Hati-hati dengan segala jenis penipuan. LandX tidak memiliki grup Telegram!

logo-icxLandX platform investasi crowdfunding berizin OJK
hamburger-menu

Investor

Penerbit

Keuntungan Investor

Unduh Aplikasi

Syarat dan Ketentuan

Aplikasi LandX dan situs LandX.id (“Platform”) dikelola oleh PT ICX BANGUN INDONESIA (dh. PT Numex Teknologi Indonesia) (selanjutnya disebut “Penyelenggara”).

Dengan mengunjungi dan/atau menggunakan Platform, maka baik pengunjung maupun pengguna (“Anda”) dinyatakan telah memahami dan menyepakati semua isi dalam Syarat dan Ketentuan di bawah ini.

Penyelenggara menyelenggarakan Penawaran Efek Bersifat Utang dan Saham (”Efek”) melalui layanan urun dana berbasis teknologi informasi (“Penawaran Efek melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi”) kepada Anda melalui Platform Penyelenggara berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) No. 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.

Penyelenggara dengan ini menyatakan bahwa Penyelenggara adalah Pihak yang mempertemukan Pemodal dan Penerbit melalui Platform dan tidak terlibat dalam operasional seluruh Penerbit, segala informasi terkait Penerbit merupakan informasi sebagaimana adanya yang telah disampaikan dari Penerbit kepada Penyelenggara.

Penyelenggara berhak dengan kebijakan Penyelenggara sendiri, untuk mengubah atau memodifikasi sebagian atau keseluruhan dari isi Syarat dan Ketentuan ini setiap saat, yang mana pada saat perubahan tersebut dilakukan, aturan yang berlaku pada halaman ini akan berubah sewaktu-waktu berdasarkan perubahan yang Penyelenggara lakukan, dan atas perubahan tersebut Penyelenggara akan melakukan pemberitahuan kepada seluruh pengguna Platform antara lain melalui email, sosial media, maupun melalui Platform ini secara langsung untuk diketahui oleh para pengguna terkait.

Aturan yang baru akan mulai berlaku setelah pemberitahuan sudah terpublikasikan atau terkirim ke seluruh pengguna Platform. Kesepakatan di atas tidak berlaku apabila terdapat perubahan karena alasan berdasarkan hukum yang berlaku di negara Republik Indonesia, yang mana Syarat dan Ketentuan pada Platform ini akan berubah untuk menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku di negara Republik Indonesia tersebut.

Anda sangat dianjurkan untuk membaca dengan seksama segala ketentuan pada Syarat dan Ketentuan ini karena akan berdampak kepada hak dan kewajiban Anda sebagai pengguna Platform ini. Apabila terdapat pertanyaan lebih lanjut mengenai Platform dan/atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Platform, Anda dapat menghubungi Penyelenggara langsung di [[email protected]].

Ketentuan umum

Definisi

Dalam Ketentuan Umum, Ketentuan Untuk Penerbit, dan Ketentuan Untuk Pemodal (“Ketentuan-Ketentuan”) yang ada pada halaman ini, definisi-definisi yang akan digunakan serta tertulis pada Ketentuan-Ketentuan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Akun adalah suatu pengaturan (arrangement) antara LandX dengan Pengunjung Platform atau Pengguna Platform berdasarkan akses yang diberikan oleh LandX kepada Pengunjung Platform atau Pengguna Platform setelah melakukan pendaftaran data pribadi, yaitu seperti nama pengguna (username) dan kata sandi (password) sehingga Pengunjung Platform atau Pengguna Platform dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan.
  • Dana adalah modal untuk membeli Efek dari Penerbit yang dinyatakan dalam mata uang Rupiah, yang selanjutnya dialokasikan oleh Penerbit untuk menjalankan usahanya.
  • Rekening Escrow adalah rekening escrow pada Platform yang disediakan oleh LandX dari penyedia terkait atas pendaftaran yang dilakukan oleh Penggunaa Platform sebagai layanan keuangan elektronik dalam jaringan untuk melakukan penampungan dan/atau penyaluran Dana.
  • Konten adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang berkaitan dengan Akun, penawaran Efek, transaksi, dan pengaduan.
  • Konten Yang Dilarang adalah segala jenis materi dan/atau muatan yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan di wilayah Republik Indonesia.
  • LandX adalah Platform yang digunakan untuk melakukan Penawaran Efek melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi.
  • Laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh Pengunjung Platform dan/atau Pengguna Platform kepada LandX tentang telah atau sedang atau diduga akan terjadinya peristiwa pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini.
  • Saham adalah efek berupa lembar saham sebagai bukti kepemilikan pada Penerbit dengan setiap hak dan kewajibannya, yang memiliki nominal harga tertentu.
  • Lot adalah satuan jumlah saham yang dibeli atau dijual dalam satu transaksi yang merupakan kelipatan minimum pembelian Saham.
  • Bank adalah bank yang bekerja sama dengan LandX dalam rangka memfasilitasi Pencairan Dana yang menyediakan Escrow kepada Pengguna Platform.
  • Penawaran Efek adalah Penawaran Saham dan Penawaran Utang.
  • Penawaran Saham adalah suatu usaha Penggalangan Dana baik secara perdana atau setelahnya untuk maksud dan tujuan tertentu yang dilakukan oleh Penerbit untuk menjual saham secara langsung kepada Pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka. Atas Dana yang didapat dari penjualan saham yang dilakukan Penerbit, akan dialokasikan pada tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada pengoperasian atas suatu Proyek, dengan imbalan (reward) kepemilikan atas saham Penerbit yang mengoperasikan Proyek, beserta setiap keuntungan maupun kerugian atas Proyek tersebut. Penawaran saham tersebut merupakan penawaran dengan ketentuan, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • penawaran saham dilakukan melalui LandX yang telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan;
    • penawaran saham dilakukan dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan; dan
    • total dana yang dihimpun melalui penawaran saham paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah);
  • Penawaran Utang adalah suatu usaha Penggalangan Dana baik secara perdana atau setelahnya untuk maksud dan tujuan tertentu yang dilakukan oleh Penerbit untuk menawarkan efek bersifat Utang secara langsung kepada Pemodal melalui jaringan sistem elektronik yang bersifat terbuka. Atas Dana yang didapat dari penawaran efek bersifat Utang yang dilakukan Penerbit, akan dialokasikan pada tujuan, termasuk namun tidak terbatas pada pengoperasian atas suatu Proyek, dengan imbalan (_reward_) berupa bunga yang akan dikembalikan beserta dengan bunga pada jangka waktu tertentu, beserta dengan setiap keuntungan dan kerugian dari waktu ke waktu. Penawaran efek bersifat Utang tersebut merupakan penawaran dengan ketentuan, termasuk namun tidak terbatas pada:
    • penawaran efek bersifat Utang dilakukan melalui LandX yang telah memperoleh izin dari Otoritas Jasa Keuangan;
    • penawaran efek bersifat Utang dilakukan dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan;
    • total dana yang dihimpun melalui penawaran efek berisfat Utang paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah);
    • Penerbit memiliki Proyek sebagai dasar penerbitan efek bersifat Utang;
    • memiliki jatuh tempo tidak lebih dari 2 (dua) tahun;
    • dapat dilunasi lebih awal sebelum jatuh tempo, sepanjang mendapat persetujuan dari mayoritas pemegang efek bersifat Utang yang hadir dalam rapat umum pemegang efek bersifat Utang;
    • pembayaran pokok, bunga, atau biaya-biaya lainnya yang perlu dibayarkan dapat dilakukan secara berkala atau pada saat jatuh tempo.
  • Penerbit adalah badan usaha berbentuk badan hukum dan badan usaha lainnya yang didirikan berdasarkan hukum yang berlaku di Indonesia yang menawarkan Efek melalui LandX.
  • Pemodal adalah pihak yang melakukan pembelian Efek dari Penerbit melalui LandX.
  • Pencairan Dana adalah tindakan LandX mengalihkan untuk melakukan (_transfer_) Dana yang terkumpul dalam:
    • Escrow atas nama Pemodal, kepada rekening asal Pemodal; atau
    • Escrow atas nama Penerbit, ke rekening tujuan yang telah ditunjuk Penerbit pada saat pendaftaran yang dilakukan atas permohonannya.
  • Penggalangan Dana adalah proses pengumpulan Dana dari Pemodal oleh Penerbit dengan menawarkan Efek.
  • Pengunjung Platform adalah pihak yang mengakses dan memperoleh informasi dari Platform.
  • Platform adalah wadah berupa aplikasi dan situs yang digunakan untuk transaksi dan/atau memfasilitasi penyelenggaraan layanan penawaran Efek yang dilakukan oleh Penerbit untuk menawarkan Efek secara langsung kepada Pemodal melalui sistem elektronik dengan sifat terbuka, yang dikelola dan disediakan oleh LandX, yaitu pada Platform.
  • Pengguna Platform adalah Pengunjung Platform yang terdiri dari Penerbit dan Pemodal yang telah terdaftar sebagai pengguna dan memiliki Akun pada Platform.
  • Penyelenggara adalah PT ICX BANGUN INDONESIA (dh. PT Numex Teknologi Indonesia) yang dalam hal ini merupakan badan hukum Indonesia yang menyediakan, mengelola, dan mengoperasikan Layanan Urun Dana yang telah memperoleh izin dari OJK.
  • Pengaduan adalah Laporan yang disertai permintaan kepada LandX untuk memeriksa Pengguna Platform yang telah atau sedang atau diduga melakukan pelanggaran Syarat dan Ketentuan.
  • POJK 57/2020 adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi, berikut setiap perubahannya dari waktu ke waktu dan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan sehubungan dengan aturan tersebut.
  • Proyek adalah proyek dari Penerbit yang akan dibiayai dengan Dana yang didapat dari Penggalangan Dana, melalui Penawaran Efek.
  • Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan penggunaan Platform yang ditetapkan dan dapat diubah sewaktu-waktu oleh LandX serta mengikat bagi Pengunjung Platform dan/atau Pengguna Platform.
  • Update adalah fitur yang terdapat pada halaman Penawaran Efek yang difungsikan untuk setiap Penerbit agar dapat memberikan pemberitahuan kepada seluruh Pemodal melalui email secara otomatis mengenai keadaan terbaru Penawaran Efek, penggunaan dana, serta hal-hal lainnya berkaitan dengan Penawaran Efek tersebut.
  • Utang adalah efek bersifat utang yang ditawarkan oleh Penerbit kepada Pemodal melalui LandX dengan melakukan Penggalangan Dana dengan nominal harga tertentu.
  • Verifikasi adalah tindakan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan yang dilakukan oleh Penyelenggara terhadap Akun, Konten dan/atau Pencairan Dana yang didaftarkan, diunggah dan/atau dimohonkan oleh Pengguna Platform, atau untuk keperluan lainnya berdasarkan diskresi penuh Penyelenggara Platform.

Biaya Operasional dan Biaya Tambahan

  • Dana yang diperoleh dari Penawaran Efek melalui Platform akan dikenakan biaya administrasi dengan besaran 5% (lima persen). Mohon untuk diingat bahwa:
    • LandX tidak mengenakan biaya administrasi ketika pada saat Anda membuat halaman untuk melakukan Penawaran Efek melalui Penggalangan Dana.
    • LandX hanya mengenakan biaya administrasi dari Dana yang terkumpul.
    • Perolehan Dana yang ditampilkan pada halaman Penggalangan Dana merupakan total Dana terkumpul sebelum dikenakan biaya administrasi.
  • Dalam hal terdapat pajak, retribusi dan/atau pungutan lainnya yang dikenakan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku terhadap Dana yang diperoleh dari Penawaran Efek, maka Penyelenggara Platform akan menetapkan biaya tambahan sesuai dengan besaran sebagaimana ditentukan peraturan perundang-undangan yang bersangkutan.

Pengungkapan secara sukarela

Segala pengungkapan (disclosure) oleh Pengunjung Platform atau Pengguna Platform dalam bentuk pertanyaan, pernyataan, komentar, ide, kritik, saran atau informasi pada Platform, yang bukan merupakan pengungkapan yang disyaratkan atau diminta oleh Penyelenggara adalah pengungkapan yang dibuat secara sukarela (voluntary disclosure) dan sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang bersangkutan.

Posisi penyelenggara

Penyelenggara Bukanlah Broker/Lembaga Penyalur Amal/Lembaga Keuangan/Kreditor.

Penyelenggara merupakan Pihak yang memiliki platform untuk memfasilitasi transaksi Penggalangan Dana antara Penerbit dan Pemodal. Penyelenggara tidak bertanggung jawab atas pelaksanaan, atau informasi yang disediakan oleh Penerbit dan Pemodal. Penyelenggara dengan ini melepaskan semua tanggung jawab dalam hal tersebut selama diizinkan oleh hukum yang berlaku di Indonesia.

Semua informasi di dalam konten Penawaran Efek yang disediakan oleh Penyelenggara merupakan bagian dari pemberitahuan, Penyelenggara tidak menjamin keakuratan, kelengkapan, ketepatan waktu atau kebenaran dari konten yang dibuat oleh Penerbit. Oleh karenanya, Anda mengetahui bahwa informasi dan konten yang ada pada halaman Penawaran Efek dalam situs Penyelenggara merupakan risiko yang Anda tanggung secara pribadi.

Penyelenggara tidak menjamin bahwa setiap Penawaran Efek yang terdapat pada situs Penyelenggara akan mendapatkan sejumlah dana tertentu atau akan terpenuhi. Penyelenggara secara tersirat maupun tersurat tidak selalu mendukung penyelenggaraan sebuah Penawaran Efek. Penyelenggara dengan tegas menolak kewajiban atau tanggung jawab atas kegagalan setiap Penawaran Efek atau total dana yang Penerbit tetapkan apabila Penawaran Efek tersebut tidak terpenuhi.

Laporan dan Pengaduan

  • Pengunjung Platform dan Pengguna Platform berhak untuk mengajukan Laporan dan/atau Pengaduan kepada Penyelenggara mengenai dugaan dan/atau peristiwa pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada:
    • Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang memasukkan data dan informasi yang tidak lengkap, tidak benar, menyesatkan dan/atau merupakan pemalsuan;
    • Pengunjung Platform atau Pengguna Platform yang memasukkan dan mengunggah Konten Yang Dilarang;
    • Penerbit yang menyalahgunakan Dana yang berasal dari Penawaran Efek; dan/atau
    • Penerbit yang tidak memenuhi atau hanya memenuhi sebagian dari pelaksanaan Penawaran Efek, atau memenuhi pelaksanaan Penawaran Efek tetapi tidak sesuai dengan yang dijanjikan oleh Penerbit melalui Platform.,/li>
  • Konten Yang Dilarang sebagaimana disebut dalam nomor 1 butir ii di atas termasuk, namun tidak terbatas pada:
    • konten negatif (pornografi, perjudian, kekerasan);
    • konten dengan materi kebencian;
    • konten gambar grafis yang menimbulkan kengerian;
    • konten yang melanggar hak kekayaan intelektual;
    • konten jasa peretasan (hacking dan/atau cracking) dan/atau menyediakan akses tanpa hak atau melawan hukum atas sistem elektronik
    • konten penyediaan dan/atau akses terhadap narkoba, zat adiktif, dan psikotropika
    • konten dengan materi ketidakjujuran, kecurangan atau menyesatkan;
    • konten yang mendukung perdagangan manusia (human trafficking);
    • konten penyediaan dan/atau akses terhadap rokok; dan/atau
    • konten dengan muatan politik praktis, yaitu konten pada setiap Penawaran Efek yang mengandung muatan ajakan untuk memilih individu atau partai politik tertentu, baik yang dilakukan oleh individu maupun badan hukum lainnya.
  • Laporan dan Pengaduan diajukan oleh Pengunjung Platform atau Pengguna Platform kepada Penyelenggara dapat dilakukan dengan cara mengisi formulir laporan pada halaman penawaran efek dari Penerbit yang bersangkutan.
  • Dengan mengajukan Laporan dan Pengaduan, Pengunjung Platform atau Pengguna Platform menyatakan sepakat dan bersedia untuk dipanggil sebagai saksi untuk dimintakan keterangannya dalam rangka pemeriksaan, termasuk, namun tidak terbatas pada, menghadap ke Penyelenggara, instansi terkait, aparat penegak hukum, dan/atau pengadilan.

Penonaktifan, Pemutusan dan Penghapusan Akun

  • Pengguna Platform berhak untuk mengajukan permohonan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun yang terdaftar atas namanya pada Platform kepada Penyelenggara dengan mengirim email ke [email protected] disertai alasan-alasannya.
  • Penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengguna Platform dilakukan dengan memperhatikan kewajiban Penyelenggara untuk melakukan penyimpanan data pribadi sesuai batas waktu yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku sejak tanggal penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun tersebut.
  • LandX berhak untuk melakukan penonaktifan dan/atau pemutusan dan penghapusan Akun dari Pengguna Platform apabila terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
  • Dalam hal terjadi Penonaktifan, Pemutusan, dan/atau Penghapusan Akun Pengguna Platform, Penyelenggara akan mengembalikan hak dan kewajiban Pengguna.

Batasan Penyimpanan Data

Anda mengetahui bahwa situs milik Penyelenggara yakni LandX memiliki batasan dalam penyediaan layanan kepada seluruh Pengguna Platform, termasuk batasan jangka waktu data atau konten lainnya yang disimpan oleh server Penyelenggara atas nama Anda. Karena server Penyelenggara memiliki kapasitas maksimal untuk menyimpan data seluruh Pengguna Platform. Maka atas alasan tersebut, Anda setuju dan memahami bahwa Penyelenggara berhak untuk menghapus Akun atau mengakhiri Penawaran Efek atas nama Anda yang sudah tidak aktif dalam jangka waktu tertentu, dan sebelum melakukan hal tersebut Penyelenggara akan berusaha memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda via email.

Syarat Umum Pengguna Platform

  • Berusia minimum 18 tahun atau wajib dengan pengawasan dan persetujuan dari orang tua/wali yang sah apabila berusia 13 sampai 17 tahun.
  • Pengunjung Platform serta Pengguna Platform situs ini wajib menyatakan diri sebagai seseorang yang cakap di mata hukum sehingga dapat bertanggung jawab atas segala tindakan ataupun kelalaian apabila melanggar Syarat dan Ketentuan ini.
  • Tidak diperkenankan bagi Pengunjung Platform serta Pengguna Platform situs untuk melakukan tindakan yang dapat melanggar ketentuan privasi seperti yang diatur dalam Kebijakan Privasi pada Platform.
  • Untuk ketentuan lainnya sehubungan dengan syarat penggunaan Platform khusus Pemodal adalah sesuai dengan ketentuan Pemodal sebagaimana ditetapkan pada POJK 57/2020.

Notifikasi

Dengan menjadi Pengguna Platform, Anda memberikan izin kepada Penyelenggara untuk memberikan segala notifikasi melalui media elektronik, termasuk, namun tidak terbatas pada email, layanan pesan singkat (short messaging service atau SMS) dan/atau pesan instan (instant messaging) berdasarkan data-data yang Anda daftarkan pada Platform melalui media tersebut.

Konten Publik

Anda mengetahui bahwa setiap informasi yang Anda tampilkan pada konten atau layanan Penyelenggara, dapat diakses oleh publik, seperti nama, nomor telepon, email, dan media sosial. Hal tersebut Penyelenggara lakukan agar terdapat keterbukaan informasi bagi Pengguna Platform lainnya agar tidak dapat menimbulkan kecurigaan ataupun prasangka lainnya yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Hukum Kekayaan Intelektual

Semua Hak Kekayaan Intelektual dalam situs ini dimiliki oleh Penyelenggara. Semua informasi dan bahan yang tertera pada situs Penyelenggara seperti: logo, ikon, kode html, dan kode lainnya dalam situs web ini dilarang untuk dimodifikasi, direproduksi atau diubah dengan cara apapun di luar wilayah situs ini tanpa izin yang dinyatakan oleh LandX. Apabila Anda melanggar hak-hak ini, Penyelenggara berhak untuk membuat gugatan perdata untuk jumlah keseluruhan kerusakan atau kerugian yang diderita, ataupun mengambil langkah lainnya sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk menempuh jalur hukum serta membuat pelaporan atas terjadinya tindak pidana dan melakukan tindakan-tindakan berikutnya sehubungan dengan tindak pidana tersebut.

Semua fitur yang terdapat di dalam situs ini adalah milik PT ICX BANGUN INDONESIA dan dilindungi oleh ketentuan hukum Indonesia yang terdapat dalam Undang-undang HKI (Hak Kekayaan Intelektual), termasuk setiap peraturan pelaksananya dan perubahannya dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, pengguna situs tidak diperkenankan untuk menyalahgunakan fitur yang terdapat dalam situs ini untuk kepentingan pribadi, kolektif maupun komersil.

Pengecualian dan Pelepasan Tanggung jawab

  • LandX akan memberikan upaya terbaiknya untuk setiap penyelesaian masalah terhadap segala sengketa yang timbul karena janji-janji Penerbit terhadap Pemodal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Apabila Dana telah diberikan oleh Pemodal kepada Penerbit lalu terjadi peristiwa seperti pencurian, penggelapan, atau tindakan apapun yang menyebabkan kehilangan Dana dari Pemodal pada Platform, maka Penyelenggara akan memberikan upaya terbaiknya untuk membantu Pemodal dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Dalam keadaan apapun, Pengguna Platform akan membayar kerugian kepada Penyelenggara dan/atau menghindarkan Penyelenggara (termasuk petugas, direktur, karyawan, agen, dan lainnya) dari setiap biaya kerugian apapun, kehilangan, pengeluaran atau kerusakan yang berasal dari tuntutan atau klaim pihak ketiga yang timbul dari pelanggaran Pengguna Platform terhadap Syarat dan Ketentuan, dan/atau pelanggaran terhadap hak dari pihak ketiga.
  • Apabila di kemudian hari Anda sebagai Pengguna Platform menemukan atau mendapati bahwa terdapat Penawaran Efek yang mencurigakan atau berindikasi penipuan, Anda setuju untuk membantu dan bekerjasama dengan Penyelenggara untuk melaporkan kepada Penyelenggara dan ikut serta membantu menyelesaikan perkara tersebut.

LANDX TIDAK MEMBERIKAN JAMINAN DAN/ATAU GANTI RUGI DALAM BENTUK APAPUN ATAS PENGGALANGAN DANA YANG DILAKUKAN PADA SITUS Penyelenggara.

M. Hukum yang Mengatur dan Yurisdiksi

Syarat dan Ketentuan ini diatur, ditafsirkan dan dilaksanakan berdasarkan hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setiap orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik akan terjerat ketentuan pidana berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia , termasuk namun tidak terbatas pada tertulis pada Pasal 28 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) berikut dengan setiap perubahan dan peraturan pelaksananya.

Sanksi

Apabila pengguna situs terbukti melanggar Syarat dan Ketentuan yang telah dibuat baik secara sengaja maupun tidak dilakukan secara sebagian maupun secara keseluruhan, maka:

  • Penyelenggara akan memberitahu/melakukan notifikasi melalui pesan/email maupun telpon kepada Pengguna Platform mengenai ketentuan apa yang dilanggar.
  • Penyelenggara akan memberikan sanksi sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna situs.

Penyelesaian Sengketa dan Keadaan Terpaksa

  • Dalam hal terdapat suatu perselisihan atau sengketa yang timbul dari atau sehubungan dengan penafsiran atau pelaksanaan dari Syarat dan Ketentuan ini, Pengunjung Platform maupun Pengguna Platform sepakat untuk menggunakan segala upaya untuk menyelesaikan perselisihan atau sengketa tersebut melalui musyawarah untuk mufakat.
  • Semua sengketa yang timbul dari dan/atau sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini, yang tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, baik mengenai cidera janji maupun perbuatan melawan hukum, termasuk mengenai pengakhiran dan/atau keabsahan Syarat dan Ketentuan ini, akan diselesaikan dan diputus melalui Badan Arbitrase Nasional Indonesia yang saat ini beralamat di Wahana Graha lantai 1&2, Jalan Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, Indonesia. Meskipun terdapat suatu perselisihan atau sengketa, Pengunjung Platform atau Pengguna Platform harus tetap memenuhi kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini, tanpa mengurangi keberlakuan keputusan arbitrase final.
  • Anda memahami dan mengerti bahwa Platform Penyelenggara dapat berhenti beroperasi dikarenakan kejadian di luar kemampuan manusia dan atau tidak dapat dihindarkan seperti terjadi peperangan, kerusuhan, kebakaran, bencana alam, permogokan dan bencana lainnya yang dinyatakan oleh instansi berwenang. Dalam hal tersebut, Penyelenggara tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas penghentian operasi dikarenakan adanya keadaan terpaksa tersebut.

Penutup

Syarat dan Ketentuan dibuat berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk POJK 57/2020, dan telah dibaca serta disetujui secara elektronik oleh para pihak sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik berikut dengan setiap perubahannya dan peraturan-peraturan pelaksanaannya, dalam keadaan sehat dan sadar serta tanpa adanya paksaan dari pihak manapun juga.

Dengan menggunakan Platform ini maka Pengunjung Platform dan Pengguna Platform dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Atas perhatian dan kesepakatan Anda, Penyelenggara sampaikan terima kasih.

Berizin dan Diawasi Oleh

ojk

Telah Terdaftar oleh

LandX terdaftar di Kominfo

Didukung Oleh

LandX  ISO 27001

Anggota Dari

LandX Terdaftar Sebagai Anggota ALUDI

Media Masa

Platform Crowdfunding

Nomor 1 di Indonesia

yang Telah Diliput oleh:

media-masa-1
media-masa-2
media-masa-3
media-masa-4
LandX Telah Diliput oleh Berbagai Media Masa
media-masa-6

icx

PT ICX bangun Indonesia

Italian Walk C.15-16, Mall of Indonesia, Jl. Yos Sudarso No.Ruko, RT.18, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240, Indonesia

Unduh Aplikasi

google-play
LandX di App Store

Social Media

linkedin
facebook
instagram

Disclaimer

PT ICX BANGUN INDONESIA (dh. PT Numex Teknologi Indonesia) (selanjutnya disebut “LandX”) adalah Perusahaan yang didirikan berdasarkan Hukum Indonesia yang bertindak sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor Kep-068/D.04/2020 tentang Pemberian Izin Usaha Penyelenggara Layanan Urun Dana Melalui Penawaran Efek Berbasis Teknologi Informasi PT Numex Teknologi Indonesia. Kegiatan Investasi melalui Layanan Urun Dana memiliki tingkat risiko tinggi, Pemodal diwajibkan telah membaca Syarat dan Ketentuan serta seluruh dokumen yang dipaparkan oleh LandX melalui website dan/atau aplikasi LandX. LandX tidak pernah memaksa Pemodal untuk melakukan pembelian Efek yang sedang ditawarkan. Segala transaksi yang dilakukan oleh Pemodal dilakukan oleh Pemodal dengan kesadaran penuh dan tanpa paksaan dari Pihak manapun. LandX berperan sebagai Penyelenggara Layanan Urun Dana dalam melakukan kegiatan Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi yang mempertemukan antara Penerbit dengan Pemodal. OJK bertindak sebagai regulator dan pemberi izin serta pengawas, tidak sebagai penjamin investasi. Segala risiko menjadi tanggung jawab penuh dari Pemodal. Pemodal telah menyadari secara penuh bahwa terdapat sejumlah risiko dalam melakukan investasi pada layanan urun dana. Oleh karena itu, LANDX TIDAK BERTANGGUNG JAWAB terhadap kerugian dan gugatan hukum serta segala bentuk risiko lain yang timbul di kemudian hari. Sejumlah risiko tersebut diantaranya:

Risiko Usaha

Risiko usaha merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam menjalankan kegiatan usaha. Sejumlah risiko usaha yang mungkin saja terjadi adalah penutupan kegiatan usaha secara sementara sebagai dampak dari adanya bencana alam dan/atau keadaan kahar lainnya.

Risiko Kerugian Investasi

Setiap investasi memiliki tingkat risiko yang beragam, salah satunya adalah tidak terkumpulnya dana investasi sesuai proyeksi yang telah ditetapkan dan/atau proyek yang dijalankan tidak menghasilkan keuntungan sesuai dengan yang ditargetkan.

Risiko Kekurangan Likuiditas

Pemodal yang melakukan investasi memungkinkan dalam bentuk tidak likuid karena efek bersifat ekuitas yang ditawarkan tidak terdaftar di bursa efek atau belum dilaksanakan pasar sekunder. Hal ini berarti Pemodal mungkin tidak dapat dengan mudah menjual saham miliknya kepada pihak lain.

Risiko Kelangkaan Pembagian Dividen dan/atau Dilusi Kepemilikan Saham

Jika Efek Yang Diterbitkan Merupakan Saham Setiap Pemodal yang melakukan investasi pada efek bersifat ekuitas berupa saham, memiliki hak untuk mendapat dividen sesuai dengan jumlah kepemilikan yang dimiliki yang dibagikan oleh Penerbit melalui Penyelenggara secara periodik. Namun, kelangkaan dalam pembagian dividen dimungkinkan terjadi karena kinerja bisnis suatu proyek yang diinvestasikan tidak berjalan sebagaimana mestinya serta berpotensi terdilusi kepemilikan saham karena bertambahnya total saham yang beredar atau ditawarkan.

Risiko Gagal Bayar

Penawaran Efek bersifat utang atau sukuk memiliki risiko dimana Penerbit akan gagal bayar (default). Apabila Penerbit mengalami gagal bayar maka Wali Amanat berdasarkan Surat Kuasa akan mengundang dan mengadakan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO), dalam RUPO tersebut akan dibahas mengenai gagal bayar yang terjadi serta skema perpanjangan jatuh tempo kupon ataupun eksekusi jaminan fidusia dan jaminan Penerbit lainnya (apabila ada).

Risiko Kegagalan Sistem Elektronik

Sistem pada LandX sudah menerapkan sistem elektronik dan keamanan data yang handal. Namun gangguan sistem teknologi informasi dan kegagalan sistem mungkin saja tetap terjadi. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, LandX telah memiliki sejumlah kebijakan keamanan informasi diantaranya:
  • Mengimplementasikan dan menerapkan ISO 27001;
  • Menaati segala ketentuan peraturan perundang-undangan terkait keamanan data pribadi dan informasi yang berlaku di Republik Indonesia;
  • Melakukan perbaikan secara berkala terhadap kinerja Sistem Manajemen Keamanan Informasi.
Sesuai dengan pasal 27 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 57/POJK.04/2020 tentang Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi (“POJK 57/2020”), kami menyatakan bahwa:
  • OTORITAS JASA KEUANGAN TIDAK MEMBERIKAN PERSETUJUAN TERHADAP PENERBIT DAN TIDAK MEMBERIKAN PERNYATAAN MENYETUJUI ATAU TIDAK MENYETUJUI EFEK INI, TIDAK JUGA MENYATAKAN KEBENARAN ATAU KECUKUPAN INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI. SETIAP PERNYATAAN YANG BERTENTANGAN DENGAN HAL TERSEBUT ADALAH PERBUATAN MELANGGAR HUKUM;
  • “INFORMASI DALAM LAYANAN URUN DANA INI PENTING DAN PERLU MENDAPAT PERHATIAN SEGERA. APABILA TERDAPAT KERAGUAN PADA TINDAKAN YANG AKAN DIAMBIL, SEBAIKNYA BERKONSULTASI DENGAN PENYELENGGARA;
  • “PENERBIT DAN PENYELENGGARA, BAIK SENDIRI-SENDIRI MAUPUN BERSAMA-SAMA, BERTANGGUNG JAWAB SEPENUHNYA ATAS KEBENARAN SEMUA INFORMASI YANG TERCANTUM DALAM LAYANAN URUN DANA INI.


© 2022 PT ICX Bangun Indonesia. All Rights Reserved.