Investasi PemulaBerinvestasi merupakan suatu hal yang sangat penting untuk disiapkan sedini mungkin, akan tetapi masih banyak orang belum mengerti tentang konsep dasar dari investasi itu sendiri sehingga takut untuk mulai berinvestasi.

Hal ini membuat banyak calon investor pemula ragu untuk memulai investasi karena sudah terpapar berbagai informasi yang salah tentang investasi seperti ribet, membutuhkan modal besar, dan berbagai asumsi salah lain terkait investasi yang masih tersebar di kalangan masyarakat.

Hal ini membuat banyak orang ragu untuk mulai berinvestasi ke dalam berbagai instrumen investasi yang sudah sebenarnya bisa dapat dengan mudah mereka akses.

Menentukan investasi yang cocok merupakan hal yang tentunya sulit terutama untuk investor pemula yang belum pernah berinvestasi sebelumnya.

Oleh sebab itu, pemula yang ingin mulai berinvestasi harus paham terlebih dahulu konsep investasi sehingga anda bisa memilih investasi yang benar-benar sesuai dengan tujuan finansial dan profil risiko yang anda miliki.

Karena itu, yuk kita bahas bagaimana memulai investasi yang menguntungkan untuk pemula sehingga anda bisa segera mencapai tujuan finansial yang ingin anda capai. Pertama, mari kita bahas apa itu investasi terlebih dahulu.


Table of Content


Apa Itu Investasi

Investasi adalah kegiatan menanamkan modal yang dilakukan oleh investor dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan dari modal yang sudah ditanamkan sebelumnya.

Berinvestasi bisa diibaratkan seperti menanam sebuah bibit pohon dengan harapan pohon bisa menghasilkan buah untuk bisa dijual sehingga memberikan anda keuntungan.

Karena itu dalam berinvestasi anda sebagai investor harus bisa menganalisis instrumen investasi mana yang bisa memberikan anda keuntungan besar sesuai dengan modal yang anda miliki.

Ibaratnya, saat menanam pohon anda harus pintar memilih bibit terbaik agar pohon yang tumbuh menghasilkan buah dengan kualitas terbaik. Akan tetapi, pemula yang baru memulai investasi sering lupa bahwa setiap investasi memiliki risiko yang berbeda-beda dan keuntungan besar dalam investasi akan selalu diikuti risiko yang besar pula.

Perbedaan Investasi Dibanding Sekedar Menabung

Salah satu kesalahan pemula saat ingin berinvestasi adalah berpikir bahwa menabung dan investasi merupakan hal yang sama.

Menabung dan investasi merupakan dua hal yang berbeda sehingga apabila anda ingin mengembangkan uang anda perlu lebih dari sekedar menyimpan uang yang anda miliki.

Salah alasan anda harus berinvestasi adalah untuk melawan inflasi yang bisa membuat nilai uang anda menjadi menurun dari waktu ke waktu apabila hanya disimpan saja dalam tabungan.

Karena itu anda perlu melakukan investasi agar modal yang anda miliki dapat terus berkembang dan nilainya terus naik dari waktu ke waktu.

Karena itu anda harus bisa menyiapkan investasi terbaik untuk menghadapi berbagai kondisi yang tidak terduga di masa mendatang dan mencapai tujuan finansial yang anda inginkan. Untuk pemula yang mulai berinvestasi, berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan sebelum berinvestasi.

Menyiapkan Investasi untuk Pemula

  • Siapkan Dana Darurat

Langkah awal yang tidak boleh dilupakan oleh pemula saat berinvestasi adalah menyiapkan dana darurat untuk menghadapi berbagai hal tidak terduga. Hal ini penting agar investasi yang anda lakukan tidak terganggu apabila anda menghadapi berbagai hal tidak terduga.

Jumlah dana darurat bisa anda hitung dengan mengkalkulasikan biaya hidup anda selama 6 bulan.

Jumlah dana darurat yang harus disiapkan sangat opsional dan menyesuaikan kebutuhan dana masing-masing orang. Karena itu anda harus menghitung dahulu dana yang anda butuhkan dalam sebulan.

  • Menentukan Budget Sesuai Penghasilan Anda

Saat ingin mulai berinvestasi anda tidak boleh lupa untuk memiliki manajemen keuangan yang baik terlebih dahulu. Salah satu hal penting yang harus anda perhatikan adalah budgeting, anda harus menghitung terlebih dahulu berapa persen penghasilan yang bisa anda investasikan sehingga anda bisa melihat instrumen mana yang cocok dengan budget investasi anda tersebut.

Oleh sebab itu, sebagai investor pemula anda harus menghitung dulu pengeluaran pokok anda di awal sehingga anda tahu berapa sisa uang yang anda miliki untuk mulai berinvestasi. Menentukan budget investasi akan mempermudah anda menemukan instrumen investasi terbaik untuk pemula.

  • Mempelajari Investasi secara Mendalam

Sebelum terjun ke dalam dunia investasi, anda harus terlebih dahulu mempelajari instrumen yang akan anda gunakan. Anda harus paham skema yang digunakan dan bagaimana instrumen tersebut memberikan anda keuntungan.

Selain mengetahui potensi keuntungan, anda juga harus paham risiko apa saja yang mungkin terjadi saat berinvestasi dengan instrumen tersebut. Hal ini penting agar anda tidak salah memilih instrumen investasi yang akan anda gunakan.

Setelah menyiapkan beberapa hal di atas, selanjutnya anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut dalam menentukan investasi terbaik untuk pemula.

Menentukan Investasi Terbaik untuk Pemula

  • Menentukan Tujuan Investasi

Menentukan tujuan investasi merupakan hal penting yang harus dilakukan di awal agar anda bisa memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan finansial yang ingin anda capai. Pertama anda harus menentukan terlebih dahulu apakah anda akan melakukan investasi ini dalam jangka pendek atau panjang sehingga bisa memilih instrumen yang sesuai.

Menentukan tujuan investasi juga akan membantu anda dalam menentukan tujuan investasi, oleh sebab itu anda harus memikirkan tujuan seperti apa yang ingin anda capai melalui investasi yang dilakukan.

  • Menentukan Profil Risiko Investasi untuk Pemula

Menentukan profil risiko adalah hal penting karena seperti yang kita tahu bahwa setiap investasi selalu diikuti risiko. Anda harus tahu seberapa besar risiko kerugian yang bisa anda tanggung dalam investasi agar anda bisa memilih instrumen yang sesuai dengan besar risiko yang bisa anda terima.

Hal ini sangat penting karena seperti yang kita tahu bahwa setiap keuntungan yang besar selalu diikuti risiko yang besar sehingga anda harus bisa mengukur seberapa besar risiko yang sanggup anda terima saat berinvestasi.

Selain itu, instrumen investasi sangatlah beragam dan memiliki risiko yang berbeda-beda sehingga mengetahui profil risiko dapat membantu mereka menemukan instrumen investasi yang sesuai dengan mereka.

  • Lakukan Analisis untuk Proyeksi Investasi dalam Jangka Panjang

Dalam investasi anda harus bisa menganalisis dan melihat jauh ke depan sehingga anda bisa lebih mudah memilih instrumen investasi yang tepat. Oleh sebab itu anda harus mempertimbangkan berbagai kemungkinan di masa mendatang agar anda bisa memilih investasi dengan prospek keuntungan yang terbaik. Anda bisa mulai dengan  melihat bagaimana trend pasar dan seperti apa keuntungan yang bisa anda dapatkan.

Selanjutnya yuk kita bahas beberapa jenis investasi yang cocok untuk pemula.

Pilihan Investasi untuk Pemula

  • Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau pemerintah dan dana investor akan dikembalikan beserta bunganya pada akhir periode yang telah dijanjikan. Investasi jenis ini sangat cocok untuk pemula karena terbilang memiliki risiko yang rendah terutama obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah karena risiko gagal bayar yang rendah.

Instrumen ini sangat cocok untuk investor pemula karena selain risiko yang terbilang rendah, instrumen ini juga bisa dimulai dengan modal kecil. Saat membeli obligasi anda harus memperhatikan siapa penerbit dari obligasi ini untuk melihat tingkat risiko gagal bayar dari investasi yang anda lakukan.

  • Reksa Dana

Reksa dana merupakan jenis investasi yang sangat cocok untuk investor pemula terutama yang belum punya kemampuan yang cukup untuk mengatur sendiri investasinya. Dalam reksa dana, uang yang anda miliki akan dikumpulkan dan dikelola oleh seorang manajer investasi yang akan menyalurkan uang anda ke berbagai instrumen investasi yang menguntungkan.

Jenis juga sangat digemari oleh pemula karena modal yang dibutuhkan dalam investasi ini terbilang kecil dan mudah di akses melalui berbagai platform investasi online.

  • Equity Crowdfunding

Salah satu investasi yang cocok untuk pemula adalah investasi bisnis dengan sistem equity crowdfunding. Sistem ini memberikan anda kesempatan untuk melakukan patungan membangun suatu bisnis bersama para investor lain yang akan diberikan bukti kepemilikan berupa saham sesuai dengan modal yang anda berikan.

Hal ini menjadi solusi bagi investor pemula yang memiliki dana terbatas tapi ingin melakukan investasi bisnis. Sistem ini akan memberikan investor keuntungan berupa dividen dan capital gain sehingga dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang memberikan anda keuntungan dalam jangka panjang.

Sebagai investor pemula anda akan sangat terbantu dengan sistem ini karena anda bisa berinvestasi ke dalam berbagai bisnis potensial yang menguntungkan asalkan anda bisa memilih platform equity crowdfunding yang tepat.

Yuk Mulai Investasi Bisnis Modal Kecil yang Menguntungkan Bersama LandX

LandX bisa menjadi pilihan investasi untuk pemula yang ingin mengembangkan modal yang anda miliki melalui investasi bisnis jangka panjang yang menguntungkan anda.

Yuk Mulai Investasi di LandX

Jangan Lupa!!! Follow Juga Kami di Instagram @landx.id Untuk Berbagai Informasi Terupdate Seputar Investasi

#LandX.id    #landx         #landx.id    #InvestasiBisnis    #EquityCrowdfunding    #InvestasiMenguntungkan    #Urundana    #BisnisPatungan    #InvestasiUsaha

Baca Juga: