Mitigasi Risiko

Mitigasi Risiko

Mitigasi risiko ini diharapkan untuk menjadi acuan bagi Pemodal yang akan berinvestasi di platform LandX yang dioperasikan oleh PT Numex Teknologi Indonesia (LandX) tentang beberapa risiko yang dapat terjadi saat berinvestasi di proyek yang diterbitkan oleh Penerbit pada platform LandX.

Anda harus mempertimbangkan setiap keputusan investasi yang akan Anda lakukan. Anda harus memilih investasi yang cocok dan terbaik untuk Anda berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda dalam bidang keuangan, bisnis, laporan keuangan, tujuan investasi, keuangan, dan kemampuan analisis risiko yang akan Anda ambil.

Beberapa risiko yang dapat terjadi saat Anda berinvestasi di platform LandX, tetapi tidak terbatas pada yang berikut ini:

Risiko Usaha

Risiko adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam suatu usaha/bisnis. Beberapa risiko yang dapat terjadi di LandX yaitu usaha properti yang tidak atau belum dapat menghasilkan penghasilan sewa, kenaikan harga properti di bawah perkiraan, dan/atau kinerja perusahaan di bawah perkiraan.

Untuk meminimalisir risiko ini, LandX hanya bekerja sama dengan perusahaan pengelola properti yang memiliki track record yang baik menurut standar LandX, dan LandX hanya menerima properti yang sudah memiliki penghasilan sewa (menghasilkan cashflow).

Risiko Kerugian

Setiap keputusan investasi yang diambil Pemodal dapat mengakibatkan risiko kehilangan sebagian atau seluruh modal investasi, seperti namun tidak terbatas pada: penurunan harga properti atau timbulnya biaya-biaya seperti pajak, perawatan, dan lain-lain selama properti tidak atau belum tersewa.

LandX menyeleksi properti yang menghasilkan keuntungan sewa sehingga Pemodal dapat tetap berpotensi menghasilkan keuntungan di saat penurunan harga pada pasar properti.

Risiko Likuiditas

Pemodal mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham pada secondary market (pasar sekunder) untuk saham dari Penerbit tertentu atau Pemodal mungkin tidak dapat menemukan pembeli sebelum properti dijual kembali setelah pemungutan suara.

LandX akan memfasilitasi penjualan dan pembelian saham Pemodal setelah secondary market (pasar sekunder) diluncurkan. LandX juga akan menyediakan harga properti dari hasil appraisal sebagai patokan untuk transaksi jual-beli di secondary market (pasar sekunder).

Risiko Tidak Adanya Dividen

Setiap Pemodal berhak mendapatkan dividen atas penghasilan sewa properti sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Dividen akan dibagikan sesuai dengan kinerja properti dari perusahaan Penerbit. Tidak adanya pembagian dividen dapat terjadi karena kinerja properti dari perusahaan Penerbit sedang kurang baik.

LandX menyeleksi perusahaan Penerbit dengan track record yang baik sebagai upaya agar proses pembagian dividen selalu lancar dan tepat waktu. LandX juga akan terus berkomunikasi dengan Penerbit untuk menyediakan laporan keuangan hasil audit yang transparan dan akuntabel.

Risiko Dilusi

Dilusi adalah penurunan persentase kepemilikan saham Pemodal yang terjadi karena bertambahnya jumlah saham total, sedangkan Pemodal yang bersangkutan tidak ikut membeli penerbitan saham baru tersebut. Efek dilusi bisa terjadi bila investor tidak menebus penerbitan saham baru dari aksi rights issue, atau private placement.

Jika Penerbit merasa perlu untuk melakukan penerbitan saham baru maka LandX akan melakukan penawaran rights issue, yaitu menawarkan terlebih dahulu kepada Pemodal saham tersebut sebelumnya supaya jumlah dan persentase kepemilikan saham tetap sama.

Sisa saham yang tidak diambil Pemodal akan kemudian ditawarkan melalui crowdsale di platform LandX.

Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Sistem elektronik dapat mengalami gangguan koneksi sewaktu-waktu, oleh sebab itu LandX menggunakan beberapa server, baik utama maupun backup untuk meminimalisir risiko gangguan sistem elektronik.