menu-button
Cara Investasi di Securities Crowdfunding Investasi Keuangan Bisnis

Venture Capital: Memahami Arti dan Manfaat Venture Capital

Thursday, 27 Jan 2022

Read in 6 minutes

Author: Abdul Wahhab

Yuk pahami apa itu venture capital dan perannya terhadap pertumbuhan bisnis dan ekonomi suatu negara.

Pada era ini, bisnis jenis startup semakin banyak bermunculan dengan berbagai inovasi baru untuk mempermudah kehidupan masyarakat. Akan tetapi tahukah kamu bahwa ada venture capital dan venture capitalist yang memberikan pendanaan bagi bisnis agar dapat berkembang dengan pesat?

Agar mereka dapat berkembang secara lebih pesat, salah satu sumber pendanaan yang biasa digunakan startup adalah venture capital atau modal ventura*.* Karena itu, venture capital adalah pihak yang memiliki peran penting dalam perkembangan bisnis-binsis di suatu negara.

Baru-baru ini pemerintah baru saja merilis modal ventura Indonesia yang diberi nama Merah Putih Fund yang ditujukan untuk mempercepat pertumbuhan berbagaimi inovasi bisnis di Indonesia.

Karena itu, yuk kita bahas lebih lanjut apa yang dimaksud dengan modal ventura dan manfaat modal ventura bagi perekonomian suatu negara.


Apa Itu Venture Capital?

Singkatnya, venture capital adalah lembaga keuangan yang akan memberikan pendanaan kepada suatu perusahaan seperti startup agar suatu perusahaan dapat berkembang dengan lebih cepat.

Venture capital atau modal ventura biasanya terdiri dari beberapa investor dengan modal yang besar dan mencari perusahaan dengan potensi return investasi terbaik.

Artinya, modal ventura menjadi pihak yang akan menyeleksi bisnis/ perusahaan mana yang potensial dan bisa memberikan return terbaik sesuai dengan investasi yang mereka keluarkan.

Perusahaan startup merupakan salah satu jenis perusahaan yang sering mendapatkan pendanaan dari modal ventura karena dinilai memiliki potensi besar untuk perkembangan jangka panjang.

Sebagai investor, modal ventura tentu saja nantinya akan mendapatkan bagian keuntungan sesuai dengan besar dana yang telah mereka berikan pada suatu perusahaan.

Akan tetapi, modal ventura tentu saja tidak mau memberikan pendanaan kepada sembarang startup sehingga mereka akan melakukan analisis terlebih dahulu bagaimana potensi perkembangan dari bisnis yang akan mereka danai.

Apa Itu Venture Capitalist?

Venture capitalist atau sering disebut sebagai pemodal ventura adalah pihak bisa individu atau perusahaan yang menjadi penyedia dana atau investor yang akan melakukan analisis untuk menemukan bisnis dengan potensi keuntungan jangka panjang terbaik.

Dengan kata lain, venture capitalist adalah pihak yang melakukan pengelolaan dana untuk disalurkan kepada berbagai bisnis agar mereka bisa berkembang lebih jauh dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Untuk mendanai sebuah perusahaan, sebuah venture capitalist tentu telah memiliki investment capital. Investment capital adalah modal investasi atau sejumlah uang untuk mendanai pertumbuhan jangka panjang perusahaan. Dana untuk investasi modal dapat berasal dari sejumlah sumber, termasuk uang tunai, memperoleh pinjaman atau menerbitkan saham.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa venture capitalist dari beberapa venture capital lokal yang terus aktif melakukan penyaringan dan investasi ke berbagai bisnis potensial.

Contoh Modal Ventura di Indonesia

Jadi, modal ventura adalah lembaga keuangan non bank (LKNP) yang berani berinvestasi atau menanamkan modal pada perusahaan yang memiliki risiko tinggi. Karena tingginya risiko, biasanya pendanaan usaha yang dilakukan modal ventura diiringi oleh persyaratan untuk keterlibatan ikut serta dalam perusahaan. 

Tidak hanya global, terdapat juga venture capitalist indonesia. Beberapa contoh perusahaan venture capital di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. East Ventures

Didirikan pada tahun 2009, East Ventures adalah perusahaan modal ventura sektor agnostik atau semua sektor. Perusahaan telah mendukung lebih dari 170 perusahaan di Asia Tenggara. 

Beberapa perusahaan yang pernah didanai East Ventures yaitu Berrybenka, GoTo , D2C Cohive, edtech katadata, hingga F&B seperti Ismaya Group dan Fore Coffee.

  1. Sinar Mas Digital Ventures

Sinar Mas Digital Ventures adalah perusahaan modal ventura yang berafiliasi dengan Sinar Mas Group, grup industri terkemuka di Indonesia. Sinar Mas Digital Ventures berfokus pada perusahaan teknologi luar.

Portofolio Sinar Mas Digital Ventures mencakup HappyFresh, IDNTimes, dan Paxel.

  1. EMTEK

Modal ventura Emtek atau Elang Mahkota Teknologi, induk dari beberapa stasiun TV nasional seperti SCTV, Indosiar, dan O Channel. Di samping media, Emtek juga sering memberikan pendanaan ke beberapa startup mulai dari Bukalapak, DANA, Vidio, hingga memegang saham Grab.

  1. Merah Putih Fund

Merah Putih Fund didirikan atas inisiatif pemerintah sebagai bentuk meningkatkan partisipasi BUMN pada pendanaan startup calon unicorn. Merah Putih Fund dibentuk dari gabung lima modal ventura dari kalangan BUMN yaitu, Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures.

Hingga kini pendanaan Merah Putih belum berlangsung karena sedang melengkapi persyaratan dokumen dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Tentang Merah Putih Fund

Bagaimana Cara Kerja Venture Capital?

Venture capital bekerja dengan melibatkan investor dan venture capitalist yang bertugas mengawasi dana yang telah dikeluarkan investor. Sistem ini hampir sama dengan menggunakan manajer investasi dalam reksa dana akan tetapi dengan sistem dan skala yang lebih besar dan rumit.

Setelah menghimpun dana dari para investor, venture capitalist akan menyalurkan dana investor ke dalam berbagai perusahaan dan startup yang telah dinilai memiliki potensi keuntungan dalam jangka panjang.

Investor akan mendapatkan keuntungan pada saat mereka exit dari suatu perusahaan yang sedang mereka danai, hal ini terjadi saat perusahaan melakukan penawaran publik, dijual, atau diakuisisi. Dalam sistem ini biasanya investor akan mendapatkan keuntungan sebanyak 80% dari total return dan ditambah management fee.

Manfaat Venture Capital Indonesia

Pada dasarnya, modal ventura bermanfaat untuk memberi membantu pengembangan bisnis-bisnis potensial yang pengembangannya seringkali terhambat karena kekurangan dana.

Karena itu, adanya modal ventura mendorong munculnya banyak bisnis-bisnis potensial baru dengan berbagai inovasi yang mereka hadirkan ke tengah masyarakat. Hal ini tentu saja secara tidak mendorong pergerakan ekonomi suatu negara.

Di sisi lain, adanya bantuan pendanaan dari modal ventura ini membuat perusahaan menjadi lebih likuid karena peningkatan jumlah modal yang diberikan tanpa adanya angsuran bunga selama periode peminjaman tersebut.

Hal ini tentu saja membuat bisnis berjalan dengan lebih optimal dan tumbuh menjadi sesuatu yang memiliki cakupan lebih luas lagi.

Berinvestasi Melalui Venture Capital

Dalam berinvestasi venture capital sangat berhati-hati dalam menentukan startup mana yang pantas untuk mereka berikan dana karena startup memiliki potensi kegagalan yang cukup tinggi apalagi yang baru berdiri.

Oleh sebab itu perusahaan venture capital akan sangat berhati-hati dalam mendanai suatu bisnis. Oleh sebab itu banyak perusahaan venture capital memilih mendanai perusahaan dengan kondisi yang lebih stabil sehingga memperkecil risiko kegagalan dari investasi yang mereka lakukan.

Venture capitalist memiliki peran penting dalam melakukan proyeksi tentang prospek perkembangan suatu bisnis di masa mendatang. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk memperkecil risiko adalah melakukan pendanaan ke beberapa bisnis atau startup sekaligus agar membagi-bagi risiko yang mungkin muncul.

Apabila tertarik untuk berinvestasi dengan sistem ini, anda harus ingat bahwa modal yang disiapkan cukup besar sehingga tidak semua orang bisa berinvestasi dengan sistem ini.

Namun anda bisa mencoba investasi dengan sistem equity crowdfunding yang memberikan anda kesempatan untuk melakukan investasi bisnis dengan modal kecil.

Sistem ini memberikan anda kesempatan berinvestasi ke berbagai bisnis dengan potensi keuntungan yang menjanjikan. Anda bisa mulai investasi bisnis menguntungkan bersama LandX yang memberikan anda pilihan berbagai jenis.

Yuk Investasi Bangun Investasi Jangka Panjang Anda Bersama LandX

Bagaimana? Kamu lebih suka bisnis dengan buyback guarantee atau yang bisa disimpan dalam jangka panjang? Apapun pilihan kamu.. Yuk Patungan  dengan Keuntungan Menjanjikan Bareng LandX

Agar Gak Kelewatan Berbagai Info Seputar Bisnis dan Investasi Lainnya Follow Instagram Kami di @landx.id Ya..

#LandX.id #landx #landx.id #InvestasiBisnis #EquityCrowdfunding #InvestasiMenguntungkan #Urundana #BisnisPatungan #InvestasiUsaha

Baca Juga:

Baca Juga