Hati-hati dengan segala jenis penipuan. LandX tidak memiliki grup Telegram!

logo-icxLandX platform investasi crowdfunding berizin OJK
hamburger-menu

Investor

Penerbit

Keuntungan Investor

Unduh Aplikasi

Mitigasi Risiko

Mitigasi risiko ini akan menjadi acuan bagi Pemodal yang akan berinvestasi di platform LandX yang dioperasikan oleh PT ICX BANGUN INDONESIA (dh. PT Numex Teknologi Indonesia) (selanjutnya disebut “LandX”) tentang beberapa risiko yang dapat terjadi saat berinvestasi di proyek yang diterbitkan oleh Penerbit pada platform LandX melalui penerbitan efek bersifat utang dan/atau saham.

Anda harus mempertimbangkan setiap keputusan investasi yang akan Anda lakukan. Anda harus memilih investasi yang cocok dan terbaik untuk Anda berdasarkan pengetahuan dan pengalaman Anda dalam bidang keuangan, bisnis, laporan keuangan, tujuan investasi, keuangan, dan kemampuan analisis risiko yang akan Anda ambil.

Beberapa risiko yang dapat terjadi saat Anda berinvestasi di platform LandX, tetapi tidak terbatas pada yang berikut ini:

Risiko Usaha

Risiko adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam suatu usaha/bisnis. Beberapa risiko yang dapat terjadi di LandX yaitu usaha properti yang tidak atau belum dapat menghasilkan sesuatu keuntungan dari proyek, termasuk namun tidak terbatas pada belum dapat dihasilkannya suatu keuntungan dari penghasilan sewa, harga properti di bawah perkiraan, proyek milik perusahaan tidak berjalan sesuai rencana dikarenakan sebab-sebab tertentu termasuk keadaan memaksa dan/atau kinerja perusahaan di bawah perkiraan.

Untuk meminimalisir risiko ini, LandX hanya bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang memiliki track record yang baik menurut standar LandX, dan terkhusus untuk perusahaan yang bergerak di bidang properti, LandX hanya bekerja sama dengan perusahaan yang sudah memiliki penghasilan sewa atas properti (menghasilkan cashflow).

Risiko Kerugian

Setiap keputusan investasi yang diambil pemodal dapat mengakibatkan risiko kehilangan sebagian atau seluruh modal investasi, seperti namun tidak terbatas pada: penurunan kinerja perusahaan ataupun proyek, dan terkhusus untuk perusahaan yang bergerak pada bidang usaha properti terjadinya penurunan harga properti atau timbulnya biaya-biaya seperti pajak, perawatan, dan lain-lain selama properti tidak atau belum tersewa.

Untuk meminimalisir risiko ini, LandX melakukan seleksi terhadap perusahaann-perusahaan yang akan melakukan penawaran efek serta terhadap proyek-proyek yang akan menjadi dasar penerbitan efek tersebut. Selain itu khusus untuk penerbitan efek bersifat utang, dalam rangka meminimalisir kerugian, LandX akan betindak selaku kuasa dari pemodal untuk (i) memantau perkembangan pengelolaan proyek berdasarkan data dan/atau informasi yang diperoleh baik langsung maupun tidak langsung, (ii) mengawasi dan memantau pelaksanaan kewajiban perusahaan yang merupakan penerbit berdasarkan perjanjian mengenai penerbitan efek bersifat utang, (iii) mengawasi, melakukan inspeksi, dan mengadministrasikan jaminan bagi pembayaran kewajiban kepada para pemodal, jika terdapat jaminan bagi pembayaran kewajiban kepada pemodal, dan (iv) memantau pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan yang bertindak selaku penerbit kepada para pemodal, yang mana dalam hal ini setiap risiko atas investasi terhadap proyek terkait adalah tetap menjadi risiko dari para pemodal.

Risiko Likuiditas

Khusus untuk penerbitan efek bersifat saham, pemodal mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham pada secondary market (pasar sekunder) untuk saham dari penerbit tertentu atau pemodal mungkin tidak dapat menemukan pembeli sebelum properti dijual kembali setelah pemungutan suara (dalam hal penerbit bergerak pada bidang usaha property). LandX akan memfasilitasi penjualan dan pembelian saham Pemodal setelah secondary market (pasar sekunder) diluncurkan. LandX juga akan menyediakan harga properti dari hasil appraisal sebagai patokan untuk transaksi jual-beli di secondary market (pasar sekunder) (khusus untuk penerbit yang bergerak pada bidang properti).

Untuk penerbitan efek bersifat utang yang tertunggak pembayarannya, pemodal akan sulit untuk mendapatkan kembali dana investasi yang telah diberikan atas penerbitan utang tersebut setelah lewatnya tanggal jatuh tempo. Apabila terdapat jaminan atas pembayaran utang tersebut yang dibuat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, jaminan tersebut dapat dieksekusi dan hasil dari eksekusi jaminan tersebut dapat dibagikan kepada para pemodal yang memiliki piutang terhadap penerbit sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Risiko Tidak Adanya Dividen

Setiap pemodal berhak mendapatkan dividen atas kinerja operasional dari penerbit sesuai dengan jumlah kepemilikan saham. Dividen akan dibagikan sesuai dengan keuntungan penerbit kepada masing-masing pemodal sesuai dengan jumlah kepemilikan sahamnya. Tidak adanya pembagian dividen dapat terjadi karena kinerja penerbit sedang kurang baik.

LandX menyeleksi penerbit dengan track record yang baik sebagai upaya agar proses pembagian dividen selalu lancar dan tepat waktu. LandX juga akan terus berkomunikasi dengan penerbit untuk menyediakan laporan keuangan hasil audit yang transparan dan akuntabel.

Risiko Dilusi

Dilusi adalah penurunan persentase kepemilikan saham pemodal yang terjadi karena bertambahnya jumlah saham total, sedangkan pemodal yang bersangkutan tidak ikut membeli penerbitan saham baru tersebut. Efek dilusi bisa terjadi bila investor tidak menebus penerbitan saham baru dari aksi rights issue, atau private placement.

Jika penerbit merasa perlu untuk melakukan penerbitan saham baru maka LandX akan melakukan penawaran rights issue, yaitu menawarkan terlebih dahulu kepada pemodal saham tersebut sebelumnya supaya jumlah dan persentase kepemilikan saham tetap sama.

Sisa saham yang tidak diambil pemodal akan kemudian ditawarkan melalui crowdsale di platform LandX.

Risiko Gagal Bayar Atas Utang

Setiap pemodal berhak mendapatkan pengembalian atas investasi dari penerbitan efek bersifat utang yang dilakukan oleh penerbit, berikut dengan setiap bunga dan biaya-biaya lainnya yang diperjanjikan. Hanya saja, terdapat risiko gagal bayar atas utang dari penerbit dikarenakan sebab-sebab yang dapat mengakibatkan pelaksanaan proyek tidak berjalan sesuai dengan rencana. Pemodal memahami bahwa hal tersebut dapat terjadi sewaktu-waktu, dan merupakan risiko dari pemodal saat melakukan investasi terhadap penerbitan efek bersifat utang.

Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Sistem elektronik dapat mengalami gangguan koneksi sewaktu-waktu, oleh sebab itu LandX menggunakan beberapa server, baik utama maupun backup untuk meminimalisir risiko gangguan sistem elektronik.

Berizin dan Diawasi Oleh

ojk

Telah Terdaftar oleh

LandX terdaftar di Kominfo

Didukung Oleh

LandX  ISO 27001

Anggota Dari

LandX Terdaftar Sebagai Anggota ALUDI

Media Masa

Platform Crowdfunding

Nomor 1 di Indonesia

yang Telah Diliput oleh:

media-masa-1
media-masa-2
media-masa-3
media-masa-4
LandX Telah Diliput oleh Berbagai Media Masa
media-masa-6

icx

PT ICX bangun Indonesia

Italian Walk C.15-16, Mall of Indonesia, Jl. Yos Sudarso No.Ruko, RT.18, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240, Indonesia

Unduh Aplikasi

google-play
LandX di App Store

Social Media

linkedin
facebook
instagram

Disclaimer

PT ICX BANGUN INDONESIA (dh. PT Numex Teknologi Indonesia) (selanjutnya disebut “LandX”) adalah Perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Indonesia yang bertindak sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor Kep-068/D.04/2020 tentang Pemberian Izin Usaha Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi PT Numex Teknologi Indonesia. Kegiatan Investasi melalui Layanan Urun Dana memiliki tingkat risiko tinggi, Pemodal diwajibkan telah membaca Syarat dan Ketentuan serta seluruh dokumen yang dipaparkan oleh LandX melalui website dan/atau aplikasi LandX. LandX tidak pernah memaksa Pemodal untuk melakukan pembelian Efek yang sedang ditawarkan. Segala transaksi yang dilakukan oleh Pemodal dilakukan oleh Pemodal dengan kesadaran penuh dan tanpa paksaan dari Pihak manapun. LandX berperan sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana dalam melakukan kegiatan Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi yang mempertemukan antara Penerbit dengan Pemodal. OJK bertindak sebagai regulator dan pemberi izin serta pengawas, tidak sebagai penjamin investasi. Segala risiko menjadi tanggung jawab penuh dari Pemodal. Pemodal telah menyadari secara penuh bahwa terdapat sejumlah risiko dalam melakukan investasi pada layanan urun dana. Oleh karena itu, LANDX TIDAK BERTANGGUNG JAWAB terhadap kerugian dan gugatan hukum serta segala bentuk risiko lain yang timbul di kemudian hari. Sejumlah risiko tersebut diantaranya:

Risiko Usaha

Risiko usaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam menjalankan kegiatan usaha. Sejumlah risiko usaha yang mungkin saja terjadi adalah penutupan kegiatan usaha secara sementara sebagai dampak dari adanya bencana alam dan/atau keadaan kahar lainnya.

Risiko Kerugian Investasi

Setiap investasi memiliki tingkat risiko yang beragam, salah satunya adalah tidak terkumpulnya dana investasi sesuai proyeksi yang telah ditetapkan dan/atau proyek yang dijalankan tidak menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang ditargetkan.

Risiko Kekurangan Likuiditas

Pemodal yang melakukan investasi memungkinkan dalam bentuk tidak likuid karena efek bersifat ekuitas yang ditawarkan tidak terdaftar di bursa efek atau belum dilaksanakan pasar sekunder. Hal ini berarti Pemodal mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham miliknya kepada pihak lain.

Risiko Kelangkaan Pembagian Dividen dan/atau Dilusi Kepemilikan Saham

Jika Efek Yang Diterbitkan Merupakan Saham Setiap Pemodal yang melakukan investasi pada efek bersifat ekuitas berupa saham, memiliki hak untuk mendapat dividen sesuai dengan jumlah kepemilikan yang dimiliki yang dibagikan oleh Penerbit melalui Penyelenggara secara periodik. Namun, kelangkaan dalam pembagian dividen dimungkinkan terjadi karena kinerja bisnis suatu proyek yang diinvestasikan tidak berjalan sebagaimana mestinya serta berpotensi terdilusi kepemilikan saham karena bertambahnya total saham yang beredar atau ditawarkan.

Risiko Gagal Bayar

Penawaran Efek bersifat utang atau sukuk memiliki risiko dimana Penerbit akan gagal bayar (default). Apabila Penerbit mengalami gagal bayar maka Wali Amanat berdasarkan Surat Kuasa akan mengundang dan mengadakan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO), dalam RUPO tersebut akan dibahas mengenai gagal bayar yang terjadi serta skema perpanjangan jatuh tempo kupon ataupun eksekusi jaminan fidusia dan jaminan Penerbit lainnya (apabila ada).

Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Sistem pada LandX sudah menerapkan sistem elektronik dan keamanan data yang handal. Namun gangguan sistem teknologi informasi dan kegagalan sistem mungkin saja tetap terjadi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, LandX telah memiliki sejumlah kebijakan keamanan informasi diantaranya:
  • Mengimplementasikan dan menerapkan ISO 27001;
  • Menaati segala ketentuan peraturan perundang-undangan terkait keamanan data pribadi dan informasi yang berlaku di Republik Indonesia;
  • Melakukan perbaikan secara berkala terhadap kinerja Sistem Manajemen Keamanan Informasi.
Sesuai dengan pasal 27 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (“POJK 57/2020”), kami menyatakan bahwa:
  • OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERSETUJUAN TERHADAP PENERBIT DAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM;
  • “INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA;
  • “PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.


© 2022 PT ICX Bangun Indonesia. All Rights Reserved.