive income melalui dividen.

6. Don't Put All Eggs in One Basket

Istilah ini merupakan sesuatu yang harus selalu anda ingat dalam investasi baik dengan modal besar maupun kecil. Karena, pasar modal dipengaruhi oleh berbagai hal yang tidak terduga dan sulit untuk diperkirakan. Contohnya pandemi covid 19 yang berpengaruh sangat besar terhadap kondisi pasar dan berbagai bisnis. Oleh sebab itu anda tidak bisa bergantung hanya pada 1 instrumen investasi saja. Apabila anda berinvestasi dalam saham, maka anda perlu membeli beberapa jenis saham untuk memperkecil resiko kerugian yang akan muncul. Begitu juga dengan crowdfunding, anda harus melakukan investasi ke dalam beberapa jenis bidang bisnis yang bisa anda tanami modal karena trend pasar yang terus berkembang sehingga anda memiliki pilihan untuk menanamkan modal dalam bisnis inovatif yang akan memiliki permintaan tinggi di pasaran.

Terakhir, anda harus tahu bahwa LandX sebagai platform Equity Crowdfunding di Indonesia merupakan solusi investasi menguntungkan dengan modal 10 juta melalui berbagai bisnis pilihan yang telah diseleksi oleh tim ahli dari LandX.

Baca Juga :

Follow Instagram Kami @landx.id Untuk Berbagai Tips Investasi Terbaru Lainnya.

#LandX.id #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha